Qtoy dibaca kitoy ^_^

DuniaqtoyBlog

21 Februari 2016

Plastik Kresek Gak Gratis Lagi!

Mulai 21 Februari ada peraturan baru, dan ini bisa cukup ngefek buat yang rajin 'dolan' ke minimarket dan supermarket.

Peraturan itu adalah tas plastik yang kita pake buat bawa belanjaan dari minimarket atau supermarket ga akan gratis alias mbayar. Meski ini masih masuk uji coba yang bakal dievaluasi tiap 3 bulan, tapi tarif yang ditentukan tiap daerah ternyata berbeda.

Kalau merujuk pada aturan, harga 1 kantong plastik yaitu 200rupiah, masih ga kerasa kalau kamu belanjanya jarang. Tapi buat mahmud (mamah muda) macam aku, yang seminggu bisa 3x ke Alfamart atau Indomaret deket rumah, lumayan banget lah ya. Ibarat kata, tar-tir beli jajan lah, beli telor lah, beli roti buat sangu anak sekol, hedeh rempong.
sumber superindo.co.id (aku sampai punya 2tas ini soalnya muat banyak)

Tapi aku sendiri ga khawatir, soalnya sudah sejak lama dibiasakan bawa kresek atau tas spunbond/ tas kanvas dari rumah. Meski di Indonesia menurutku justru pegawai minimarketnya yang suka senyum-senyum geli kalau disodorin kresek sama pembeli. Mungkin masih aneh buat mereka.

Ternyata di kota besar seperti Jakarta ada kemungkinan harga kresek yang diterapkan mencapai 5000 rupiah, sementara itu di Balikpapan dihargai 1500, dan Makassar 4500 (sumber http://www.antaranews.com/berita/546226/jakarta-berlakukan-kantong-plastik-berbayar-rp5-ribu).

Kayaknya kalau semahal itu pembeli bisa ngamuk ga yah, tapi besoknya pasti jadi mikir kalau belanja minta kantong plastik, dan itulah maksudnya peraturan ini, 'efek jera' yang berujung konsumen untuk bawa tas dari rumah.

So, gimana pendapatmu, setuju atau ga peraturan plastik berbayar?
Ga ada salahnya beli 1 kantong bahan kain yang awet dan siapkan di handbag/motor/mobilmu, dan pakai saat berbelanja di mana aja. Kalau kotor tinggal cuci. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!