> Kontribusi Astra Turut Mencetak Generasi Berkualitas Pembangun Bangsa - Dunia Qtoy

Kontribusi Astra Turut Mencetak Generasi Berkualitas Pembangun Bangsa


sumber astra.co.id

'Wah anaknya bu A, hebat banget ketrima di Astra', itulah cerita ibu yang kuingat betul saat beliau pulang dari arisan di komplek. Akupun bertanya, kenapa bisa disebut hebat bu, bukankah hanya diterima kerja suatu perusahaan. Kemudian ibu pun menjelaskan, bahwa untuk diterima sebagai bagian dari Astra, anak bu A harus berada di peringkat tertentu selama ia menempuh pendidikan di STM, artinya Astra hanya memilih orang-orang terbaik bukan asal bisa bekerja. Dan itulah awal kekagumanku terhadap Astra.

Astra yang dulu kukenal sebagai mata orang awam hanya soal bisnis otomotifnya dan Astra Otoparts, ternyata memiliki 7 diversifikasi bidang usaha yaitu Otomotif, Jasa Keuangan, Alat Berat dan Pertambangan, Agribisnis, Infrastruktur dan Logistik, Teknologi Informasi dan Properti. Dengan bisnis yang beragam, Astra juga telah menyentuh berbagai aspek kehidupan bangsa melalui produk dan layanan yang dihasilkan.

sumber astra.co.id
Sudah seharusnya sebuah perusahaan tidak hanya bergerak mencari keuntungan, namun juga harus memberikan timbal balik bagi sekitarnya. Karena hal itulah yang akan membuatnya tetap bertahan serta makin dicintai masyarakat.

Demikianlah Astra mampu bertahan selama 60 tahun, pastinya bukan rentang waktu yang sebentar saja sekaligus bukti Astra tidak hanya sebuah bisnis yang mencari profit semata, namun juga memikirkan dan bertindak nyata bagaimana berkontribusi membangun bangsa, yang sesuai dengan semangat 'Berbagi Inspirasi Membangun Bangsa'.

Astra International memiliki berbagai yayasan, dan lewat salah satunya yaitu Yayasan Astra Honda Motor (YAHM), Astra telah mendukung kehidupan masyarakat di bidang pendidikan dan sosial. Contohnya adalah program pemberian beasiswa bagi siswa prasejahtera dan pembangunan fasilitas pendukung untuk institusi pendidikan, program edukasi masyarakat tentang keselamatan di jalan, program pelestarian lingkungan hidup serta kegiatan amal untuk berbagai aktivitas sosial dan budaya, termasuk bencana alam.

Dalam hal program edukasi masyarakat tentang keselamatan di jalan, pendidikan Safety Riding Campaign juga menjadi agenda Astra, karena Astra percaya keselamatan berlalu lintas adalah tanggung jawab semua elemen dan atas keprihatinan tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia yang dipengaruhi gaya berkendara serta pengguna kendaraan yang mengabaikan keselamatan dirinya dan orang di sekitarnya.

Program Safety Riding Campaign tersebut pernah direalisasikan salah satunya dengan mencetak 100 ribu buku saku tentang Tertib, Aman dan Selamat Bersepeda Motor di Jalan kemudian dibagikan ke pengendara sepeda motor, pelajar dan sekolah, kepolisian, pemerintah dan komunitas sepeda motor.

Kampanye Safety Riding juga merangkul generasi muda dan para guru seperti yang pernah YAHM lakukan di SMA Setu Bekasi dan di Karawang pada 2016 lalu. Materi safety riding AHM diberikan secara menyenangkan diantaranya adalah praktek berkendara secara langsung, seminar, games, pemberian guidance book, penggunaan alat simulasi Honda Riding Trainer (HRT), hingga pemilihan duta safety riding.

Apa yang dilakukan Astra sebagai tanggung jawab moral perusahaan ini diharapkan akan tercipta pula generasi yang berkualitas, tangguh dan bertanggungjawab sehingga dapat membantu pembangunan bangsa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Kontribusi Astra Turut Mencetak Generasi Berkualitas Pembangun Bangsa"

  1. Aku dlu pngen bgt kerja di astra, sayang gak lolos. Salut pd astra yg peduli trhadap safety reading.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah ya mba tes dan syaratnya. Kl lolos jadinya keren

      Delete
  2. Dulu aku pernah kerja di astra, dan memang astra sangat peduli sama karyawan dan lingkungan.. sebagai wujud baktinya sama indonesia. Dan ga cuma di bidang otomotif aja tapi juga bidang agro, perbankan, asuransi, dll. Seneng pernah jadi bagian dari mereka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hooh, banyak ternyata usaha dan kontribusinya. Keren

      Delete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel