Penuhi Gizi Harian dengan Piring Gizi Seimbang So Good


Makan, adalah salah satu kebutuhan manusia untuk menunjang kehidupannya. Tapi berapa banyak orang yang makan dengan baik di jaman sekarang? Khususnya untuk kaum yang menyebut dirinya modern, yang lebih banyak menghabiskan waktunya di luar rumah sehingga kesulitan mendapatkan asupan seimbang.

Padahal saya percaya, setiap makanan bisa menjadi obat dan bisa menjadi racun, tergantung pada cara kita mengolah dan mengkonsumsi si bahan makanan tersebut. Dan tidaklah baik kekurangan apalagi kelebihan makan. Yang paling sip ya seimbang.

Kenyataannya menyiapkan makanan dengan menu piring gizi seimbang itu gampang-gampang susah ya mom? Tiap hari mikirin menu kok bikin kepala pusing tujuh keliling. Padahal kalau punya anak apalagi yang berusia bayi dan balita harus lebih perhatian sama urusan nutrisi. Pemerintah pun juga sedang gencar menanamkan gizi seimbang kepada masyarakat supaya ga ada anak Indonesia yang terkena stunting, karena negara ini masuk ranking ke-5 di dunia, duh prestasi yang tidak bisa dibanggakan. BTW, apakah arti stunting.

Stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan makanan yang tidak sesuai kebutuhan gizi dalam waktu lama. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia dua tahun.

Maka dari itu penting kan mom untuk menghadirkan piring gizi seimbang dalam makanan si kecil dan keluarga setiap hari. Ga perlu dengan menu yang harus serba ribet menyiapkannya, yang gampang-gampang aja juga ga masalah. Atau kalau mau lebih simple, selalu sedia bahan makanan yang bisa disimpan dalam kulkas, seperti produk-produk olahan So Good.

Kenapa So Good?

- Pertama, So Good sudah mendapat sertifikasi halal MUI. Bagi umat muslim ini hal yang teramat penting ya mom. Makanan enak dan halal pasti kalau masuk badan jadi berkah juga.
- Kedua, So Good punya banyak varian. Pokoknya tinggal pilih, ada nugget, sosis, ayam siap masak, bahkan ayam potong juga ada.
- Ketiga, rasanya enak dengan mutu terjamin. Produk So Good selalu saya sediakan di kulkas karena si kecil doyan banget, katanya enak. Tapi bagi saya tentu bukan cuma urusan rasa, namun kehigienisan dan mutu yang terjamin yang menjadi pilihan.


Menyiapkan menu gizi seimbang ga harus repot


Kata siapa membuat makanan dengan menu gizi seimbang harus rumit? Kan tidak harus mewah apalagi seperti selalu masak ala chef. Bagi saya yang penting pedoman gizi seimbang harus terpenuhi. Ada beberapa unsur dalam nutrisi gizi seimbang yang harus dipenuhi yaitu:

1. Karbohidrat
Tubuh kita memerlukan sumber energi yang didapat dari karbohidrat. Tidak harus melulu nasi ya mom, karbohidrat bisa didapatkan dari kentang, singkong, ubi atau roti.
2. Protein
Protein sangat penting sebagai zat utama dalam pembentukan dan pertumbuhan jaringan tubuh. Ada 2 jenis protein yaitu protein hewani dan protein nabati. Yang hewani bisa diperoleh dari telur, daging, susu, keju, ayam. Untuk protein nabati bisa berasal dari kacang-kacangan, biji-bijian, gandum dll.
3. Lemak
Lemak juga menjadi sumber energi bagi tubuh selain karbohidrat. Makanan sumber lemak bisa didapat dari daging, telur, ikan, minyak jagung, dll.
4. Vitamin
Kebutuhan vitamin untuk tubuh kita sebenarnya tidak banyak, tapi kita tetap harus memenuhinya karena diperlukan dalam pertumbuhan, kekebalan tubuh, dan reproduksi. Vitamin dapat ditemukan dalam berbagai bahan makanan seperti sayuran dan buah-buahan.
5. Mineral
Kalsium, besi, iodin, magnesium adalah beberapa jenis mineral yang diperlukan tubuh. Mineral berfungsi sebagai bahan pembentuk berbagai jaringan tubuh, misalnya kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi dan iodin
berfungsi mengatur laju metabolisme. Bila kita kekurangan mineral, tubuh dapat menderita penyakit defisiensi.
6. Air
Tubuh manusia mengandung air sekitar 60% – 65% dari berat tubuh. Oleh karena itu manusia membutuhkan air sebagai medium untuk mengangkut nutrisi ke berbagai jaringan tubuh, mengangkut sisa metabolisme keluar tubuh, dan sebagai pelarut senyawa-senyawa lainnya. Air dapat diperoleh langsung dengan meminum air atau dari mengkonsumsi buah atau sayuran.


Nasi Putih + Nugget Dino Saus Manis+ Wortel Brokoli tumis baput+ Buah Ape
Bahan:
- nugget dino So Good
- brokoli
- wortel
- bawang putih
- merica
- garam

Cara membuat:
1. Goreng Nugget Dino So Good sesuai kebutuhan. Letakkan di piring
2. Panaskan mentega, tumis bawang putih cincang hingga harum. Lalu masukkan wortel, beri sedikit air. Masak hingga wortel menjadi empuk, kemudian masukkan brokoli. Beri garam dan merica secukupnya. Setelah matang letakkan di piring.
Memang sederhana ya mom menu yang saya buat di atas, tapi ternyata sudah memenuhi piring gizi seimbang loh. Karbohidrat didapat dari nasi putih, protein dari nugget dino So Good, sayurannya dari brokoli & wortel dan buahnya dari 2 potong apel fuji. Saya pilih apel sebagai pelengkap asupan vitamin dan mineral karena apel jenis inilah yang disukai si kecil. Menu seperti in mudah menyiapkan dan bisa dibuat dengan cepat.

Oiya, biasakan konsumsi buahnya sebelum makan ya, supaya nutrisinya diserap dengan baik oleh tubuh kita. Dan jangan lupa berdoa dulu sebelum makan 😉.

Artikel ini diikutsertakan pada Lomba Blog Kreasi Menu Piring Gizi Seimbang bersama So Good dan Blogger Perempuan Network. 
#BPNXSoGoodPiringGiziSeimbang

Referensi
  • http://sogood.id/apa-itu-gizi-seimbang

0 Response to "Penuhi Gizi Harian dengan Piring Gizi Seimbang So Good"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel