24 February 2017

Jepret Nasi Padang, Nasi Paling Populer di Dunia

http://www.gandjelrel.com/2017/02/blogging-competition-jepret-kuliner-nusantara-dengan-smartphone.html

Nasi padang....nasi padang...
Bila engkau manusia aku akan menikahimu...

Agak lebay deh ya, ada orang yang mau nikah sama nasi padang? Eh tapi serius memang ada lho, dan dia bukan orang Indonesia. Justru bule dari Norwegia bernama Audun Kvitland Rstad. Si mas Kvitland baru sekali ngicipin nasi padang di Jakarta pas mo balik ke negaranya dan dia langsung jatuh cinta. Nyampe negaranya ternyata dia masih kebayang-bayang nasi padang, 5 menit kemudian jadilah lagu Nasi Padang.

Nasi Padang lauk gule otak

Kenyataanya siapa sih yang ga ngiler kalau membayangkan nasi padang? Sambil nulis postingan ini saya mpe rela nge-pause dulu dan meluncur ke warung padang deket rumah, daripada cacing-cacing di perut protes mulu ^_^.

Saya yang besar di pulau Jawa dan ga pernah menginjakkan kaki ke tanah Minangkabau aja terbiasa makan nasi padang. Thanks to darah Sumatera khususnya orang Padang yang menganggap merantau adalah bagian dari perjalanan hidup, jadi ga susah cari warung padang. Bahkan saya dan bapak pernah selama seminggu terselamatkan oleh nasi padang karena ibu yang harus mondok di rumah sakit.
 
bungkusan nasi padang yang khas banget

Di Semarang ada banyak resto dan warung makan Padang. Dari yang sesuai ama kocek mahasiswa sampai yang mewah semuanya rame diserbu pembeli. Itu buktinya masakan Padang dicintai segala lapisan masyarakat.

Komposisi nasi Padang pada umumnya sama aja, selain nasi dan lauk pilihan: rendang, dendeng paru, iso, babat, limpa, ayam bakar, ayam pop, gule otak, gule kepala ikan dll pasti ada sayur nangka dan daun singkong rebus plus sambel lombok ijo yang legendaris. Tapi nyatanya ga pernah saya menemukan rasa yang sama persis dari komposisi itu antara warung/ resto yang satu dengan yang lain. Kan ada tuh yang sambelnya pedes banget, ada juga yang ga pedes sama sekali, atau daun singkongnya yang di resto ini empuk tapi di warung yang itu kering dan terasa seret.
Nasi Padang tanpa sayur nangka + lauk iso

Perbedaan rasa dan tampilan nasi padang di tiap warung sering saya abadikan lewat kamera handphone, kan namanya juga tukang jalan-jalan dan tukang makan. Maksudnya sih biar saya inget kalau pernah makan di warung tertentu yang rasanya cocok di lidah. Perempuan kan terkenal susah ngapalin peta dan lokasi suatu tempat, tapi kalau udah liat di galeri foto smartphone, GOTCHA! Oh, i do remember those place.

Tapi sayangnya saya lebih sering ke resto Padang di malam hari, alhasil foto-foto jepretan jadi kurang terang dan fokus. Pengennya kalau ada rejeki ya ganti smartphone yang lebih mumpuni dan punya spek lebih canggih. Pas lagi ngobrol sama suami pengen ganti hape apa, pas banget ada BCL & Joe Taslim di iklan Asus Zenfone 3 Max sliwar-sliwer.


Langsung deh ga pake lama browsing spek Asus Zenfone 3 Max. Alamak, ini dia yang cocok buatku,  ASUS ZenFone yang ini dibekali kamera  belakang 13 Mp dan kamera depan 5Mp. Dengan mode PixelMaster Camera dijamin setiap momen berharga dan objek yang dijepret nampak makin cerah. Mode HDR yang ditanam di smartphone ini memperluas jangkauan dinamis 4x dan meningkatkan kecerahan sampai 400%. Ada fitur resolusi super untuk menangkap beberapa gambar secara bersamaan dalam satu foto dengan rinci 52MP. Dan yang ga kalah penting fitur LowLight Zenfone 3 memungkinkan kita mengambil foto di pencahayaan yang kurang baik tapi foto yang dihasilkan tetap terang dan jelas. Awwwwww cucok banget!!! 

Sekarang saya masih nabung buat beli Asus Zenfone, tapi kalau ada yang baik hati mau menghibahkan kuterima dengan senang hati, ga usah sungkan-sungkan ya, hehehe. Atau kalau rejeki bisa menang lomba blog dari Gandjel Rel yang hadiahnya juga Asus Zenfone, alhamdulillah banget ^_^.

Artikel ini diikutsertakan pada Blogging Competition Jepret Kuliner Nusantara dengan Smartphone yang diselenggarakan oleh Gandjel Rel

12 comments:

  1. Nasi Padang emak selalu jadi makanan favorit, selagi belum mampu makan direstoran ^_6

    ReplyDelete
  2. Biasanya klo udah bingung mau makan apa pas lunch di kantor, pilih nasi padang aja langsung beres hihiii... nasi ama rendang, dah... selalu itu pilihanku ;)

    ReplyDelete
  3. Nasi Padang memang lezat banget ya mbak, saya juga sering beli favorit saya nasi kikil, hehe..

    Restoran Padang juga mudah dijumpai, tergantung pilihan kita aja mau yang mana :)

    ReplyDelete
  4. Di tempatku lagi ngehits nasi padang harga pelajar, Mbak. Dan setiap kali lewat depan yang jualan nasi padang yang nongkrongin memang anak SMA.

    Aku sendiri lumayan cocok sih sama bumbunya. Kalau ibuku kurang srek, katanya kayak jamu bumbunya. Selera kali ya.

    ReplyDelete
  5. Aku jadi pengen makan nasi padang... 😅😅

    Semoga segera dapat HP impiannya ya Mba.. 😊

    ReplyDelete
  6. Nasi padang favoritku: pake paru. Hihi.

    ReplyDelete
  7. Nasi padang...nasi fovorit hampir semua orang

    aiiih...jadi pengen nasi padang lauk rendang

    ReplyDelete
  8. Nasi padang mmg sll d hati ya mb..
    Kaya nya semua org suka nasi padang yaa mb

    ReplyDelete
  9. Nasi padang mmg sll d hati ya mb..
    Kaya nya semua org suka nasi padang yaa mb

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya, mohon tidak mencantumkan link hidup di kolom komentar ya. Salam Blogging!