Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sensasi Pedas Buffalo Chicken dan Wortel Kukus Dicocol Mayo


Buffalo Chicken yang dinamai karena berasal dari daerah Buffalo, Amerika Serikat adalah masakan terbuat dari ayam yang diolah dengan cara digoreng, dioven, atau dipanggang dan diberi bumbu pedas gurih dari butter dan saus cabai.

Di Amerika sana, ayam buffalo dianggap makanan ringan bukannya makanan berat seperti olahan ayam di Indonesia yang kudu dimakan dengan nasi. Resep ayam buffalo pertama kali dibuat oleh Teressa dan Frank Bellissimo pada tahun 1964 dari sebuah kedai makan, Anchor Bar. Jadi hingga kini tahun 2017 ayam buffalo sudah berumur 57 tahun ya, wow!

Sebenarnya buffalo chicken lebih populer berbahan baku sayap ayam/ chicken wings, tapi kali ini saya menggunakan paha dan dada ayam potongan premium So Good yang nanti hasilnya pun sama enaknya.

Kenapa pakai ayam potong dari So Good? Karena produk So Good adalah produk terjamin dengan kualitas ayam segar, bermutu tinggi, dan yang penting produk ayam potong ini dipotong secara halal sehingga umat muslim pun ga perlu khawatir. Ayam potong So Good ini benar-benar rekomended dan memudahkan para ibu di rumah menyiapkan masakan buat keluarga termasuk saya. Alesannya selain harga terjangkau, mudah didapat di supermarket terdekat, juga bikin was-was berkurang dibanding membeli ayam di penjual ayam yang rentan dicurangi seperti diberi pengawet/ formalin atau ayam tiren, hiiii serem...

Bahan baku ayam juga mudah banget untuk diolah seperti dibuat sop, digoreng atau dibakar. Nah kali ini saya pengen berbagi resep buffalo chicken dengan wortel kukus yang nikmat dicocol mayonaise.


Buffalo Chicken dan Wortel Kukus Cocol Mayo
Bahan:
  • 5 buah Ayam potong So Good, disini saya menggunakan paha dan dada ayam potongan premium.
  • 3 buah wortel
  • 2 helai selada

Bumbu:
  • 5 buah cabe rawit
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 3 siung bawang putih
  • 3 pak kecil atau 2 sdm Unsalted Butter
  • Sepucuk garam


Cara membuat:
  1. Lelehkan butter dalam panci lalu matikan kompor.
  2. Haluskan/blender bawang putih, cabe rawit dan cabe merah Masukkan cabai yang sudah halus ke dalam lelehan butter, lalu beri garam.
  3. Aduk-aduk sampai tercampur rata.
  4. Masukkan ayam potong So Good ke dalam saus, remas-remas dan simpan ke dalam kulkas selama 2 jam. Jika ingin praktis lalukan langkah ini di malam hari untuk mengolah ayam keesokan hari.
  5. Panggang ayam di dalam oven selama 45 menit sampai matang. Jika tidak ada oven bisa menggunakan pan bolak-balik.
  6. Potong wortel secara memanjang dan kukus selama 10 menit. Kemudian setelah ayam dan wortel matang, tata di piring bersama selada.
  7. Hidangkan dengan mayonaise untuk cocolan.
Nah kan mudah banget resep yang satu ini. Pasti anak-anak dan anggota keluarga lain yang suka pedas bakalan doyan dan nagih. Wortel sebagai pelengkap cocolan bisa diganti kentang goreng atau sayuran lainya sesuai selera.

Selamat mencoba, dan kalau sudah praktek di rumah boleh dong berbagi ceritanya di kolom komentar.

Post a Comment for "Sensasi Pedas Buffalo Chicken dan Wortel Kukus Dicocol Mayo"