W E L C O M E


Search

19 June 2017

5 Penanda Sahabat Sejati

Sebagai makhuk sosial, manusia butuh berteman dengan manusia lainnya. Bahkan dalam Islam diajarkaan untuk memelihara 2 hubungan dengan baik, yaitu  Habluminallah dan Habluminannas. Artinya bukan saja hubungan kepada pencipta-Nya secara vertikal, kaum muslimin juga diperintah untuk menjaga hubungan dengan sesama manusia.

Saat menjalin hubungan biasanya seseorang akan merasakan kecocokan dengan orang lain, yang lalu bisa berkembang menjadi pertemanan. Kecocokan itu bisa timbul dari berbagai macam hal, misalnya minat/hobi yang sama, merasa senasib, atau karena tinggal di suatu tempat seperti kos-kosan dalam waktu lama secara bersama.

credits www.buzzfeed.com

Kebetulan nih saya punya seorang sahabat yang berawal dari tinggal di 1 kos-kostan pas jaman kuliah dulu. Meski mba E lebih tua 2 tahun dari saya dan sekarang tinggal berjauhan, tapi buat saya, dia tetep saya anggap sahabat sejati.

Btw, buat saya ada beberapa kriteria kenapa seorang teman itu disebut sahabat sejati, yaitu:
  • Teruji waktu
Kalau teman bisa timbul tenggelam tergantung waktu, tapi seorang sahabat akan terus ada meski tahun berganti tahun. Dari sama-sama single, sampe menikah punya anak, dan seterusnya

  • Bener-bener ada saat senang dan sudah
Ngga cuma bisa diajak seneng-seneng seperti ngemall bareng, tapi sahabat harus mau direcokin pas kita nangis karena diputusin, atau minjemin uang saat bokek, atau nemenin pas kita sakit di kostan.


  • Ga bisa dinilai dengan uang
Meski sahabat itu ga segan minjemin kita duit, tapi bukan berarti kita manfaatin dan ga kembalikan uang pinjeman. Sebaliknya juga gitu, kalau kita pinjemin uang ke dia, ga perlu ditagih juga pasti dikembalikan sesuai janji.

  • Ngga segan ngomong apa adanya
Pernah suatu waktu saya curhat soal pacar yang kepergok selingkuh berkali-kali ke sahabat. Kalo temen mungkin cuma ngomong 'ya udah putusin aja', tapi sahabat saya itu malah bilang 'halah, lu kali doyan penderitaan, udah tau penjahat kambuhan masih lu piara!!!' Nah lho, bukannya bikin perasaan saya adem, justru sahabat saya makin nylekit. Tapi gara-gara omongannya yang nampar abis akhirnya saya bisa move on 😄.


  • Ngga ember kalo dicurhatin
Nah ini yang paling kliatan beda dari cuma sekadar temen. Saat curhat ke sahabat bahkan rahasia paling kelam pun, sahabat akan menyimpan rapat curhatan kita. Meski ga selalu kasih solusi tapi jadi pendengar yang baik dan ga ember buka aib kita ke orang lain pasti lebih dari cukup kan.

Itulah 5 kriteria saya untuk seseorang bisa disebut sahabat. Selain seorang sahabat sejak jaman ngekost dulu, saya juga punya sahabat yang sebenernya kenal belum terlalu lama sekitar 2 tahunan ini tapi dari poin-poin 5 penanda sahabat sejati itu dia lulus semua. Kami biasa curhat-curhatan soal apapun, sampai pinjem-pinjeman duit tapi semuanya amanah. Padahal ketemu pun jarang karena sibuk kegiatan masing-masing. Amazing kan!

Dan yang sudah punya sahabat baik tentu jangan sampai lepas atau hilang, karena untuk cari teman yang betul-betul tulus itu biar 1 biji aja susah banget. Eman dong ah kalau jadi musuhan.

Sekarang, waktunya cek teman-teman kamu mana yang masuk kriteria sahabat sejati, trus kalau mau komen di kolom komentar boleh banget dong. Siapa tahu kita bisa jadi sahabat juga 😍

#ArisanBlogGandjelRel
Postingan bertema sahabat ini dari mba Agustina DJ dan mba Nunung. Kalau berkenan visit blog mereka juga ya guys,

9 comments:

  1. Replies
    1. bener mba, itu masuk ngga segan ngomong apa adanya

      Delete
  2. Setujuu, saling percaya itu kudu yaa

    ReplyDelete
  3. Sekarang banyak banget sahabat baikku dari Gandjel Rel ataupun blogger perempuan lainnya :)

    ReplyDelete
  4. Ngga ember dan ngga suka manfaatiin, sepakat banget ni mb sama 2 point ini. Pernah ngalamin soalnya, hiks sedih

    ReplyDelete
  5. Ngga ember dan ngga suka manfaatiin, sepakat banget ni mb sama 2 point ini. Pernah ngalamin soalnya, hiks sedih

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya, mohon tidak mencantumkan link hidup di kolom komentar ya. Salam Blogging!

Related Post

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...