W E L C O M E


Search

31 March 2017

William Wongso Chef Kesohor dari Indonesia

William Wongso sumber www.bisniswisata.co.id
Dunia masak memasak biasanya identik dengan wanita, bahkan ada orang tua yang melarang anak laki-lakinya masuk dapur demi menyelamatkan si bocah kecil dari keperempuan-perempuanan jika tertarik dengan dapur dan segala isinya. Tapi pada kenyataannya, chef profesional yang termashyur justru kebanyakan berasal dari kaum lelaki, nah loh, gimana sih?!

Adalah William Wongso, chef yang pernah memandu acara Ceritarasa William Wongso di metro Tv ini mampu menjadi salah satu juru masak kenamaan di Indonesia. Lahir di Malang, 12 April 1947, pak William Wongso tidak pernah belajar masak saat kecil dan justru memulai belajar masak dengan serius saat umur 30 umur, berawal dari belajar membuat kue lalu merambah dunia kuliner dan masakan nasional serta internasional.

Steak adalah masakan pertama yang ia kuasai dengan baik, hingga akhirnya banyak masakan indonesia dan internasional yang juga ia kuasai. William tak segan berguru masak hingga ke Prancis, Italia, Belanda, Jerman, China, Jepang, Thailand, dan Vietnam.

Chef yang sekarang sudah berusia 70 tahun ini terkenal sering menggunakan terasi dalam masakan yang ia buat, karena menurutnya terasi berkualitas baik termasuk bumbu penyedap alami yang dapat membuat makanan jadi lebih lezat.

Hingga sekarang William Wongso masih terus melanjutkan hobi dan pekerjaannya sebagi juru masak dan juga pernah diminta Sekretariat Presiden untuk memberi masukan sajian saat lawatan raja Salman datang ke Indonesia. Hobi lainnya adalah fotografi makanan dan olahraga gym.

Saran dari Chef William Wongso bagi anak-anak yang ingin pandai memasak adalah tidak ada batasan umur untuk memulai. Tak perlu menuggu hingga dewasa seperti dia.

*Tulisan ini adalah rangkuman wawancara dari majalan Bobo edisi 09 yang terbit 11 Juni 2009.

No comments:

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya, mohon tidak mencantumkan link hidup di kolom komentar ya. Salam Blogging!

Related Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...