> Pentingnya Memasang Label di Blog Post - Dunia Qtoy

Pentingnya Memasang Label di Blog Post

Cara Memasang Label di Blogspot dan Apa Pentingnya Label Blogpost


Halo teman-teman duniaqtoy, kali ini saya mau berbagi sedikit tips sepele nih buat para pengguna blogspot. Saya sebut sepele karena memang langkahnya mudah dan sederhana, tapi dari pengalaman saya blogwalking ke blog berplatform blogspot, hal ini sangat membantu visitor menjelajah isi blog itu sendiri.

Jika di blog berbasis wordpress, setiap membuat draft postingan, akan nampak panduan yang memudahkan si pengguna menulis artikel dengan baik hingga artikel itu siap publish. Misalnya dari jumlah kata, keyword dan tags. Tapi kemudahan itu sayangnya ga bisa kita temui pada blogspot.

Di blogspot saat menulis artikel, orang pada umumnya hanya melengkapi unsur judul dan mengisi bagian draft dengan tulisan dan gambar.

Kemudian, umumnya pengguna pemula blogspot dan kadang pengguna lama pun lupa bahwa ada tools blogspot yang disediakan di sidebar sebelah kanan untuk mengoptimasi artikel.

Padahal tools-tools tersebut bukanlah pajangan aja, melainkan harus diisi/ dirubah sesuai kebutuhan isi artikel itu sendiri.

Tapi di sini saya ga akan membahas semua tool yang ada. Hanya 1 alat yang akan kita kupas yaitu LABELS.


Cara membuat label post tentunya mudah, yaitu cukup menulis atau memilih label yang sudah pernah ditulis sebelumnya, jangan lupa klik Done supaya label tersimpan. Tiap post bisa memiliki 1 atau lebih dari 1 label. Jika ingin lebih dari 1 cukup gunakan koma untuk menambahkan atau klik dari label yang tersedia. Hal ini bisa dilakukan sebelum atau setelah selesai menulis post.

Meskipun mudah, memasang label memiliki beberapa kegunaan pada artikel maupun blog itu sendiri, yaitu:

  • Menandai konten artikel

Pada blog gado-gado seperti duniaqtoy ini label sangat penting menandai artikel sesuai konten yang kemudian memudahkan pengkategorian dengan artikel lain.


  • Mempermudah navigasi konten

Setelah dikategorikan, label bisa dipasang pada widget di sidebar. Jadi pengunjung yang datang ke blog bisa melihat apa saja topik yang ada di dalam blog tersebut.

Di blog yang membahas campur aduk alias  blog gado-gado misalnya menamai label dengan kategori Kesehatan, Keuangan, Teknologi.

Blog berniche tunggal alias 1 niche pun tetap kudu diberi label lho. Contohnya food blog bisa saja mengelompokkan tulisan sesuai jenis makanan atau kota asal makanan.


Ga cuma di widget, label juga bisa dipasang pada menu utama blog yang biasanya ada di bagian atas template.

Demikian tulisan tentang cara memasang dan pentingnya Label pada blogpost. Dengan adanya Label diharapkan visitor yang tertarik membaca konten di blog kita lebih mudah menjelajah isi blog dan memudahkan kita sendiri mencari post ketika membuat internal link.

Semoga postingan ini bermanfaat 😊.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pentingnya Memasang Label di Blog Post"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel