Cara Sederhana Memperbaiki Your Connection is Not Private Error di Chrome


Teman-teman pernah ga lagi pengen browsing dan blogwalking, eh pas buka blog/ situs orang lain kok ada peringatan di layar browser.

“Your connection is not private. Attackers might be trying to steal your information”

a

Kalau yang dibuka situs/ blog orang lain sih biasanya langsung kita close ya. Lah tapi gimana kasusnya kalau ternyata hal ini terjadi pas kita buka blog sendiri. Pasti bikin kaget dan bingung kan.

Tapi, jangan keburu panik dulu, cobalah atasi dengan langkah berikut:

1. Memperbaiki pengaturan tanggal dan jam yang ada di komputer/ handphone

Bisa jadi peringatan yang muncul karena setting waktu seperti tanggal dan jam tidak sesuai atau tidak benar. Hal ini umumnya terjadi saat peralatan yang digunakan untuk mengakses internet adalah dari komputer atau laptop yang baterainya udah soak jadi gabisa menyimpan informasi pengaturan jam.

Kalau ini penyebabnya maka kita harus update date & time sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

2. Menghapus Browsing Data

Browser yang sudah terlalu lama dipakai dan terlalu banyak menyimpan data saat penjelajahan juga berpotensi menimbulkan error dan peringatan "your connection is not private".

Jadi hapus terlebih dulu dengan klik Clear Browsing Data yang bisa diakses dari Setting di Chrome.
Bila sudah dilakukan coba restart terlebih dahulu Chrome sebelum mulai membuka situs lagi.

3. Buka Blog Tersebut di Incognito Mode

Di Chrome cobalah buka situs atau blog tersebut dalam Incognito Mode. Jika tidak ada masalah dan blog bisa dibuka maka kemungkinan penyebabnya adalah soal ekstensi yang menghalangi akses. Maka cara mengeceknya ketik 'chrome://extensions/' (tanpa tanda petik). Kemudian cek kira-kira teman-teman memasang ekstensi apa yang bisa mengganggu aktivitas browsing. Misalnya saja ekstensi anti malware dan sejenisnya (itu contoh aja ya). Maka cobalah untuk menonaktifkan ekstensi tersebut.

4. Mengubah Pengaturan Antivirus

Dalam beberapa kasus, masalah ini dapat disebabkan oleh program antivirus yang terlalu sensitif. Jika teman-teman yakin bahwa situs/ blog yang akan dikunjungi bebas dari kemungkinan malware, virus atau spam, maka teman-teman bisa mengubah beberapa pengaturan/ menonaktifkan sementara program antivirus yang ada di komputer.

5. Proceed Anyway

Yang terakhir ini dilakukan jika cara-cara di atas sudah tidak berhasil dan memang teman-teman yakin blog atau situs yang dituju bebas dari malware dan sebagainya. Jadi klik saja untuk lanjut atau PROCEED ANYWAY.

Dan bila masih gagal juga, mungkin bisa dicoba tes menggunakan browser lain seperti Opera atau Mozilla.

Semoga postingan ini bermanfaat 😃!

0 Response to "Cara Sederhana Memperbaiki Your Connection is Not Private Error di Chrome"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel