7 Menu Sahur yang Mudah Disiapkan - Dunia Qtoy

28 May 2017

7 Menu Sahur yang Mudah Disiapkan

Makan sahur adalah sunah bagi umat Islam yang akan menjalankan puasa. Meski ga sahur pun boleh, tapi makan sahur dengan 3 suap nasi dan segelas air putih pun tentunya lebih baik ketimbang melewatkan waktu sahur.

Kebanyakan orang malas sahur karena malas bangun atau malas menyiapkan masakan. Nah kalau alasannya malas masak karena ribet, kali ini saya pengen berbagi menu sahur yang mudah dibuat tanpa butuh banyak waktu.

1. Telur dadar bayam
credit vivin herviani on cookpad
Campur 2 butir telur dengan beberapa iris daun bawang dan daun bayam (bisa ditambah jamur kancing iris), beri sedikit garam. Kocok lepas lalu goreng di atas teflon yang sudah diberi sedikit minyak. Masak hingga matang kedua sisi.

waktu persiapan dan masak 10 menit 

2. Telur ceplok masak kecap
credits dewi agustina on cookpad
Ceplok terlebih dahulu beberapa butir telur. Sisihkan
Iris bumbu yang terdiri dari bawang merah dan bawang bombay. Lalu tumis dan beri kecap + sedikit saus tiram. Kemudian masukkan telor ceplok, bolak-balik sampai kecap merata. Siap dihidangkan.


waktu persiapan dan masak 10 menit
 

3. Bihun goreng sosis
credits citra acil on cookpad

Rebus dahulu bihun sampai matang lalu sisihkan.
Siapkan bumbu dari beberapa siung bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan. Masukkan sosis yang sudah dipotong-potong. Masukkan bihun dan aduk-aduk sampai semua tercampur rata. Beri garam halus dan lada bubuk secukupnya. Lalu beri kecap manis. Aduk kembali hingga rata dan matang.

Jika ingin ditambahkan sayur seperti sawi dan wortel masukkan sebelum bihun dimasukkan ke wajan ya.

waktu persiapan dan masak 15 menit
 

4. Tumis sosis tahu tauge pedas

Iris tipis bawang putih, bawang merah, cabe merah, tomat merah lalu tumis sampai harum. Masukkan sosis dan tahu yang sudah dipotong. Aduk rata masukkan tauge lalu beri 2 sendok makan saos tomat dan 1 sendok makan saos cabai lalu beri sedikit air. Masak sampai air mendidih. Angkat dan hidangkan

waktu persiapan dan masak 15 menit


5. Tempe goreng tepung sambal bawang

Bumbu halus:1 butir kemiri, 1 siung bawang putih, 1/2 sdt ketumbar, garam
Campur 5 sdm tepung terigu dengan 1 sdm tepung beras lalu 3 batang kucai yang dipotong kecil-kecil dan bumbu yang sudah dhaluskan di atas. Beri air sedikit demi sedikit hingga semua tercampur merata, jangan keenceran atau kekentalan.
Celupkan irisan tempe ke tepung dan goreng di minyak yang sudah dipanaskan. Gunakan api sedang ya dan bolak-balik tempe sampai matang.

Untuk sambalnya:
cabai keriting, cabe rawit dan bawang putih diuleg sampai halus, beri sedikit minyak panas. Penyetkan tempe matang ke sambal.

waktu persiapan dan masak 15 menit


6. Nasi goreng jagung
Rajang bawang putih dan bawang merah, cabai rawit dan cabai merah banyaknya sesuai selera.Lalu tumis sampai harum. Masukkan jagung yang sudah disisir. Tumis sampai jagung matang. Lalu masukkan nasi putih dan beri garam, merica, bumbu penyedap  secukupnya. Aduk sampai semua tercampur rata dan matang.

(bisa ditambah bakso dan bahan lainnya)

waktu persiapan dan masak 15 menit


7. Bakso Telor Orak Arik
Siapkan bakso sebanyak 1 mangkok yang sudah dibelah jadi 2. Lalu tumis bawang bombai dan paprika yang sudah diiris. Masukkan telur dan buat orak arik, lalu masukkan bakso. Beri garam dan lada bubuk. Tumis sampai matang, sajikan.

waktu persiapan dan masak 15 menit

Nah itu dia 7 menu yang mudah sekali cara membuatnya. Bahan-bahannya pun bisa dibeli beberapa hari sebelumnya lalu disimpan di kulkas.

Semoga puasanya makin khusyuk dan lancar hingga Idul fitri tiba ya.
Selamat menjalankan ibadah puasa bagi seluruh umat muslim dimanapun anda berada.....

2 comments:

  1. Nasi anget, telur ceplok plus sambal terasi juga mudah, lebih enak dibanding menu masakan India. Saya juga jadi bikin yang praktis buat diri sendiri, karena untuk suami makanan masih harus berasa bumbu India.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba. Telor emang plg gampang diolah ya

      Delete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!