Must Read for Couple, Kenali Anyang-anyangan dan Infeksi Saluran Kemih - Dunia Qtoy

Breaking

11 November 2016

Must Read for Couple, Kenali Anyang-anyangan dan Infeksi Saluran Kemih

Lama ga update postingan karena kesibukan (sok sibuk sih sebenernya), kali ini saya pengen berbagi hal yang ga kalah penting buat calon pengantin, wanita secara khusus tapi pria juga harus ikut waspada, soalnya siapa aja bisa kena penyakit yang satu ini. Apa sih emangnya?

Namanya anyang-anyangan! Pas ngobrolin kata anyang-anyangan sama temen, eh ada juga yang ga paham. Dia pikir artinya tawar menawar. Duh sis, kalo itu mah mengenyang (bahasa jawa yang artinya nego atau menawar). Nah yang mau saya bicarakan ini adalah salah satu gejala yang bisa muncul pada seseorang jika terkena infeksi saluran kemih.

Pasti banyak yang masih salah kaprah soal infeksi saluran kemih/ kencing ini. AudiCubi juga dulu gitu, dikiranya hanya perempuan yang udah pernah berhubungan seksual aja yang bisa kena. Padahal NO, penyakit ini bisa menyerang bahkan anak balita sampai wanita yang sudah menopause, karena penyebabnya adalah bakteri E.Coli. Nah loh, berarti kita sebagai perempuan kudu ati-ati supaya ga terkena penyakit ini ya. Lebih lanjut soal anyang-anyangan dan infeksi saluran kencing simak penjelasan di bawah ini ya.

Kenali anyang-anyangan dan ISK dulu yuk

Saya sendiri pernah mengalami rasa ga nyaman di perut bagian bawah, dan rasanya pengen buang air kecil terus menerus, tapiii kok yang dikeluarkan sedikit-sedikit. Ternyata itulah anyang-anyangan, dan meski tampak sepele, ga boleh dibiarkan begitu saja loh. Ada pula tanda-tanda lain anyang-anyang karena infeksi saluran kencing yaitu:

-nyeri pada panggul (wanita)

-nyeri pada anus (pria)

-demam

-urine berbau menyengat atau tampak ada darah

-merasa lelah dan kurang sehat

-sakit atau nyeri saat buang air kecil

Tuh kan penjelasan di atas adalah bukti bahwa pria juga bisa terkena anyang-anyang dan infeksi saluran kencing, tapi resiko lebih besar terjadi pada wanita karena:

  • Jarak uretra atau saluran kemih ke anus pada perempuan lebih dekat ketimbang pria
  • Kelalaian para wanita menjaga organ intimnya
Jadi untuk calon pengantin, yuk saling mengingatkan supaya ga Cuma jaga kecantikan luar tapi juga rawat kesehatan dan organ intim. Jangan sampai dong anyang-anyangan pas pesta pernikahan atau saat bulan madu. Duuh!

Cara menjaga supaya ga kena ISK

  • Minum air putih yang cukup
  • Basuh organ intim dengan gerakan dari depan ke belakang, bukan sebaliknya karena kotoran dari anus bisa masuk ke vagina
  • Ganti celana dalam secara teratur
  • Jangan gunakan celana dalam ketat terlalu sering
  • Mandi dengan bersih
  • Jangan menahan buang air kecil
  • Bawa air bersih sendiri/ ambil air dari keran jika terpaksa menggunakan toilet umum yang kurang bersih
  • Rajin mengkonsumsi cranberry

Cranberry kan susah dicari di Indonesia min!

Betul banget, memang cranberry tuh bukan buah asli Indonesia, tapi sekarang apa sih yang ga tersedia, termasuk ekstrak cranberry yang bisa kita beli dalam bentuk serbuk di produk Uricran yang sudah tersedia di apotik. Jadi tinggal minum sesuai cara penggunaan dan dosis, maka kita bisa terjaga dari serangan infeksi saluran kemih dan anyang-anyangan. Tapi tentunya dengan perlakuan pencegahan yang lain ya yang sudah audicubi sebut di artikel.

Ekstrak buah Cranberry yang kaya akan proantocyanidin untuk mencegah bakteri E.Coli menempel pada saluran kemih, sehingga E coli akan dikeluarkan lewat air seni saat kita buang air kecil.

Nah itulah info kesehatan buat para calon mempelai yang penting banget untuk diingat dan diterapkan segera, biar acaramu dari tunangan, lamaran, sampai resepsi dan honeymoon berjalan dengan lancar.

See you next time

No comments:

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!