Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Bank Yang Membuka Tabungan Berjangka


Menabung itu penting! Biar kata sebulan cuma 50ribu misalnya, tapi kalau dikumpulin kan lumayan hasilnya setahun kemudian, apalagi 10 tahun kemudian, dan lebih baik daripada ngga nabung sama sekali. Begitulah prinsip saya soal menabung #eaaa.

Mungkin, bagi pribadi yang punya pekerjaan tetap mudah saja menyisihkan penghasilan untuk dimasukkan ke dalam rekening tabungan. Tapi dari pengalaman dan melihat kenyataan ya ga gitu juga sih. Banyak juga buktinya karyawan yang tidak punya simpanan dana sama sekali, meski mereka gajian tiap bulan. Terlebih buat mereka yang biasa bergaya hidup hedon konsumtif. Entah kemana saja itu duit.

Berkaca dari pengalaman dan pengamatan itulah, kemudian saya berpikir. Kalau yang dapat transferan tiap bulan saja bisa kehabisan uang, lha apalagi saya?

Saya hanyalah ibu rumah tangga yang nyambi ngeblog dan nge-freelance jadi mau ga mau harus pintar-pintar menyisihkan upah yang tidak pasti datangnya. Fyi, suami memang ada 😁, beliau pun berpenghasilan mapan, Tapi sebagai perempuan mandiri *ciee, saya sih tetap berprinsip harus punya tabungan pribadi, yang nantinya sewaktu-waktu bisa dipakai untuk kebutuhan tak terhindarkan misalnya biaya sekolah atau keinginan berlibur.

Kalau nabung secara konvensional misalnya masukin duit ke celengan, itu jelas sudah amat sangat ketinggalan zaman. Selain rawan dicutiki (diambil sewaktu-waktu), menyimpan celengan semacam itu sama sekali tidak aman dan beresiko. Pernah baca berita kan tentang uang celengan yang hancur dimakan rayap?

Itu makanya saya pilih menabung dalam bentuk tabungan berjangka. Ini adalah cara menabung yang 'sedikit' dipaksa namun sangat efektif untuk mengumpulkan dana.


Nah untuk mempermudah teman-teman yang mungkin ingin menabung dengan cara yang saya lakukan beberapa tahun ini, saya membuat daftar bank mana saja yang melayani tabungan berjangka.

1. BCA
Bank yang punya logo dominan biru ini menyediakan tabungan berjangka yang ditambah asuransi jiwa untuk kebutuhan personal. Di BCA membuka tabungan rencana hanya dalam mata uang Rupiah. Syarat lainnya:.
  •  (Sumber dana rekening Tahapan Berjangka bisa berasal dari Tahapan, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, atau Tapres BCA).
  •  Setoran bulanan mulai dari Rp. 500.000 per bulan (kelipatan Rp 50.000).
  •  Jangka waktu menabung minimal 12 bulan dan maksimal 240 bulan

2. Mandiri
Bank yang ada pita warna kuning di atas logo Mandiri-nya ini juga menyediakan tabungan berjangka dengan asuransi dari AXA Mandiri Financial Services. Untuk mata uang di Mandiri bisa membuka Tabungan Rencana dengan valuta Rupiah atau US Dollar.
  • Autodebet setoran bulanan dari rekening sumber dana
  • Setoran bulanan mulai dari Rp. 100.000 per bulan
  • Jangka waktu menabung minimal 1 tahun sampai dengan 20 tahun

3. BRI Syariah
Di bank BRI Syariah tabungan berjangka di sebut sebagai Tabungan Impian dengan akad Mudharabah Muthlaqah. Selain mendapat buku tabungan seperti biasa, pemilik tabungan impian juga mendapat sertifikat asuransi hingga Rp.750 juta.
  • Autodebet setoran bulanan dari rekening Tabungan Faedah Bri Syariah sebagai induk
  • Setoran bulanan minimum Rp. 50.000 per bulan dan kelipatannya
  • Jangka waktu 12 – 240 bulan (kelipatan 12 bulanan) atau hingga usia Penabung saat jatuh tempo maks. 65 tahun
  • Dapat dilakukan pemotongan zakat secara otomatis dari bagi hasil yang Anda dapatkan

4. Maybank
Disebut sebagai Tabungan MyPlan, Maybank memberikan pula fasilitas menabung berjangka yang dananya didebet dari tabungan utama yang sudah dimiliki di Maybank. Seperti bank lain, Maybank juga memberikan perlindungan asuransi kepada pembuka rekening jika tidak dapat melanjutkan setoran.
  • Setoran bulanan yang terjangkau, mulai dari Rp 100.000,-
  • Bunga yang kompetitif
  • Tersedia dalam mata uang USD

5. BRI
Bank Rakyat Indonesia punya tabungan berjangka yang akan memberi manfaat asuransi hingga 1 Miliar jika si pemilik rekening tidak bisa melanjutkan setorannya.
  • Minimum Rp 100.000 dan maksimum Rp 5.000.000,- (kelipatan Rp 50.000,- 
  • Jangka waktu menabung minimal 1 tahun sampai dengan 20 tahun
  • Laporan mutasi via email 

Dari daftar yang saya buat di atas, baru Tabungan Rencana Mandiri yang sudah saya coba. Boleh dibilang so far so good dan ketika saatnya jatuh tempo uang tabungan akan langsung dicairkan ke rekening induk. Sangat amat lumayan untuk memenuhi kebutuhan yang sudah direncanakan. Jadi mau ga mau memang harus dipaksa menabung supaya kita punya dana simpanan.

Semoga postingan ini bermanfaat!

2 comments for "Daftar Bank Yang Membuka Tabungan Berjangka"

  1. aku baru coba yang BCA nih Mbak, dan hasilnya emang kerasa banget, berasa dapet uang dadakan hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Bca mininalnya ga kuat aku mba. 500rb per bulan sih

      Delete