01 September 2016

Cara menghitung jumlah karakter dan kata dalam postingan blog

Ada banyak cara untuk menghitung jumlah karakter dan kata dalam sebuah paragraf postingan blog kita. Cara temudah tanpa koneksi internet adalah dengan menyalin tulisan (atau dari awal ketik saja) ke ms word. Tapi bagi saya yang lebih suka langsung ngedraft rasanya lebih cucok untuk pakai pihak ketiga alias dicopas ke situs penghitung kata.

Ada banyak situs yang bisa digunakan untuk menampakkan jumlah karakter dan kata yang sudah kita tulis, tapi saya lebih suka yang komplit, misalnya juga memperlihatkan jumlah karakter tanpa spasi/ dengan spasi, kata unik (menghindari perulangan), jumlah kalimat bahkan yang pendek dan kalimat panjang, serta perkiraan waktu dibaca.

Inilah http://wordcounttools.com/,

tinggal copi paste tulisanmu di blog dan hasil dari penghitungan karakter dll akan muncul di sidebar sebelah kanan, scroll saja sampai bawah untuk lebih lengkapnya.

Situs semacam ini akan sangat berguna bagi blogger yang membutuhkan info misalnya apakah tulisannya bisa diikutsertakan dalam lomba blogging yang biasa mensyaratkan minimum karakter dan kata.

Selamat mencoba!

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya, mohon tidak mencantumkan link hidup di kolom komentar ya. Salam Blogging!