28 November 2016

Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/.com

Mirip judul acara misteri, antara percaya ga percaya, saya sudah menulis lebih dari 150 post di blog ini. Jangan dibandingkan dengan blogger-blogger terkemuka di luar sana yang mungkin punya ribuan postingan ya, karena bagi saya bisa menulis rutin per minggu saja sudah lebih dari sangar. Yah maklum saja, karena saya hanya ibu rumah tangga yang tidak memiliki penghasilan sendiri dan harus membagi waktu antara ngeblog dan mengurus rumah tangga.


Berawal dari iseng ngeblog hanya  untuk menulis unek-unek, kemudian saya tertarik untuk memonetisasi blog dengan menjadi publisher Adsense, tapi beberapa kali mencoba mengajukan aplikasi blog saya tetap saja ditolak.

Setelah browsing sana-sini ternyata salah satu syarat lebih mudah diterima Adsense adalah dengan mengubah blog dari subdomain gratisan ke top level domain dotcom atau dotnet.

Akhirnya di bulan September 2015 saya memutuskan membeli domain dotcom untuk blog ini, dan sedikit perbaikan disana-sini pengajuan aplikasi adsense saya akhirnya diterima, yippie!


Kalau dihitung dari September 2015 sampai Desember 2016, sudah 16 bulan saya merasakan ngeblog di domain dotcom yang ternyata lebih unggul ketimbang domain lainnya, bagi saya ada beberapa alasan:


1. Lebih mudah ditemukan pembaca

contoh hasil pencarian dengan Google search dimana domain .com lebih diunggulkan

Mesin pencari paling populer di dunia internet yaitu Google akan lebih mengutamakan blog dan situs berlevel top domain .com atau .net ketimbang subdomain di hasil pencarian. Hal ini akan menguntungkan pemilik blog yang sudah berdomain .com atau .net. Tentunya blog yang tampil di halaman pertama pasti lebih menarik untuk diklik pembaca, terlebih jika keyword yang dimasukkan di kotak pencarian sangat umum sehingga SEO akan berperan penting.
  

2. Peluang lebih besar

contoh syarat blog harus berdomain TLD dalam sebuah lomba blog

Selain lebih mudah jika ingin mendaftar ke Google Adsense, blog berdomain dotcom atau dotnet akan lebih dilirik agen yang ingin memasang iklan, content placement atau memberi job bagi pemilik blog sebagai content writer.

Bagi yang hobi mengikuti lomba menulis atau kontes blogging pun sudah tidak pusing lagi dengan syarat harus top level domain.

 

3. Lebih dipercaya pembaca

Coba deh perhatikan situs dari suatu merek atau blogger terkenal, pasti mereka memakai top level domain dotcom atau dotnet. Selain lebih keren, secara sosial blog dengan domain dotcom atau dotnet  tampak lebih profesional dan lebih dipercaya sebagai rujukan. Kemungkinan besar pembaca akan memilih berbagi info dari situs atau blog berdomain dotcom atau dotnet ketimbang dari situs subdomain atau domain lainnya.

 

4. Memudahkan promosi

Bandingkan jika masih beralamat di subdomain gratisan, tentu lebih sulit untuk menyebutkan alamat blog, dengan memiliki dotcom atau dotnet jadi lebih ringkas! Orang akan lebih mudah mengingat sebuah blog dengan nama blogsaya.com ketimbang blogsaya.subdomain.com

 

5. Menulis lebih produktif dan berbobot

Yang ini faktor internal, saat belum berdomain sendiri, secara pribadi saya kurang memikirkan bobot postingan dan ga perduli blog tidak pernah diisi selama sebulan, tapi sekarang jadi 2x mikir. Domain yang sudah dibeli kan sayang kalau tidak dimaksimalkan.

 

Dari semua keunggulan dotcom atau dotnet di atas, saya sudah merasakan hasil nyatanya. Meski belum seberapa, tapi beberapa job dari blog ini cukup untuk balik modal membeli top level domain .com/ .net. Nah yang pengen sekali saya rasakan adalah memenangkan kontes blog yang hadiahnya aduhai seperti jutaan rupiah atau gadget keren seperti Ipad Air.

Nah kalau ada diantara kamu yang punya blog tapi belum berdomain dotcom atau dotnet buruan gih realisasikan #DotComForBlogging di dotcomforme.com karena masih ada promo tahun pertama yang sayang dilewatkan. Yaitu dengan harga 100rb gratis hosting 500MB.

credits dotcomforme.com
#DotComForBlogging akan membuat blogmu nampak lebih profesional dan membuka banyak peluang, tentunya disertai optimasi dari kamu sendiri. Ayo dotcom/ dotnet kan blogmu!

11 comments:

  1. Yg terlintas dibenakku saat membaca artikel ini adalah blog bank dan provider palsu yg tujuannya untuk penipuan...hahaha, kurang kreatif bgt... tp klo mereka kreatif malah nyeremin...:D

    ReplyDelete
  2. Betul sekali dengan menggunakan domain TLD. Akan banyak sekali keuntungan yang dapat diperoleh. Salah satu diantaranya adalah yang agan sebutkan

    ReplyDelete
  3. .net atau .com lebih mudah di pencarian google bener mas ?

    ReplyDelete
  4. bener banget gan apa yang ada diisi artikel ini

    ReplyDelete
  5. saya juga udah pake tld nih kebetulan,

    ReplyDelete
  6. Bagus neh sebagai rujukan buat yang mo migrasi adress blognya terutama buat sya nntinya

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Saya udah dua bulanan pake TLD. Dan secara gak langsung emang terasa banget manfaatnya. sejak pake TLD pengunjung blog makin banyak, mungkin karena domain lebih gampang dibaca kali yah. :D
    Selain itu semangat bloging juga semakin membara saja.


    Dhe Ujha Skin Care

    ReplyDelete
  9. Betul sekali, pake tld menunjukkan keseriusan, identitas dan komersial blog/website kita. Ibarat orang punya KTP dan ga punya KTP ha-ha-ha

    ReplyDelete
  10. Banyak yang saya dapatkan ketika migrasi ke domain DotCom ..

    Nice Artikel :)

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya, mohon tidak mencantumkan link hidup di kolom komentar ya. Salam Blogging!