Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Semangat Sahur dan Berbuka ala Anak Kost

Tips Semangat Sahur dan Berbuka Ala Anak Kost


Assalamualaikum teman-teman. Bagaimana puasa yang telah berjalan di waktu lalu? Apakah dahulu puasanya selalu lancar? Semoga ga ada kendala ya dalam melaksanakan salah satu ibadah wajib umat muslim ini.

Tapi apakah ada yang kurang semangat saat harus bangun sahur atau menyiapkan berbuka? Mungkin kalau masih tinggal bareng orangtua atau sudah berkeluarga bisa jadi lebih semangat ketimbang kamu yang kudu ngekos atau tinggal jauh dari keluarga.

Saya pernah ngekos saat kuliah dan beberapa kali merasakan masa-masa puasa di kost. Memang terasa berbeda karena ga ada bapak ibu yang sigap membangunkan sahur. Tapi saya punya tips nih bagaimana tetap semangat saat harus sahur dan berbuka di perantauan.
 
💝 Rencanakan dan beli menu sahur & berbuka bersama teman
Meskipun tidak tinggal bersama orangtua, tapi di kost kan pasti ada teman-teman. Jalinlah hubungan baik dengan mereka karena mereka akan jadi keluargamu saat ramadhan. Dulu saat kuliah di Unnes saya sering merencanakan beli panganan sahur atau berbuka di warteg tertentu bersama anak-anak kost. Dan saat waktu sahur atau berbuka tiba, kami ramai-ramai menyerbu warung yang dimaksud.

💝 Saling Membangunkan Sahur
Saat kost saya hampir ga perlu menyalakan alarm untuk sahur karena selalu ada teman di kost yang rajin ketok pintu kamar untuk membangunkan kami saat waktu sahur tiba. Di saat si anak rajin ini lagi ga ada di rumah, saya gantian sama teman lain untuk pasang alarm dan ketok pintu sampai si pemilik kamar bangun dan nongol buka pintu. Kalau dia ga bangun gimana? Ya gedor terus sampai bangun, hehe.

💝 Menunggu adzan maghrib rame-rame
Nah pas menjelang waktu berbuka, setelah beli lauk biasanya kami duduk berjejer di ruang tivi menunggu adzan maghrib di televisi lokal. Saya masih ingat serunya ngobrol tentang kegiatan perkuliahan masing-masing dengan melirik isi piring teman lain. Kadang ada 'tragedi' comot-mencomot gorengan teman atau saling bertukar sayur dan lauk.

Kelihatannya simple ya tips di atas, tapi di zaman saya belum banyak hiburan dan jauh dari pusat keramaian jadi satu-satunya jalan supaya tetap semangat bangun sahur ya harus begitu. Nah kalau diantara teman-teman pembaca ada yang masih kost bisa dicontek ya tips semangat sahur ala duniaqtoy.

Post a Comment for "Tips Semangat Sahur dan Berbuka ala Anak Kost"