Daftar Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang - Dunia Qtoy

12 October 2017

Daftar Hobi yang Bisa Menghasilkan Uang


Nek jaman mbiyen, hobi cuma untuk pelarian dari rutinitas semata dan kebanyakan menghabiskan duit yang susah payah dikumpulkan dari kerja formal. Tapi jaman saiki, ooh itu sudah basi jeng. Hobi apapun itu (tapi yang positif) bisa banget untuk menghasilkan uang. Apa sajakah hobi yang berpeluang menghasilkan duit dan kalau dilakukan sepenuh hati serta telaten penghasilannya bisa melebih gaji karyawan biasa? Cekidot ya
  • Traveling
Hobi dengan dunia traveling? Suka jalan-jalan ke berbagai tempat wisata di dalam negeri dan luar negeri? Gapapalah asal punya dana sendiri bukan hasil ngutang teman seperti traveler cantik yang pernah heboh beberapa waktu lalu atau seperti duo first travel yang dari uang jamaah itu, duh jangan ya!

Dari tempat-tempat yang didatangi saat traveling buatlah catatan lalu tuliskan di blog atau unggah berupa video di youtube jika tidak suka menulis. Semakin banyak tempat yang didatangi maka semakin banyak pula postingan dan video kamu. Siapa tau kamu beruntung diajak kerjasama travel company atau industri pariwisata lainnya yang melirik blog/channelmu untuk menikmati perjalanan gratis dan bentuk kompensasi lainnya. Atau bisa jadi kamu tertarik membuka jasa travel & tour sendiri.
  • Menggambar
Hobi menggambar itu punya peluang usaha yang luas banget. Ga kudu ah jadi pelukis, tapi bisa aja menjual jasa atau hasil karya sebagai desainer freelance. Lebih bagus lagi kalau menguasai desain grafis, jadi bisa buka usaha desain kaos, cetak undangan, pamflet, poster, baliho, dan lainnya. 
  • Foto dan Videografi
Di jaman millenial dimana semua generasi sudah kena virus foto-foto dan selfi, kamu yang hobi jeprat-jepret bisa lho memanfaatkan kamera DSLR untuk menambah uang saku. Seperti jadi fotografer prewed, acara keluarga atau event tertentu, dan bisa menjual karya fotomu di website khusus foto yang disediakan gratis. Bisa juga menjadi partner youtube yang sudah jelas menghasilkan banyak youtuber keren berpenghasilan fantastis.
  • Memasak
Biasanya nih kaum hawa banyak yang hobi memasak. Tapi ga tertutup buat para lelaki untuk punya hobi yang sama. Nyatanya chef kenamaan di dunia kebanyakan malah para pria. Mungkin dari kesukaanmu memasak dan mengolah bahan makanan bisa menjadi jalan membuka usaha catering, rumah makan atau restoran.
  • Berkebun
Gemar menanam bunga, sayur atau tanaman lain juga bisa dikembangkan menjadi ladang penghasilan. Misalnya menjual benih/ bibit tanaman atau hasil kebun sendiri. Atau jika kamu memang hobi merawat kebun bisa lho buka toko yang menyediakan alat-alat berkebun sekaligus jadi konsultan kebun dan taman.
  • Kerajinan tangan
Siapa yang senang membuat produk kerajinan tangan sendiri? Ternyata peluang jadi bisnisnya cukup besar loh. Bisa dari merajut, kreasi kain perca, mengolah koran, botol bekas dan barang tidak terpakai lainnya. Kan lumayan tuh selain ikut berpartisipasi mengurasi sampah dan mendaur ulang, kamu bisa mendapat penghasilan juga.
  • Memelihara hewan peliharaan
Penggemar dan pemilik hewan peliharaan seperti burung, kucing atau anjing pasti benar-benar merawat dan makin lama makin paham cara memelihara hewan yang mereka miliki. Maka peluang punya hewan peliharaan adalah jual beli pakan dan segala kebutuhan hewan tersebut.

💟 Nah, dari sekian daftar hobi yang bisa menghasilkan uang, manakah yang masuk dalam hobimu? Kalo saya sih hampir semua alias hobi serabutan. Dan dari hobi apapun, semuanya bisa jadi duit, bisa jadi blogger atau youtuber. 

Sekarang ini saya sedang konsisten menggarap blog gado-gado lifestyle ini, karena sebagian besar jobnya bisa digarap dari rumah (sembari momong bocah). Alhamdulillah ada saja rejeki tawaran/kesempatan kerjasama yang menghasilkan fee berupa uang, voucher belanja, kesempatan makan/menginap gratis serta ketemu banyak orang hebat di luar sana, seperti mba Arina dan mba Ika Puspita dua mommy blogger kece yang sering menang lomba blog *mupeng deh. So jangan meremehkan blogger ya, kalau sudah jadi buzzer, penuh deh tuh timeline 😎😙😋. 
Anyway thanks sudah mampir, semoga postingan ini menginspirasi ya..

6 comments:

  1. Agree, passion kl ditekuni insyAllah menghasilkan ya mb..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan bikin hidup lebih hidup krn dilakukan dengan senang mba

      Delete
  2. Hihi...hobi2 itu bisa menghasilkan semua tuuh. Hobi kalo ditekuni juga bisa menghasilkan kok...
    Makasih ya mbak Un, udah ngeramein arisan tema ini

    ReplyDelete
  3. Travelling! Itu aja kok an ya masuk dengan kriteriaku. Hahaha. Sayang slma ini lom pernah bijin videonya. Jadi melek mata nih. Kapan2 mli bikin video kl lagi travelling ah. Thx mba

    ReplyDelete
  4. Traveling, masak sama bikin kerajinan tangan termasuk salah tiga hobiku mbak :)

    ReplyDelete
  5. Siapa mbak, traveller cantik yang ngutang, kepo nih karena kudet banget aku

    Sekarang malah dari hobi jadi profesi ya, mba.. kalo anak-anak menekuni hobinya harus didukung. Siapa tahu rejekinya dari hobi itu, aamiin

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!