W E L C O M E


Search

30 November 2016

10 Jajanan Gurih Paling Enak Buat Cemilan



Sebagai orang Indonesia yang seumur-umur belum pernah keluar negeri saya tetep bersyukur. Soalnya meski makanan impor makin menjamur dan makin viral, tapi saya tetep lebih sering kangen makanan lokal, apalagi jajanannya yang aduhai.

Udah ibu-ibu pun saya masih sering mampir depan sekolahan demi ngeluarin selembar dua lembar 5000an ditukar seplastik cemilan, yang lalu ga sabar pengen segera dinikmatin di rumah. Suka lupa umur kalo liat jajanan esde deh!

Itulah inspirasi saya buat nulis jajanan yang kebanyakan dikonsumsi bocah sekolahan itu:
(kalo baca postingan ini tiba-tiba lapar/ iler menetes jangan salahin saya ya :D)

  1. Cilok dan sate kojek

sumber gambar bacadata.com
Favorit saya sepanjang masa, paling ga bisa nahan kalo liat abang-abang jualan cilok mangkal bawaannya pengen brenti, sekadar beli berapa ribu, trus ngajak kenalan si abang, eh!

Cemilan yang terbuat dari tepung kanji ini biasanya dibentuk bulat bertekstur kenyol-kenyol. Ada yang dijual pake isi, umumnya sih isi jando (bukan janda yah) alias lemak sapi. Tapi jaman sekarang banyak juga yang jual online varian cilok isi keju, daging ayam, daging sapi, atau dibuat pedes banget sampai bikin bibir dower. Tapi yang udah ga ori jangan kaget kalau harganya melebihi burger di gerai cepat saji.

Sedangkan sate kojek kalo ga salah inget ya sejenis cilok tapi lebih kecil dan dibuat kaya sate, makanya namanya sate kojek. Ga pake isian apapun alias polos.

Sambel atau saus yang jadi pelengkap cilok atau sate kojek adalah saus kacang, atau kalau mamangnya pengen irit cuma pake sambel yang diencerin dicampur kecap. Tapi tetep enak sih menurut saya.


2. Cireng

sumber gambar resepasik.com

Masih dari tepung kanji tapi kalo cireng ya aci yang digoreng, trus makannya dicocol sambel rujak. Gurih bercampur pedes tapi endez! Saking happeningnya udah ga sulit beli cireng yang juga dijual online.

 3. Cimol

sumber gambar resepsedapku.com
Nah si cimol ini bisa dibilang sodara kembar cireng tapi ga identik. Meski sama-sama digoreng tapi bentuknya bulet. Umumnya sebelum disajikan ditaburin bubuk cabe dulu biar nikmat huh hah.

 4. Siomay

sumber gambar wikipedia.com

Makanan yang umumnya dibuat dari ikan tenggiri ini bisa buat ganti makanan berat kalo belinya 1 porsi. Siomay yang komplit biasanya berisi siomay basah+ siomay goreng+tahu+kentang+kubis+pare+telor ayam rebus. Disajikan dengan siraman sambel kacang gurih dijamin bikin semua kerjaan dipause dulu sampe semua ludes tak bersisa.

5. Pempek

sumber gambar idememasak.com
Pembelinya jadi ngerasa orang kaya karena bisa minta 'mba, kapal selam ya 2'. Kalau segitu masih kurang kenyang bisa ditambah adaan atau kulit yang juga enak. Pempek meskipun beda orang bisa mirip hasil karyanya, menurut saya pasti bakalan beda di cuko-nya.
 

6. Sempolan

sumber gambar putryariez.blogspot.com
Terus terang brasa aneh dan pengen ketawa waktu lihat nama jajanan ini di gerobak yang sering saya lewatin waktu jemput bocil pulang sekolah.

Bayangan saya tuh ini jajan mirip betis yang bahasa jawanya 'kempol'. Pas di medsos banyak yang pamer sempolan dan kayaknya enak, akhirnya saya brani nyoba juga. Secara rasa mirip tempura yang pernah booming beberapa tahun lalu, tapi teksturnya agak lebih kenyal. Dicocol sambel botolan jadi makin nikmat! 

7. Olos

sumber gambar harianresep.blogspot.com
Nemu jajanan ini pas ada acara di rumah kakak ipar di Tegal, dengan modus operandi minta tolong ponakan beliin di warung depan rumahnya saking penasaran, ternyata bentuknya mirip cireng berisi sayuran. Jangan-jangan cemilan ini anaknya cireng yang kawin sama tahu isi kali ya.

8. Combro

sumber gambar resepjuna.blogspot.com

Singkong parut yang diisi oncom atau tempe berbumbu gurih pedes udah saya kategorikan hampir punah. Di Semarang akhirnya saya nemu dari grup kulineran lokal dan seporsi isi 5 biji seharga 7000. Bisa buat ganjal perut apalagi kalo 5 biji itu habis semua.

Mungkin kalau mau masuk pasar masih banyak yang jual ya, tapi kadang isian oncom didalemnya sedikit banget, padahal yang enak ya yang banyak oncomnya itu. 

9. Bakso malang/ bakwan bromo


Jaman saya SMP kok disebutnya bakwan bromo yah, baru setelah saya pindah ke Semarang, banyak penjual serupa tapi tulisannya bakso malang. Ga ngerti apa bener bakso ini dari Malang, tapi anak saya seneng banget makan jajanan yang satu ini.

Mungkin karena isinya ga melulu bakso bulat seperti bola pingpong, tapi ada pangsit isi, bakso goreng dll yang seger dinikmati kala musim hujan.

10. Tahu Bulat

sumber gambar dreamers.id
Populer banget sampe dibikin game android, tahu bulat yang djual pake mobil pickup ini juga termasuk jajanan gurih yang pantes disanding sambil nonton tivi atau ngeblog.

Sebelum  femes seperti sekarang, saya hobi beli tahu bulat tiap naik bis ekonomi dari penjual asongan di terminal Purworejo. Tapi tahu bulatnya lebih kecil dari tahu bulat yang dijajakan ngider di pickup itu. Waktu itu sebungkus isi 6biji dijual 1000 atau 1500 rupiah. Lumayanlah menunda lapar ketimbang minum jely drink :P


Dari sekian jajanan yang saya tulis mana yang jadi favoritmu? 1,2,3 atau semuanya?

8 comments:

  1. Wah jajanan yang saya suka semua itu mbak, apalagi waktu dlu saat jadi pembina pramuka, saat anak2 lg kegiatan saya jajan dlu bentar.. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaan mas jajanan ini selalu bikin ngiler ketimbang makanan import

      Delete
  2. Emang kalo soal jajanan / street food indonesia juaranya mbaa! favorit saya sendiri yang pasti selalu saya beli tuh combro sama somayyyy hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiap daerah juga rasanya beda ya mba padahal namanya sama, saking beragamnya bumbu nusantara sih

      Delete
  3. Cemilan Indonesia GAK ADA DUANYA ahahahaha.. Aku juga wajib bawa sambel terasi ama saos pedas kemana mana.. Dibilg udikjg biarin wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh sambel indonesia juga udah tersedia dimana-mana smpe luar negeri jd gbs dibilang udik, yg bilang gitu malah ga gaool ya mba.ehehe

      Delete
  4. bakso malang duhhhhh hehhehe jajanan favorit aku :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi musim hujan maemnya tambah enyak y mba ^_^

      Delete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya, mohon tidak mencantumkan link hidup di kolom komentar ya. Salam Blogging!

Related Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...