Wisata ala Backpacker Tetapi Nyaman di Lombok - Dunia Qtoy

17 November 2016

Wisata ala Backpacker Tetapi Nyaman di Lombok


Penat, bosen dan ingin melepas lelah tapi dompet lagi tipis? Pengen cari suasana laut yang ga biasa, tapi budget liburan minim? Kita jalan-jalan ala backpacker aja yuk! Selagi waktu liburan keluarga cukup, jangan takut backpacking bareng seluruh anggota keluarga. Selain mengakrabkan antar anggota keluarga, berjalan-jalan dengan cara ini juga mengajarkan cara hidup sederhana. Bahkan backpackeran bersama si kecil yang masih balita juga ga masalah kok.

Simak juga: Tips  bepergian dengan balita

Jalan-jalan ala backpacker tetap bisa nyaman meski budgetnya minim loh. Sebenarnya banyak hotel murah tapi nyaman di Lombok. Caranya gampang, sebelum berangkat menuju Lombok, kita bisa klik aplikasi Traveloka di handphone Kita, dan memilih hotel yang kita inginkan. Harganya murah dan jujur dari pertama kita memesan. Apa yang tampil di layar ya itulah yang kita bayar. Jadi, pas kita sampai tempat tujuan, kita bisa istirahat dulu dengan nyaman sebelum melanjutkan perjalanan wisata. Pilihan dekat pusat Kota Mataram tentu tepat, banyak pilihan makanan baik secara harga maupun variasi menu. 

Backpacking menuju Lombok bisa dilakukan dengan melalui jalur darat ataupun udara. Cara pertama, jalur udara dari Jakarta menuju Denpasar, lalu disambung jalur darat dan laut menuju Lombok. Melalui jalur alternative ini budget yang diperlukan lebih besar dari jalur darat, tapi waktu tempuh lebih cepat. Penghematan biaya tetap bisa dilakukan dengan cara memesan tiket jauh-jauh hari dari sebelum waktu keberangkatan.

Cara kedua adalah jalur darat. Melalui jalur darat ini budgetnya sangatlah murah. Biasanya traveler menempuh perjalanan jalur darat ini dengan kereta api dari Jakarta menuju Surabaya. Perjalanan kemudian disambung, bisa dengan kereta api atau bis menuju Banyuwangi, lalu menyebrang ke Bali dengan kapal feri. Kemjudian, perjalanan  disambung lagi pake bis untuk menuju dermaga kapal feri selanjutnya yang akan mengantar Kita ke Lombok. 

Sesampainya di Lombok, banyak lokasi wisata yang mudah dijangkau. Gunakan aja transportasi umum karena dekat dengan pusat kota, lagian bisa lebih menyatu dengan penduduk lokal. Nah, objek wisata apa saja sih yang ada di Lombok? Yuuk kita lihat satu persatu!

Pantai Senggigi


Pantai Senggigi. Sumber : Wikipedia.org

Pantai berair tenang ini cantik dan landau. Cukup aman untuk berenang-renang di tepian. Pantai ini juga terkenal sebagai lokasi snorkeling karena masih banyak terumbu karang yang terawat dan beragam spesies biota bawah laut. Pemandangan alam bawah lautnya juga cukup eksotis dan menawan.

Perlengkapan untuk snorkeling banyak disewakan di sini dengan harga cukup murah. Jangan enggan untuk menawar, karena dengan menawar, Kita akan mendapatkan potongan harga dan menghemat budget .

Kamera bawah air atau case tahan air untuk handphone kita jangan dilupakan. Sangat disayangkan bila keindahan bawah laut yang ditemui tak diabadikan dengan kamera. Satu lagi yang tak boleh dilupakan saat berwisata di pantai adalah cream sun block  agar kulit lebih terlindungi.

Pantai Nipah

Pantai Nipah. Sumber foto :denubay.blogspot.co.id

Pantai Nipah ngga begitu jauh dari Pantai Senggigi.  Pantai Nipah ini lebih sepi dibanding Pantai Senggigi, namun pemandangannya tak kalah cantik. Pantai Nipah memiliki air yang cukup tenang untuk berenang. Airnya jernih, hingga kita bisa melihat dasar pantainya.
Pasir pantainya halus, dan menyenangkan untuk bermain pasir di sini. Waktu paling tepat untuk bermain pasir adalah waktu pagi hari. Pasir pantai belum terlalu panas. Bisa buat istana pasir, atau menimbuni badan bagian bawah kita dan membentuknya serupa sirip ikan duyung, lalu berfoto. Trus aplot di medsos!

Cream sun block sekali lagi, jangan lupa dioles dulu. Pemakaian sandal jepit paling tepat. Pilihlah sandal jepit yang kuat dengan material seperti “sandal gunung” yang biasa dipakai para trekker, karena tak mudah lepas untuk berjalan menikmati pantai.

Taman Mayura

Taman Mayura. Sumber : outdoorphotographer.com

Taman yang berlokasi di pusat Kota Mataram ini mudah dijangkau. Alamatnya berada di Jalan Purbasari, Kecamatan Mataram, Nusa Tenggara Barat. Taman Mayura merupakan taman saksi sejarah Kerajaan Hindu. 

Ya, meskipun Lombok terkenal sebagai Pulau Seribu Masjid, di sana juga masih banyak terdapat Pura Hindu. Wajar saja, karena sebagian besar penduduk di Lombok selain beragama Islam, sebagian lagi beragama Hindu. Sisanya penganut agama lain. Meski berbeda, toleransi umat beragama di Lombok sangat bagus. 

Memasuki taman ini, pengunjung dikenakan biaya tiket cukup murah. Biasanya ada tour guide taman yang siap menjelaskan sejarah dari taman yang cantik ini. Taman Mayura dibangun oleh Raja Anak Agung Made Karangasem di tahun 1744. Taman ini memiliki kolam jernih dengan mata air, dan ditengahnya terdapat Pura peribadatan Umat Hindu. Oleh masyarakat sekitar, Taman Mayura dilafalkan pengucapannya sebagai Taman Mayure. 

Kalau tiba-tiba lapar ga perlu bingung karena kedai penjual makanan di taman ini juga cukup banyak, dan harganya cukup terjangkau.

Demikianlah sebagaian kecil lokasi wisata murah meriah yang terdapat di Lombok. Masih banyak lagi lokasi wisata lainnya yang juga murah meriah di Lombok.  Sampai jumpa di Lombok!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!