Qtoy dibaca kitoy ^_^

DuniaqtoyBlog

09 Maret 2017

Dapoer Emak untuk Pecinta Masakan Jawa



Meski sudah mencoba berbagai macam makanan dari berbagai daerah, tapi karena terlahir sebagai orang jawa, tentu saya lebih sering kangen makan masakan jawa ketimbang masakan daerah lain.

Cuman sayangnya saya ga bisa masak sesuai bayangan, padahal udah nanya resep sama ibu lewat telpon, atau browsing ke blognya mba diah didi, tetep aja missing something. Daripada kesel dan ngabisin gas, mending beli matengan aja lah (padahal modus males ^^).

Tempat yang paling sering kami datengin di Semarang dan cocok buat sekeluarga adalah Dapoer Emak yang berlokasi di jalan Sriwijaya, Wonodri.

Nasi putih dengan oseng tempe bihun dan peda yang endes banget
Menu jawa yang disediakan di rumah makan ini cukup beragam, dan ga cuma masakan Jawa sih, tapi ada juga steak dan mie ayam. Tapi ngapain ah kalo pesen western food kalau ada masakan rumahan, maklum saya wong ndeso,hihi.

Yang bikin spesial di Dapoer Emak adalah penyajian menu yang identik dengan acara-acara masyarakat jawa seperti hajatan, misalnya nasi bancaan yang disuguhkan dalam besek (wadah dari anyaman bambu) berisi mie goreng, tahu tempe, ikan asin dan sambal. Sungguh mengobati kerinduan orang kota yang bosen ama nasi kotak.

Nasi yang dibungkus besek persis di hajatan
Untuk minuman, selain es teh jangan kaget dengan gelas yang super gede. Ada baiknya bertanya pada waiter meski sudah terlihat di buku menu, dan seandainya ingin berbagi dengan teman jangan ragu minta gelas kosong, daripada mubazir ga abis.


cwi mie yang gurih pas banget dinikmati dengan es degan


Di dapoer emak ada 1 masakan yang sebenernya enak banget tapi sayang sekarang udah ga ada lagi, yaitu nasi kothokan tahu pindang yang gurih pedes, masakan yang identik dengan kota pantura ini per 2017 udah ga disediakan lagi, padahal termasuk favorit saya T_T


nasi pindang kothokan yang udah diskontinu

Menikmati hidangan di Dapoer Emak bisa pilih duduk di kursi kayu, atau buat yang suka lesehan boleh ke lantai atas, yang juga cocok buat acara arisan, ultah, atau kumpul seseruan bareng geng. 

Dapoer Emak bagi saya rekomended dan nyaman, terutama untuk yang kangen masakan jawa yang sederhana, nikmat dan terjangkau.

4 komentar:

  1. Malem-malem baca ini, jadi laper lagi hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi bikin mie mba sama telor enak loh malem2 awas endut

      Hapus
  2. Makan pakai wadah besek enak banget. Entah karena saya jarang lihat bungkus besek ya, haha...

    BalasHapus

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!