Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Funtalk Makin Menjual Lewat Media Sosial Bersama WIllGoz dan HomeCredit


Memulai buka usaha atau mempertahankan usaha yang sudah dirintis sejak lama memang tidak mudah. Terlebih lagi di era pandemi seperti sekarang ini, kita harus lebih kreatif dan lebih cerdas dalam mempromosikan dagangan yang kita miliki.

Sebenarnya buat yang masih berjualan secara konvensional alias menggelar lapak di sebuah tempat dan harus ketemu konsumen secara langsung gitu sah-sah aja dan ga ada yang melarang. Namun di era serba daring sekarang ini, sayang rasanya ga memanfaatkan teknologi dan perubahan gaya hidup pada masyarakat yang dominan banget menggunakan media sosial.

Nah, bicara tentang jualan lewat media sosial, kebetulan saya baru saja dapat bocoran ilmunya nih dari sumber yang kredibel yaitu William Gozali di acara “Makin Menjual Lewat Media Sosial”. Live di Instagram @homecreditid & @willgoz ini dselenggarakan pada hari Rabu 30 September 2020 pukul 19.00 WIB.

Fun Talk #AyoMajuBersama IG Live @homecreditid @willgoz

Kenalan dulu dengan William Gozali Yuk!

Buat teman-teman yang belum mengenal cowok banyak tato di badannya ini, kenalan yuk sama dia. Adalah William Gozali atau akrab dengan nama pendeknya WillGoz merupakan juara MasterChef Indonesia 3. Usai memenangkan kontes memasak tersebut, ia melanjutkan pendidikan di Le Cordon Bleu, Australia. Selama 1,5 tahun, Willgoz berhasil mendapatkan gelar Diplome de Cuisine untuk jurusan Cooking and Related Culinary Arts.

Selepas itu WillGoz bekerja menjadi konsultan di bidang restoran dan juga membuka channel Youtubenya sendiri bernama WillGoz Kitchen. Subscribernya kini telah melewati 1 juta subscirber lho. Makanya ga salah kan HomeCredit mendapuknya jadi narsum terpercaya yang berbicara tentang usaha (kuliner) dan seluk beluknya. Meski ilmunya sebenarnya bisa diterapkan di jenis usaha lainnya.

Nah di FunTalk kemarin, saya menangkap beberapa poin penting yang harus diterapkan ketika menjual produk di media sosial, yaitu:

1. Produk tetap yang utama

Maksudnya bila menjual sebuah produk berupa makanan/ minuman, hal paling penting yang harus diperhatikan sudah pasti soal rasa. Kan ga mungkin dong berani menjual produk yang ga oke ke konsumen.

Kemudian setelah yakin dengan rasa, kita bisa mulai menentukan harga berdasarkan porsi dan packaging.

Untuk produk makanan beku, pastikan produk tersebut tetap dalam kondisi baik sesuai klaim. Misalnya setelah disimpan dalam jangka waktu tertentu apakah produk tetap aman dan layak dikonsumsi.

2. Promosi yang tepat

Bila produk sudah bisa dipertanggungjawabkan untuk dilempar ke pasaran, mulailah memikirkan promosi yang tepat. Promosi melalui media sosial bisa didelegasikan ke para selebtwit, influencer, youtuber atau para blogger. Namun penting juga mengecek apakah para influencer teresebut sesuai dengan produk yang akan kita pasarkan supaya target marketnya pun tepat sasaran.

WillGoz menganjurkan pengusaha pemula berpromosi melalui IG Ads atau Fb Ads karena menurutnya kedua jasa promosi tersebut cukup terjangkau dengan hasil yang sebanding. IG dan Fb Ads juga menyediakan hasil analitik yang bisa dicermati untuk keperluan promosi selanjutnya.

Supaya IG Ads dan Fb Ads efektif WillGoz memberi bocoran bahwa foto produk harus terlihat natural tapi pilih hasil yang terbaik. Produk juga harus real dengan yang sebenarnya dijual/ sesuai realita. Untuk caption gunakan story telling/soft selling.

Oiya, untuk usaha kuliner rumahan justru menurutnya hindari membuka tenant di aplikasi ojek yang sedang marak karena fee yang harus dibayarkan cukup besar yaitu 20%. Kalau mau nekat sih gapapa asal dipertimbangkan harga jualnya dan keuntungannya masih masuk.


3. Inovasi juga menentukan

Untuk bisa bersaing di dunia marketing 4.0 penting juga berinovasi. Tapi WillGoz berkata inovasinya harus masuk akal. Maksudnya jangan semata-mata ingin produk cepat dikenal lalu bikin produk yang 'kelewat' inovatif . Mungkin saja akan laris di awal karena banyak yang penasaran, tapi setelah itu langsung drop. Nah sebaiknya jangan gitu karena harus memperhatikan juga kelangsungan usaha jangka panjangnya.


SESI QUIZ YANG SUPER SERU

Rupanya live Instagram bersama WillGoz dan kak Bernard ga berhenti di sesi sharing saja tapi setelah itu lanjut ke sesi Quiz tebak-tebakan makanan viral. Kalau ga salah ada 8 gambar yang harus peserta Ig live tebak supaya dapat kesempatan memenangkan hadiah voucher belanja sebesar 200 ribu rupiah. Wah mau banget dong.


Sayangnya meski sudah berkali-kali nebak dengan kecepatan superman, saya belum beruntung kali ini, hiks hiks. Padahal rasanya udah cepat banget deh ngetiknya, hahaha.

Ya sudahlah gapapa, besok di Live IG Home Credit Indonesia selanjutnya makanya harus ikutan lagi nih supaya beruntung jadi salah satu pemenang. 

Yuk teman-teman yang ingin ikutan menimba ilmu bersama Home Credit, seru-seruan bareng tebak-tebakan gercep dan sekaligus dapat info-info lainnya bisa follow instagram @homecreditid yang bercentang biru ya.\Semoga bermanfaat 😀

2 comments for "Funtalk Makin Menjual Lewat Media Sosial Bersama WIllGoz dan HomeCredit"

  1. Bener juga ya mba, tips dari Willgoz bisa diterapkan pada usaha lain gak hanya untuk kuliner.

    Nah kemarin jawabnya sepertinya udah cepet tapi yang lain lebih cepat lagi, wkwkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya aku terutama setuju soal jualan di marketplace krn emang feenya lbh kecil

      Delete

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!