10 Search Engine Paling Populer di Dunia


Search Engine atau yang bahasa Indonesianya Mesin Telusur Web adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian terhadap berkas-berkas yang tersimpan dalam www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer server dalam suatu jaringan.

Duh opo kuwi rek, aku rak mudeng 😁. Deskripsinya kok bikin kepala pening ya. Tapi ya gitulah deskripsi yang diambil dari wikipedia. Bahasa sederhananya sih gini, inti dari search engine adalah sebuah mesin pencari di jaringan internet untuk menelusuri kata kunci sesuai yang diketik oleh pengguna.

Trus kalau bicara soal Search Engine pasti yang pertama kali teringat di benak kita adalah 'simbah' Google. Padahal selain Google ada buanyak lho ya. Makanya nih kali ini DuniaQtoy pengen bikin daftar 10 Mesin Penelusuran paling populer di Dunia. Simak yuk.


Inilah 10 Search Engine Paling Populer di Dunia: 

1. Google

Search engine paling populer di dunia yang satu ini memang ga perlu diragukan lagi. Di Indonesia sendiri kayaknya semua orang yang melek internet pasti tau dan pasti pakai Google saat butuh melakukan pencarian di internet.

Dan kenyataannya Google masih menduduki peringkat pertama secara global. Bukan hanya mendominasi penelusuran via desktop tapi Google juga memenangkan posisi search engine di platform mobile atau perangkat seluler, bahkan hingga 93% lho. 

2. Bing


Bing menjadi search engine kedua yang paling populer setelah Google. Mesin penelusuran website buatan Microsoft ini sejak lama ingin menggantikan posisi Google sebagai yang terkuat. Sayangnya Bing sendiri belum berhasil meyakinkan pengguna tentang hasil penelusuran yang mereka hasilkan apakah bisa lebih baik daripada Google atau tidak. 

3. Yahoo


Sejak Oktober 2011 Yahoo Search ditopang oleh Bing. Meski Yahoo Messenger sudah resmi 'dikubur' tetapi layanan penyedia email milik Yahoo masih sangat populer di dunia dan menduduki peringkat 4 dalam mesin pencarian.

4. Ask.com


Sebelumnya dikenal sebagai Ask Jeeves, Ask.com menerima sekitar 0,05% dari pangsa pencarian. Berbeda dari search engine lainnya, Ask.com didasarkan pada format pertanyaan / jawaban di mana sebagian besar pertanyaan dijawab oleh pengguna lain atau dalam bentuk jajak pendapat.

5. AOL.com


Aol.com memiliki pangsa pencarian sebesar 0,04% di dunia. Jaringan AOL mencakup banyak situs web populer seperti engadget.com, techchrunch.com, dan huffingtonpost.com.

6. Baidu


Baidu berdiri pada tahun 2000 dan menjadi search engine paling populer di China. Pangsa pasarnya terus meningkat dan menurut Wikipedia Baidu telah menerima permintaan pencarian hingga milyaran kali per bulan.

7. Wolframalpha


Wolframalpha berbeda dengan semua mesin pencari lainnya. Mereka memasarkannya sebagai Computational Knowledge Engine yang dapat memberi fakta dan data untuk sejumlah topik. Wolframalpha  dapat melakukan berbagai macam perhitungan, misalnya jika kita memasukkan "hipotek 2000" sebagai masukan, ia akan menghitung jumlah pinjaman kita, bunga yang dibayarkan, dll (hasil berdasarkan asumsi)

8. DuckDuckGo


DuckDuckGo memiliki sejumlah kelebihan dibanding mesin pencari lainnya. Yaitu tampilan antarmuka (interface) yang bersih, tidak melacak pengguna, tidak penuh dengan iklan dan memiliki sejumlah fitur yang sangat bagus (hanya satu halaman hasil).

Para ahli pun yakin bahwa beberapa fitur duckduckgo akan digunakan oleh mesin pencari lain dan dengan beberapa pendanaan yang tepat, duckduckgo dapat memperoleh pangsa pasar mesin pencari yang layak.


9. Internet Archive


Archive.org adalah mesin pencari arsip internet. Teman-teman dapat menggunakannya untuk mencari tahu bagaimana situs web terlihat sejak tahun 1996. Ini adalah alat yang sangat berguna jika teman-teman ingin melacak sejarah domain dan memeriksa bagaimana hal itu telah berubah selama bertahun-tahun.


10. Yandex.ru


Menurut Alexa, Yandex.ru adalah salah satu dari 30 situs web paling populer di Internet dengan posisi peringkat 4 dalam bahasa Rusia. Yandex menampilkan diri sebagai perusahaan teknologi yang membangun produk dan layanan cerdas yang didukung oleh pembelajaran mesin.

Menurut Wikipedia, Yandex mengoperasikan mesin pencari terbesar di Rusia dengan sekitar 65% pangsa pasar di negara itu. Jadi di Rusia Yandex bisa jadi lebih populer dari Google.

---
Jadi, jika teman-teman mencari jawaban dari pertanyaan "Apa mesin telusur terbaik?"
Teman-teman akan mendapatkan jawaban bahwa Google adalah mesin telusur terbaik dan paling populer dan Bing ada di posisi kedua (di tingkat global).

Daftar di atas adalah 10 mesin pencari terbaik dan terpopuler di Internet saat ini. Daftar ini tidak berarti lengkap dan pasti akan banyak lagi yang akan dibuat di masa mendatang tetapi sejauh menyangkut tempat-tempat pertama, Google dan Bing masih memegang posisi teratas.

Semoga artikel ini bermanfaat!

2 Responses to "10 Search Engine Paling Populer di Dunia"

  1. tetep di Indonesia google paling laku ya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Uda mendarah daging banget emang si simbah google

      Delete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel