Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah Jenis Huruf (Font) Pada Body Blogspot

Blog adalah sebuah tempat berbagi yang idealnya berisi tulisan. Yah setidaknya sebagian besarnya adalah berupa kata-kata dan kalimat. Karena kalau terlalu banyak gambar bisa jadi orang mengira itu bukan blog tapi album foto. Sedangkan jika terlalu banyak tulisan tanpa foto juga bikin boring. Tapi intinya orang akan membaca kumpulan huruf yang memuat sebuah informasi dalam blog yang ia buka.

Oleh karena itu pemilihan huruf yang enak dilihat adalah hal yang penting untuk sebuah blog. Hanya saja orang juga punya selera masing-masing. Contoh kasus, kita ingin mengganti template blog karena cocok dengan desain dan layoutnya, tapi font default template tidak sesuai keinginan. Atau kita merasa sreg dengan font di blog seseorang sehingga ingin menerapkannya juga di blog yang kita miliki.

Untuk mengubahnya ada beberapa cara, dan di bawah ini saya mau berbagi mengubah font secara edit html.

Tahapannya:


  • Buka Theme - Edit Html
  • Sebelum mulai mengubah jenis huruf ada baiknya buat cadangan template dengan menyalin semua kode ke notepad dan simpan ke mode .xml
- Berikutnya ketahui dulu nama font yang akan diinstal pada template misalnya blog duniaqtoy ini mau dirubah fontnya seperti font di pekebundodol yang menggunakan open sans.
 
baca: Cara Mengetahui Jenis Font Suatu Blog

- Kemudian buka https://fonts.google.com/
- Cari font yang dimaksud, jika sudah ketemu, klik tanda plus yang ada di bagian kanan atas. Kode htmlnya akan masuk ke 'jendela' kecil yang biasanya ada dibagian bawah, kliklah tanda minusnya.
- Salinlah kode yang ada pada angka 1, kemudian tempatkan di bawah <head>. Tambahkan type='text/css'/ setelah stylesheet supaya tidak error saat menyimpan kode, sehingga nantinya akan seperti ini  
<link href="https://fonts.googleapis.com/css?family=Open+Sans" rel="stylesheet" type='text/css'/>>
-Berikutnya temukan kode body, copas kode no 2 untuk menggantikan font-family yang ada di template sebelumnya.

- Save Theme dan buka blog untuk melihat perubahannya.

Post a Comment for "Cara Mengubah Jenis Huruf (Font) Pada Body Blogspot"