Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pentingnya Https Blog dan Cara Migrasi Http ke Https di Blogspot

cara pasang ssl https

Dahulu kala di internet cuma situs-situs tertentu yang menggunakan https untuk mengamankan lalulintas para penggunanya, misalnya saja situs perbankan atau toko online, alasannya karena situs tersebut memiliki form yang menyimpan data user dan password.

Tapi sebenarnya Google sudah sejak lama juga memperhatikan soal https ini. Di 2014, Google mengetes apakah blog-blog yang sudah dipasang enkripsi https akan mempengaruhi algoritma mesin pencari saat mencari ranking terbaik (suatu artikel misalnya), dan hasilnya sangat positif, ternyata memang berpengaruh, meski konten juga ngga dikesampingkan.

Nah di September 2017, secara resmi Google sudah menerapkan aturan bahwa semua blog harus migrasi dari http ke https, yang jika tidak dilakukan maka konsekuensinya blog kita akan ditandai sebagai NOT SECURED.

Langkah Mengubah Http ke Https

Hmm, meski bahasan post kali ini keliatan berat, tapi percaya deh kalau kita mengaku blogger dan pengen terus maju sebaiknya ikutin aturan baru dari Google ini. Yang kalau diterapkan sebenarnya ga sulit. Apalagi blog yang sudah punya custom domain tapi tetap berplatform blogspot juga ga perlu pakai https dari pihak ketiga, karena blogspot sudah menyediakannya di setting. Dan di bawah ini saya uraikan langkah demi langkahnya:

1. login ke akun blogspot milikmu

2. ketik draft.blogger.com di addres bar

3. masuk ke settings - basic

4. di bagian HTTPS - HTTPS Availability pilih YES
cara ubah http ke https

5. kemudian halaman akan me-reload dengan sendirinya, tunggu beberapa saat, sekitar 5-10 menit agar warning Https Availability is being processed. Check back later hilang.

6. Jika sudah, reload lagi halamannya. Maka akan tampil pilihan HTTPS Redirect. Pilihlah YES. Ini berfungsi agar semua pengunjung blog akan otomatis dialihkan ke url yang sudah diset SSL.
cara ubah http ke https

7. Terakhir cek blog kita dengan mengetiknya di address bar browser. Akan terlihat icon gembok warna hijau di sebelah kiri yang berarti kita sukses memakai SSL di blogger custom domain. Hore!
contoh ssl https
gembok hijau bikin nyaman


Video Tutorial Cara Migrasi Http ke Https di Blogspot


Efek perubahan http ke https blog memang ada, tentunya dampak yang terjadi akan terbagi 2 yaitu efek positif dan negatif.

Positifnya:

  • Blog tidak akan ditandai not secured saat dibuka pengunjung.
  • Karena sudah secured maka blog menjadi terlihat lebih terpercaya di mata browser dan pengunjung karena tampak profesional.
  • Score SEO juga ikut meningkat karena ranking blog di mata Google dan search engine lain akan membaik. Secara tidak langsung hal ini bisa mempengaruhi skor DA MOZ juga (sumber https://www.sangfroidwebdesign.com/search-engine-optimization-seo/google-https-ranking/)
contoh blog belum https
contoh blog yang sudah ber-https tapi belum sepenuhnya secure

Negatifnya:

  • Selama masa peralihan dari http ke https sudah pasti traffic blog akan menurun karena sitemap akan berubah dan Google butuh waktu untuk mengindex ulang semua link.
  • Jika ada script atau gambar yang masih menggunakan http maka SSL ngga akan berjalan sempurna dan icon gembok hijau ngga akan muncul di page tertentu (biasanya blog yang berisi link affliate). Solusinya tinggal mengubah script atau tautan gambar tersebut ke https.


Nah, mungkin ada yang berpikir untuk ngga mengubah http ke https karena takut traffic bakal menurun? Tenang aja karena efek seperti itu cuma sementara. Tapi perubahan ini nantinya harus kita terapkan karena blog yang tidak migrasi sementara ini memang masih ditandai 'abu-abu' sebagai tanda 'tidak aman', yang nantinya bakal Google tandai 'merah' jika blog tetap kekeuh di http. Nah loh..

Jika ingin search engine cepat merayapi perubahan http ke httpsmu submit lagi aja sitemap ke Webmaster Tools

Baca Cara Submit Sitemap Ke Google Webmaster Tool

Nantinya tanda 'merah' pada blog bisa berakibat buruk juga seperti visitor yang lari karena menganggap blog kita sudah dihack. Dan oleh Google pun yang seharusnya bisa masuk page one tapi malah ditendang ke page entahlah T_T. Wah serem juga ya.


Update: Https blog/website sekarang sudah masuk dalam perhitungan indikator spamscore Moz.


Baca juga: Perbedaan Spamscore Moz Lama dan Moz Baru


Jadi gimana? Https-kan blogmu mulai sekarang ya!

6 comments for "Pentingnya Https Blog dan Cara Migrasi Http ke Https di Blogspot"

  1. Banyak orang beranggapan bahwa web dengan https itu lebih lambat dalam memuat laman karena adanya proses enkripsi dan tambahan komunikasi terkait validasi sertifikat SSL antara browser dan web server meskipun dari sisi keamanan lebih baik.

    Karena anggapan ini, masih banyak yang engan beralih atau migrasi ke https. Anggapan ini sebenarnya keliru. Https mempunyai performa lebih baik dibandingkan dengan http karena menggunakan teknologi http/2, sedangkan http menggunakan teknologi http/1.1 yang sudah tua. Https dapat memuat laman web jauh lebih cepat dibandingkan dengan http.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ada suhu mampir ke blog ini. Makasih gan ilmunya

      Delete
  2. Traffikku menurun, nggak tahu nih kapan pulihnya

    Trus artikel lama, url nya gimana mbak, mesti dilakukan langkah apa agar tetap masuk mesin pencarian Google?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Url ga akan berubah mba. Submit sitemap aja biar kecrawl lagi
      https://www.duniaqtoy.com/2018/04/cara-submit-sitemap-blogger-ke-google-webmaster-tool.html

      Delete
  3. Gan maksudnya yg ini apa ya?
    Jika ada script atau gambar yang masih menggunakan http maka SSL ngga akan berjalan sempurna dan icon gembok hijau ngga akan muncul di page tertentu (biasanya blog yang berisi link affliate). Solusinya tinggal merubah script atau tautan gambar tersebut ke https.

    Mohon bantuannya saya baru migrasi nih ke https, telat banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksdnya kl uda dihttpskan tapi ga keluar gembok ijo di browser. Artinya harus cek widget dan link yang ada di blog. Rubah link yg masi http ke https

      Delete