Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ide Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan


Bulan puasa adalah waktu yang tepat untuk melipatgandakan pahala dengan melakukan perbuatan baik. Saat puasa, tidur saja ada pahalanya jika tidurnya digunakan untuk menghindari perbuatan buruk misalnya berghibah dengan tetangga. Walaupun baik, bukan berarti saat puasa kita bisa tidur terus ya teman, bukan gitu lho konsepnya.

Esensi puasa adalah menahan hawa nafsu dan tentunya agar keimanan dan ketakwaan kita sebagai umat muslim dapat lebih baik dan meningkat.

Untuk meningkatkan iman dan takwa itulah perlu memperbaiki Hablumminallah dan Hablumminannas salah satunya dengan melakukan kegiatan sosial di bulan Ramadhan.

5 ide kegiatan sosial yang bisa kita lakukan di bulan Ramadhan

1. Mengajar ngaji

Bersedekah tidak selalu dan tidak harus dengan uang tapi boleh juga pakai ilmu. Misalnya mengajar anak-anak mengaji wah itu Insyaallah sangat amat membantu anak-anak yang belum lancar mengaji. Oiya, jika anak-anak di lingkungan sekitar kiranya sudah ada guru ngaji, mungkin teman-teman bisa mengajar mengaji bagi mereka yang berusia dewasa atau juga para lansia.


2. Menyampaikan kisah-kisah nabi di TPA

Selain mengaji, berderma sosial juga bisa dilakukan dengan menyampaikan cerita dan kisah-kisah teladan dari para nabi dan rasul. Untuk yang satu ini bisa menembusi pengurus TPA ya teman. Pasti anak-anak senang apalagi jika kisah para nabi dan rasul disampaikan dengan cara dan alat peraga yang kreatif.


3. Mencuci mukena dan peralatan shalat lainnya secara GRATIS

Di mushola atau masjid biasanya ada mukena dan peralatan shalat lainnya yang diperuntukkan bagi para jamaah. Tak jarang kita mendapati peralatan tersebut berbau kurang sedap atau terdapat noda-noda dan bercak-bercak. Nah, gimana kalau kita beri bantuan untuk sukarela mencucikan atau membawa peralatan shalat tersebut ke laundry agar kembali bersih dan nyaman digunakan.


4. Mengunjungi panti asuhan dan panti wreda

Yang satu ini jamak dilakukan ketika bulan puasa yaitu mengunjungi panti asuhan namun untuk panti wreda sepertinya tidak begitu banyak. Nah teman-teman bisa mengatur kunjungan ke salah satu atau kedua jenis panti dengan membawa kebutuhan yang diperlukan para penghuni panti misalnya sembako, alat mandi, perlengkapan sekolah bila ke panti asuhan. Sedangkan jika ke panti wreda selain sembako mungkin teman-teman bisa bertanya kepada pengelola terlebih dahulu.


5. Berbagi takjil gratis

Memberikan makanan kepada orang yang sedang berpuasa juga dapat menambah pahala. Untuk kegiatan ini teman-teman bisa menyumbang takjil gratis dan menitipkannya di masjid terdekat atau bisa juga langsung membagikan di pinggir jalan.

Post a Comment for "Ide Kegiatan Sosial di Bulan Ramadan"