23 July 2017

Sensasi Pedas Buffalo Chicken dan Wortel Kukus Dicocol Mayo


Buffalo Chicken yang dinamai karena berasal dari daerah Buffalo, Amerika Serikat adalah masakan terbuat dari ayam yang diolah dengan cara digoreng, dioven, atau dipanggang dan diberi bumbu pedas gurih dari butter dan saus cabai. Di Amerika sana, ayam buffalo dianggap makanan ringan bukannya makanan berat seperti olahan ayam di Indonesia yang kudu dimakan dengan nasi.

Resep ayam buffalo pertama kali dibuat oleh Teressa dan Frank Bellissimo pada tahun 1964 dari sebuah kedai makan, Anchor Bar. Jadi hingga kini tahun 2017 ayam buffalo sudah berumur 57 tahun ya, wow!

Sebenarnya buffalo chicken lebih populer berbahan baku sayap ayam/ chicken wings, tapi kali ini saya menggunakan paha dan dada ayam potongan premium So Good yang nanti hasilnya pun sama enaknya.

Kenapa pakai ayam potong dari So Good? Karena produk So Good adalah produk terjamin dengan kualitas ayam segar, bermutu tinggi, dan yang penting produk ayam potong ini dipotong secara halal sehingga umat muslim pun ga perlu khawatir.

Ayam potong So Good ini benar-benar rekomended dan memudahkan para ibu di rumah menyiapkan masakan buat keluarga termasuk saya. Alesannya selain harga terjangkau, mudah didapat di supermarket terdekat, juga bikin was-was berkurang dibanding membeli ayam di penjual ayam yang rentan dicurangi seperti diberi pengawet/ formalin atau ayam tiren, hiiii serem...

Bahan baku ayam juga mudah banget untuk diolah seperti dibuat sop, digoreng atau dibakar. Nah kali ini saya pengen berbagi resep buffalo chicken dengan wortel kukus yang nikmat dicocol mayonaise.

Buffalo Chicken dan Wortel Kukus Cocol Mayo 

Bahan:
  • 5 buah Ayam potong So Good, disini saya menggunakan paha dan dada ayam potongan premium.
  • 3 buah wortel
  • 2 helai selada
Bumbu:
5 buah cabe rawit
10 buah cabe merah keriting
3 siung bawang putih
3 pak kecil atau 2 sdm Unsalted Butter
Sepucuk garam

Cara membuat:
  1. Lelehkan butter dalam panci lalu matikan kompor. 
  2. Haluskan/blender bawang putih, cabe rawit dan cabe merah
  3. Masukkan cabai yang sudah halus ke dalam lelehan butter, lalu beri garam. Aduk-aduk sampai tercampur rata
  4. Masukkan ayam potong So Good ke dalam saus, remas-remas dan simpan ke dalam kulkas selama 2 jam. Jika ingin praktis lalukan langkah ini di malam hari untuk mengolah ayam keesokan hari.
  5. Panggang ayam di dalam oven selama 45 menit sampai matang. Jika tidak ada oven bisa menggunakan pan bolak-balik.
  6. Potong wortel secara memanjang dan kukus selama 10 menit.
  7. Kemudian setelah ayam dan wortel matang, tata di piring bersama selada.
  8. Hidangkan dengan mayonaise untuk cocolan.

Nah kan mudah banget resep yang satu ini. Pasti anak-anak dan anggota keluarga lain yang suka pedas bakalan doyan dan nagih. Wortel sebagai pelengkap cocolan bisa diganti kentang goreng atau sayuran lainya sesuai selera.

Slideshow Resep


Jika di Amerika buffalo chicken paling sering dihidangkan saat nonton Superbowl, maka kita bisa menyantap 'jajanan ringan' ini saat nonton film atau pertandingan olahraga di televisi.

Oiya, sebelum mengolah ayam potong So Good yang beku harus dicairkan dahulu, caranya keluarkan dari kulkas dan biarkan dalam suhu ruang selama beberapa saat sampai ayam melunak. Jika ingin lebih cepat masukkan ayam ke dalam plastik lalu rendam dalam air suhu normal. Lalu ayam siap untuk diolah.
ayam potong paha dan dada beku dari So Good
Cara cairkan ayam beku dengan cepat
Semoga resep ini bisa menjadi tambah pilihan menu dari ayam ya. Selamat mencoba, dan kalau sudah praktek di rumah boleh dong berbagi ceritanya di kolom komentar.

0 comment:

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya, mohon tidak mencantumkan link hidup di kolom komentar ya. Salam Blogging!