09 August 2017

Cara Membuat Animasi GIF Sederhana dengan Aplikasi VideoShow


Graphics Interchange Format atau cukup disingkat GIF adalah format gambar bitmap yang dikembangkan oleh penulis perangkat lunak dari Amerika yaitu Steve Wilhite. Steve membuat format GIF saat bekerja di penyedia layanan buletin board CompuServe di 15 Juni 1987 dan sejak saat itulah GIF mulai digunakan secara luas di World Wide Web karena dukungan dan portabilitasnya yang luas.


Jika pernah melihat sejenis animasi sederhana di internet maka bisa saja itu dibuat dalam format GIF. Dibanding file video misalnya mp4/avi/flv, GIF bisa membuat gambar bergerak dengan ukuran file yang lebih kecil dan ringkas. Tentunya hal ini berguna saat harus mengupload animasi ke dalam situs atau blog. Dan kali ini saya pengen berbagi cara membuat gambar GIF dengan aplikasi android VideoShow.

VideoShow selama ini jadi aplikasi android favorit, alasannya bukan cuma karena bisa membuat video dari kumpulan foto, mengedit video yang sudah ada atau menggabungkan beberapa video tanpa watermark dan hasilnya pun oke punya. Tapi di menu aplikasi bagian bawah juga ada tools yang bisa menghasilkan gambar animasi sederhana berekstensi GIF.
Caranya:
  • Unduh videoshow kalau belum ada di smartphone adroidmu, lalu bukalah (instal yang reguler atau lite sama saja)
  • pilih menu GIF Maker


  •  Pilih sumber, dari video atau dari foto, disini saya pilih yang dari foto
  • Jika dari foto, pilih beberapa foto, lalu klik Start. Biasanya gambar yang dijadikan animasi GIF adalah gambar dalam frame yang sama dengan gerakan yang 'sealur' sehingga saat gambar-gambar itu disatukan dalam satu timeline akan terbentuk 'gerakan' yang diinginkan.
  • Jika sudah selesai save dengan klik tanda centang


Daripada bingung bisa dilihat contohnya seperti di bawah ini.

Semoga Bermanfaat

3 comments:

  1. Sip.. Nice tips.
    Terimakasih ya sudah berbagi :)

    ReplyDelete
  2. wah ingin coba, tapi ini handphone android ya, aku pakai ios nggk bisa kali ya

    ReplyDelete
  3. Lucu hasilnya ya mbak, pengen nyoba deh. Thank infonya :)

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya, mohon tidak mencantumkan link hidup di kolom komentar ya. Salam Blogging!