26 July 2017

Ternyata, Indonesia Punya Banyak ‘Kembaran’ Raja Ampat

Raja Ampat (sumber: liputan6.com)
Siapa yang ga kenal Raja Ampat? Kalau sampai ga pernah dengar berarti kamu katrok banget bro. Raja Ampat di Papua Barat merupakan destinasi wisata yang dikagumi oleh turis-turis mancanegara. Bahkan, lautan Raja Ampat dinobatkan sebagai spot menyelam terbaik di dunia versi Dive Magazine dan CNN. Penobatan lautan Raja Ampat sebagai tempat menyelam nomor wahid didasari oleh keanekaragaman hayati yang mencakup 75 spesies koral dan lebih dari 1.500 spesies ikan.  Keren kan? Bahkan Raja Ampat termasuk destinasi idaman turis asing di dunia loh.

Selain itu, pemandangan alam di permukaan Raja Ampat pun amat sedap dipandang mata. Keindahan ini terpancar dari gugusan pulau-pulau atol yang hadir di tengah lautan berombak tenang dan jernih.


Hebatnya, Indonesia memiliki beberapa destinasi lainnya yang menawarkan pemandangan seperti yang ditawarkan Raja Ampat. Menariknya, destinasi wisata yang mirip Raja Ampat tersebut berada lebih dekat dengan Jakarta. Lalu, d mana sajakah lokasi ‘kembaran’ Raja Ampat itu berada? Simak ulasannya berikut ini:

Kepulauan Mandeh

Salah satu pantai di Mandeh (sumber: travelingyuk.com)
Wilayah yang berada di provinsi Sumatra Barat ini sering dijuluki ‘Raja Ampat Dari Sumbar’ oleh traveller yang pernah berkunjung kesana. Di sini, ada banyak pulau-pulau kecil yang nampak cantik saat dilihat dari ketinggian sehingga membuat kepulauan ini mendapatkan julukan tersebut. Bedanya, pulau-pulau di Mandeh memiliki ukuran yang lebih besar dan banyak pulau yang memiliki pantai, lengkap dengan pohon kelapa laiknya sebuah pulau tropis. Bahkan di beberapa pulau terdapat hutan mangrove yang cukup subur.

Kepulauan ini pun memiliki alam bawah laut yang cantik. Setidaknya, kepulauan Mandeh memiliki sekitar 8 titik penyelaman yang memesona. Bahkan penyelam pun dapat menemukan bangkai kapal Belanda di kedalaman 27 meter.

Selain menyelam, berbagai kegiatan menarik lainnya pun bisa dilakukan di kepulauan Mandeh. Di antaranya kamu bisa berjemur di pasir pantai yang eksotis, menaiki puncak Mandeh untuk melihan landscape yang mirip dengan pemandangan di Wayag, Raja Ampat, berkemah, hammocking, memancing, mengelilingi kepulauan Mandeh menggunakan kapal, cliff jumping, sampai menikmati sejuknya air terjun di Mandeh.

Penginapan paling terkenal di kepulau Mandeh adalah Cubadak Paradiso Village yang didirikan pada tahun 1992 oleh orang berkebangsaan Itali bernama Gianluiggi Casalegno. Penginapan inilah yang membuat kepulauan Mandeh dikenal dunia.

Kepulauan Sombori

Selfie dengan background Sombori (sumber: somboriisland.com)
Nama kepulauan Sombori mungkin masih terdengar asing di telinga kebanyakan traveller. Tapi kalau berkunjung kesana, kamu akan menemukan pemandangan yang terasa sudah tidak asing lagi.Hal ini karena kepulauan Sombori memiliki pemandangan yang terlihat persis seperti Raja Ampat di Papua Barat yang namanya sudah banyak terpampang di berbagai media pariwisata dunia.

Sejak memasuki wilayah kepulauan Sombori, kamu akan langsung disuguhkan gugusan pulau karang yang membuat lautan disekitarnya menjadi lebih tenang. Pemandangan seperti di Wayag, Raja Ampat ini bisa kamu temukan di puncak pulau Kayangaan. Untuk mencapai puncaknya, diperlukan tenaga lebih karena selain menanjak, jalur pendakiannya pun cukup licin dan terjal. Namun rasa lelah setelah melakukan pendakian akan berganti menjadi kepuasaan setelah melihat cantiknya landscape Sombori.

Kepulauan yang secara administratif berada di Morowali, Sulawesi Tengah ini juga tidak hanya menawarkan keindahan alam dari permukaan saja. Lautan Sombori juga memiliki hamparan hutan karang yang indah di dasarnya. Untuk menyelami alam bawah lautnya, kamu bisa berkunjung ke pulau Koko dan pulau Dua Laut dan melakukan diving atau snorkling di sana.

Untuk mencapai Sombori, kamu harus mencari penerbangan menuju Kendari di Sulawesi Tenggara yang dilanjutkan dengan perjalanan darat ke Kabupaten Konawe Utara sampai akhirnya kembali berlayar menuju Sombori.

Kepulauan Labengki

pemandangan Kepulauan Labengki (sumber: gocelebes.com)
Labengki adalah miniatur Raja Ampat lainnya di Sulawesi. Lokasinya berada di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Sama seperti kepulauan Sombori, Labengki juga bisa dicapai dengan melakukan penerbangan ke Kendari yang dilanjutkan dengan perjalanan darat menuju Konawe Utara.

Soal pemandangan, apa yang terdapat kepualauan Sombori pun bisa kamu temukan di sini. Ada kepulauan karang di permukaan, hutan karang di dasar laut, serta lautan yang tenang dan jernih. Namun, kepulauan Labengki memiliki satu ikon yang tidak dimiliki Sombori atau Raja Ampat sekalipun, yaitu sebuah teluk yang berbentuk menyerupai lambang hati saat dilihat dari ketinggian. Sesuai bentuknya, teluk tersebut dinamai Teluk Cinta. Teluk Cinta adalah destinasi favorit untuk berfoto. Bahkan, ada pasangan yang rela mendaki hanya untuk mendapat foto mesra dengan latar teluk berbentuk hati. Bentuk Hati pun akan semakin telihat sempurna jika dipotret menggunakan kamera drone.

Di kepulauan ini juga kamu bisa bercengkrama dengan masyarakat asli suku Bajo di sana. Mereka pun sangat ramah dengan wisatawan. Kamu bisa bermain, berenang, atau mencari ikan bersama mereka.

Menurutmu, sudah layak kah tempat-tempat tersebut dijuluki ‘Miniatur Raja Ampat’? Untuk membuktikannya, lebih baik datang langsung ke sana. Mengingat tempatnya yang terletak dekat dengan kota besar, maka tak akan terlalu sulit untuk mengunjunginya. Apalagi saat ini ada banyak pilihan pesawat murah yang bisa kamu pilih menuju Bandara terdekat dengan ketiga destinasi tersebut. Kamu pun bisa cari tiket murah di Reservasi.com jika ingin mendapatkan tiket pesawat dengan harga terbaik.

4 comments:

  1. baru tau Raja Ampat ternyata ada kembarannya..
    sama2 menakjubkan keindahannya ya mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba ternyata alam indonesia juga byk yg sekeren raja ampat

      Delete
  2. Ada satu lagi yang dibilang siy mirip Raja Ampat. Namanya Ulu Kasok di Kampar, Riau

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyakah mba. Wah jadi penasaran deh. Indahnya indonesiaku

      Delete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya, mohon tidak mencantumkan link hidup di kolom komentar ya. Salam Blogging!