Qtoy dibaca kitoy ^_^

DuniaqtoyBlog

31 Oktober 2016

Tips Menyiapkan Liburan Luar Kota yang Seru dan Sukses Bersama Keluarga

Kami sekeluarga sangat amat hobi traveling, meski terkadang ga perlu jauh-jauh juga. Kalau ga ke kota masa kecil suami, yaitu Tegal, ya ke Jogja, ke Solo, atau hanya ke Salatiga.

Beragam kondisi yang kami alami sebelum bepergian membuat saya lebih mengerti bagaimana supaya bisa traveling dengan baik, nyaman dan sukses sampai ke tujuan, dan bahkan pulang lagi ke rumah kami dengan ceria.


Apa saja sih yang dibutuhkaan? Inilah persiapan ala duniaqtoy:


1. Selesaikan tugas masing-masing

Untuk pekerja jangan lupa selesaikan dulu job list-mu dan pastikan beres. Daripada enak-enak liburan tapi bos menganggu karena pekerjaan ditinggal begitu saja.

Bagi ibu rumah tangga tentu lebih baik tinggalkan rumah dalam kondisi bersih, pakaian sudah dicuci dan diambil dari jemurannya, tidak ada makanan yang bisa basi di meja makan, cabut peralatan listrik yang tidak digunakan, dan selang gas dengan aman.

2. Jangan telantarkan peliharaan

Saya memilih tidak memelihara hewan apapun secara serius meski ada 1-2 kucing yang mampir ke rumah minta makan. Jadi, bagi yang memiliki binatang peliharaan titipkan dulu pada pihak terpercaya atau ke pet shop supaya aman.

3. Siapkan budget

Urusan cari duit memang ada di pihak suami saya dan saya pihak yang senang menghabiskan, hahaha. Tentu tidak serta merta dihamburkan begitu saja, karena alokasi penting lainnya sudah diseting begitu rupa jadi budget traveling adalah yang terakhir. Dan tentunya budget ini harus dihitung dengan baik sesuai akomodasi, penginapan, dan yang paling bahaya kebutuhan belanja di destinasi.

Misalnya apakah bepergian dengan kendaraan pribadi, tentu harus menyediakan uang untuk bahan bakar, bila dengan kendaraan umum seperti kereta dan bus, siapkan untuk membeli tiket, jangan lupa cek jadwal agar tidak ketinggalan dan salah tujuan.

Di lokasi yang dituju, biasanya kita merasa senang sehingga agak terlena dalam pengeluaran, padahal harga makanan di tempat wisata umumnya memang lebih mahal, lebih bijak membawa bekal, atau beli yang benar-benar dibutuhkan. Bila perlu membeli oleh-oleh, pastikan memang yang disukai (tanya dulu juga ga papakan), daripada terbuang sia-sia.

Biasanya semakin sering bepergian, orang tidak akan membeli oleh-oleh lagi, tapi budaya di Indonesia membeli buah tangan memang masih sangat mengakar, walaupun terkadang memberatkan bagi sebagian pihak.

4. Pilih penginapan

Melalui aplikasi penginapan seperti traveloka, mr.aladin, pegipegi dan masih banyak lainnya kita dipermudah mencari hostel, hotel dan berbagai macam penginapan sesuai kebutuhan. Bacalah review yang tersedia untuk melihat tanggapan dari orang lain yang pernah menginap, jika anda belum pernah ke hotel yang dituju hal ini sangat berguna untuk meminimalisir kekecewaan. Foto yang ditampilkan bisa sangat berbeda dan pelayanan belum tentu berbading lurus dengan harga.

Bila pergi dengan anak-anak perhatikan juga aspek kebersihan di hotel dan upayakan ada ruang bermain atau kolam renang, hal ini akan membantu seandainya si kecil kebosanan berada dalam kamar saja.

5. Perhatikan Musim dan Cuaca

Indonesia memang hanya memiliki 2 musim yaitu kemarau dan hujan tapi kenyataannya sekarang kita tidak bisa menentukan apakah tidak akan hujan di musim kemarau, jadi tetap sesuaikan pakaian dengan musim dan cadangkan 1-2 baju untuk mengantisipasi perubahan cuaca. Kalau ada info cuaca di tempat tujuan akan lebih baik. Jangan sampai liburan ga nyaman karena salah kostum.



6. Bawa Obat-Obatan

Tentu saja saat traveling kondisi harus saat fit, bahkan flu saja bisa sangat menyiksa sepanjang perjalanan. Tapi bawalah obat-obatan yang praktis untuk sakit kepala seperti parasetamol, obat diare, obat keracunan makanan seperti norit, minyak kayu putih, obat merah atau tensoplast. Tempatkan di wadah khusus yang bisa dijangkau dengan mudah kapan saja.

7. Bawa alat dokumentasi

Makin sedikit orang yang menggunakan kamera untuk mengabadikan momen saat liburan, karena jaman sekarang smartphone saja sudah cukup canggih. Tapi apapun alatnya jangan sampai ketinggalan supaya keceriaan anda dan keluarga bisa dilihat kembali saat di rumah.

8. Tata isi dompet dan isi pulsa

Dalam dompet biasanya ga cuma ada uang kertas dan atm atau kartu kredit, tapi juga terkadang selipan uang logam, dan yang bikin sesek adalah ...struk. Jadi bersihkan dan tata isi dompet supaya mudah mengambil uang saat diperlukan. Satu lagi, usahakan isi pulsa handphone sebelum berangkat berlibur, agar komunikasi dengan orang yang menjaga rumah, atau kerabat lain tetap lancar. Tentu juga sangat membantu untuk menghubungi nomor-nomor penting seperti polisi atau rumah sakit saat darurat (tapi, amit-amit, moga-moga jangan sampe kejadian apa-apa, ^_^)

9. Berdoa sebelum berangkat

Yang ini mutlak dilakukan sebelum bepergian, supaya perjalanan lancar harus berdoa terlebih dahulu, agar kita terhindar dari mara bahaya dan hal-hal tidak diinginkan lainnya. 

Demikian daftar tips dari saya sebelum berpergian, supaya liburan makin menyenangkan tentu jaga emosi selama perjalanan, perhatikan adat sekitar dan kemanapun kita pergi tetap waspada, berhati-hati, buang sampah di tempat sampah, dan jangan merusak lingkungan ya.

note tambahan: Saya terbiasa menyiapkan pula wadah makan kosong dan bersih dalam tas, bagi saya sangat berguna untuk memasukkan makanan yang terlanjur dipesan tapi tidak dimakan atau tidak habis. Memang kita bisa meminta pihak rumah makan membungkuskan, tapi saya terkadang melihat ada waiter yang malas atau segan, daripada melihat wajah asem kecut nano-nano mending langsung bungkus sendiri saja.

1 lagi yang selalu saya biasa bawa saat bepergian adalah kresek atau tas kain berbagai ukuran. Kresek besar biasanya saya gunakan untuk wadah sampah di hotel, tahu sendiri kalau dustbin hotel umumnya imut-imut. Bisa juga untuk wadah pakaian kotor. sementara itu kresek kecil berguna untuk jaga-jaga mabok perjalanan anak-anak, tempat sampah di mobil, atau saat belanja di minimarket bila kepepet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!