Qtoy dibaca kitoy ^_^

DuniaqtoyBlog

09 November 2016

Tandai Siklus Bulananmu dengan Aplikasi ini

Perempuan itu sering dicap rese, rumit, berbelit-belit, ribet, moody daan seabrek tipikal lainnya. Setuju girls? Wahaha, kalau saya sih setuju banget.

Nyatanya emang apa yang saya mau sering ga bisa saya terjemahkan dengan baik, ujung-ujungnya ngambek, trus makannya banyak, gampang laper, tapi sok jaga image bilang udah kenyang. Wkwkwk, apaan sih itu?

Dan biasanya di balik sikap dan sifat perempuan yang labil secara emosi ada 1 hal yang jadi kambing hitam: hormon. Siap-siap aja makin parah saat siklus bulanan dateng. Bisa kena cakar atau disepak, lah cewek apa kuda yak?

Hormon yang memang berperan penting di tubuh perempuan ini banyak gunanya selain buat marah-marah, tapi juga penanda masa subur dan tidaknya. Penting banget nih buat pasangan yang program hamil, menunda punya momongan, atau yang mengatur jarak kelahiran secara kalender. 

Kalau dicatat secara manual di kalender kertas suka lupa, gimana kalau pake aplikasi aja, secara hampir semua orang sekarang pasti pake smartphone.

Kalender Menstruasi (by Simple Design .Ltd)


Ini yang saya pakai di android. Iconnya berbentuk diary berbunga warna pink. Tiap awal menstruasi bisa langsung input tanggal. Lalu kita bisa melihat periode subur serta perkiraan tanggal haid berikutnya di tampilan awal. Bisa juga memasukkan mood harian juga berat badan buat yang lagi diet. Saya pilih kalender menstruasi becoz tampilannya simpel dan mendukung bahasa Indonesia. Programnya juga enteng (4,25MB) ga bikin berat smartphone.

Selain kalender menstruasi ternyata ada banyak aplikasi android serupa buat menandai periode menstruasi bulanan di play store loh, di bawah ini daftarnya:

1. Clue Period Tracker


Besar aplikasi: 9,68MB
Aplikasi ini punya tampilan lebih eksekutif moderen bingit, bahkan mengklaim ga bakal ada icon bunga, kupu-kupu, warna pinky atau lambang menye-menye sejenisnya. Mungkin biar penggunanya lebih nyaman buka aplikasi ini meski di tempat umum ya biar ga kelihatan lagi ngecek periode bulanannya.

Sudah diunduh 5 juta pengguna di playstore dan masuk pilihan editor Buzzfeed, The New York Times, dll. Tapi sayangnya Clue belum suport bahasa Indonesia, malah sudah suport bahasa India, Turki, Korea dan Polandia.

2. Period Tracker


Besar aplikasi: 13,45MB
Punya chart khusus kehamilan juga dan penanda gejala seperti merasa sembelit, sakit punggung. Tapi bahasa yang dipakai juga bahasa Inggris aja.

3. Flo Period Tracker


Besar aplikasi: 31,11MB
Bisa terkoneksi dengan Google Fit dan Fitbit. Ada pengingat untuk pengguna pil kb. Aplikasi bisa dikunci demi privasi.

4. Skata

Besar aplikasi: 15,95MB 
Yang ini mungkin ada yang pernah lihat iklannya di televisi. Sudah diunduh 10 juta pengguna karena punya artikel seputar kehamilan, kontrasepsi, pendidikan anak, pernikahan, serta perkembangan anak seperti kalender sekolah dan imunisasi. Bahkan bisa mencari jasa bidan atau rumah sakit terdekat.

Buat yang mau memasang alat kontrasepsi juga bisa cari info dulu via Skata.

5. Kalender Menstruasi (by Simple Innovation)


Besar aplikasi: 6,95MB
Punya kelebihan ukuran program yang kecil, suport berbahasa Indonesia dan bisa dipahami dengan mudah. Aplikasi yang dominan pink ini bisa dilock juga dengan memberi kata sandi.

6. Masa Subur dan Kehamilan Sehat


Besar aplikasi: 5,73M
Pengembangnya seorang dokter kandungan, dr. Adi Sp.OG jadi cocok banget untuk membantu pasangan yang memang program hamil. Selain kalkulator masa subur, dilengkapi tips cepat hamil, aplikasi ibu agar hamil sehat (mencakup stimulasi untuk janin, gambar usg 3D, tanda persalinan, dan panduan senam hamil)

7. Maya - My Period Tracker


Besar aplikasi: 6,19M
Dibuat oleh pengembang di India, aplikasi ini punya fitur serupa dengan aplikasi kalender sejenis. Selain tips harian, para penggunanya menyukai tema beragam yang bisa diganti. Untuk upgrade ke layanan premium cukup mereferensikan ke 2 teman saja.

Yap, itulah 7 aplikasi kalender menstruasi yang bisa jadi pilihan para wanita, mungkin juga pria (para suami maksudnya), meski ga mutlak bisa menjamin keberhasilan program hamil atau program tidak hamil, karena sejatinya manusia cuma bisa berencana dan Tuhan lah yang menentukan. ^_^

2 komentar:

  1. aku suka pakai Clue, lebih clean dan simpel ^^

    http://www.fujichan.net/

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pernah instal si clue ini tapi ternyata kurang sreg, balik lagi ke kalender menstrasi deh

      Hapus

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!