Makanan Favoritku saat Bulan Ramadhan - Dunia Qtoy

23 May 2017

Makanan Favoritku saat Bulan Ramadhan

Assalamualaikum wr wb,
Hi semuanya apa kabar hari ni...
Kalau kemarin ada tantangan menulis kenangan masa kecil, nah kali ini tantangan menulis datang dari mba Ika Hardiyan Aksari dan Bu Wati, temanya tentang makanan favorit saat bulan puasa. Kelihatannya kalo ngomongin makanan tuh gampang ya ga pake mikir, tapi dasarnya aku apa aja dilahap ya malah bingung.hahaha

Waktu kecil ibu juga ga ada masakan spesifik di bulan puasa atau bukan. Yang penting buat kita mah ada nasi sama teh anget, dah gitu aja soal lauk seadanya di tukang sayur ya bisa dibuat.

Pas kuliah di Unnes dan kudu beli makan sendiri, lagi-lagi saya ga kudu punya makanan tertentu buat buka. Tapi paling sering nasi kucing atau penyetan ikan asin yang murah meriah buat anak kos.
credits instagram

Beranjak jadi istri seseorang, kebiasaan buka puasa juga ga ribet. Suami saya yang ga bisa makan terlalu pedas paling cuma minta ada sayur non pemicu asam urat, lauk seperti semur telur, sama gorengan, dah gitu aja gampang kan, hehe dia mah ngerti banget sama istri yang ga bisa masak.
credits wego.co.id

Tapi masak juga jarang banget sih, seringnya kami beli masakan jadi di penjual makanan dadakan yang cuma ada di bulan puasa itu loh.Hampir semua makanan yang dibeli kudu ada sedikit kuahnya biar endes dan nikmat disantap tapi ga terlalu berat diperut. Masakan yang dijual biasanya sudah dikemas di plastik bening jadi tinggal comot dan dihitung penjual. Dan kesukaan saya kalau belanja di bakul kaya gini adalah:
- bobor  daun singkong
credits masakmemasak.com

- oseng kikil
credits www.diahdidi.com

- sop kembang tahu
credits http://anekaresepmasakan.info

- mangut lele
credits masakandapurku.com
 Ritual buka puasa setelah adzan maghrib berkumandang adalah segerakan berbuka dengan air putih biar perut ga kaget biar kata cuma seteguk, setelah itu baru minum teh manis sedikit. Lalu sholat maghrib dulu dan barulah kami makan nasi plus lauk pauk yang tadi dimasak atau dibeli.

Kalau ada es buah atau kolak biasanya malah ga saya makan dulu tapi nanti selepas taraweh, karena habis taraweh kok seringnya laper lagi ya.Hehehe

Selamat menunaikan ibadah puasa ya teman-teman semoga lancar sampai hari kemenangan ^_^

12 comments:

  1. Jadi kangen masakan Semarang nih, kalau Unnes dekat Menoreh ya? Di situ ada warung makan yang selalu rame, spesialnya masakan mangut belut, terkenal banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy pernah kos deket warung belut itu mas.tp harganya ga cocok sama anak kos.hehe

      Delete
  2. Palembang punya pindang patin juara lhoo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sy suka banget sama pindang patin, di semarang sini ada bbrp yg jual tp rasanya beda2

      Delete
  3. Waaah bobor daun singkong...enak ini mbak favorit juga dirumah :D

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Mangut lele mangut iwak pe semuanya nikmat mba

      Delete
  5. Kalo bibir aku suka daun kacang panjang itu lho Mbak, mbayung ya. Bagus buat busui soalnya. Hihihi.
    Aku belum pernah makan sop kembang tahu, Mbak. Tak bayangin kayak apa sih rasanya? Di sini gak ada yang jual kembang tahu sih.

    Mbak Untari, makasih ya sudah ikut meramaikan arisan blog yang kedua ini.

    ReplyDelete
  6. penyetan memang paling disukai kala ngekos ya mbak

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!