Daftar Situs Penyedia Template/Theme Blogspot Gratis


Template blog adalah salah satu hal yang membuat tampilan blog menjadi lebih enak dipandang dan membuat para pengunjung menjadi betah berlama-lama di blog milik kita.

Dan sekarang di luar sana ada banyak sekali pilihan template blog baik untuk platform wordpress ataupun platform blogspot. Ada yang mengharuskan kita membayar setiap templatenya, tapi banyak juga yang menyediakan gratis, yang tentunya harus memberi footer credit kepada si pembuat template.

Kalau teman-teman berniat membeli template memang itu lebih baik, karena biasanya ada support dari si pembuat theme jika ada error atau kesulitan, meski yah kadang supportnya terbatas waktu.

Template blogger yang premium alias berbayar biasanya dibanderol dengan harga 50ribu -150ribu per lisensi download (tanpa diinstalkan ke blog ya). Tapi ada juga loh yang berani pasang tarif lebih mahal dari itu. Yah memang itu suka-suka si pemilik template sih. Karena membuat template memang butuh waktu, dan ga semudah coret-coret di tembok tetangga 😁.

Eits tapi jangan khawatir untuk yang masih keberatan membeli sebuah template, karena ada juga situs yang menyediakan 'kostum blog' ini dan memperbolehkan kita mengunduhnya secara gretong alias gratisan.

Dan inilah daftar situs penyedia template blogspot gratis yang jadi favorit dan rujukan duniaqtoy.


1. Gooyabi Templates


Situs Gooyabi sering jadi incaran pertama saya saat ingin mencari template blogger baru. Tampilan website Gooyabi sendiri terlihat segar dengan wallpaper berwarna biru.

Di homepage kita bisa melihat screenshot template-template baru yang dikumpulkan Gooyabi. Dan di Gooyabi kita bisa sortir template berdasarkan beberapa kategori.

Misalnya jika kita buka menu Style, akan ada sub kategori pilihan template berdasarkan tampilan magazine, minimalist, clean, simple, elegant, wordpress theme look, dll. Sedangkan di menu by Features ada pilihan: aocial bookmark ready, seo ready, ads ready, slideshow, dll.

Selain by Style dan by Features, ada juga by Columns, by Topics dan by Sidebar.

2. Sora Templates


Tampilan website Sora Templates sama sekali ga neko-neko alias sederhana banget sehingga halamannya bisa termuat sempurna dengan cepat. Untuk cek koleksi templatenya juga mudah tinggal lihat di per halaman. Setiap halamannya memuat sekitar 8 template. Sayangnya saking simplenya website yang satu ini bikin kita ga bisa melihat template berdasarkan kategori seperti milik Gooyabi.

3. Way2Themes

Salah satu favorit saya nih buat cari template yang tampilannya responsive, seo ready dan umumnya bergaya clean. Way2Themes pas lah buat rujukan para travel dan lifestyle blogger. Eh tapi pemilik niche blog lainnya juga sah-sah aja kok kalo mau adopsi.

4. Template Clue

Template Clue belum punya banyak koleksi, pas terakhir saya kunjungi baru ada 30an template. Meski ga banyak tapi hasil karyanya termasuk bagus-bagus, keren dan dominan bergaya mirip template wordpress gitu. Cocok banget diterapkan ke blog yang punya genre lifestyle, food, travel, dan fotografi.

5. ThemExpose

Buatan themexpose juga cakep-cakep dan rata-rata bergaya minimalis serta clean. Bikin blog jadi enak dipandang dan dijelajahi pokoknya. Tapi ada sedikit kekurangan di bagian frame komen yang kalau dipasang bakal keluar tulisan 'load more'. Selain itu sih semuanya oke. Kalau ada teman-teman yang suka template buatan themexpose dan ga keberatan sedikit kekurangan tersebut ga masalah sih pasang templatenya.

Kelebihan dan Kekurangan Template Gratis

Kelebihan mengunduh template untuk blog secara gratisan yang paling utama tentu soal ga mengeluarkan uang. Apalagi kalau kita hobi banget ganti-ganti template blog. Kan ya sayang kalau setiap ganti kudu beli lagi beli lagi.

Tapi download template gratisan juga punya kekurangan yaitu:

  • Ga bisa menghapus footer credit.

Footer Credit biasanya diletakkan di bagian 'kaki' atau bagian paling bawah sebuah template. Fungsinya adalah sebagai 'cap' pembuat template. Footer Credit memang bisa saja dihapus kalau mengerti soal coding dan css tapi saya sih ga menyarankan karena itu sama saja dengan ga menghargai hasil karya orang lain.

  • Ga dapat support dari pembuat template.

Biasanya jika kita membeli sebuah template, si pihak pembuatnya akan bertanggung jawab kalau ada hal yang ga sesuai saat kita instal template tersebut ke blog. Misalnya, slider yang ga berfungsi, atau kenapa google analytic ga membaca data visitor blog.

  • Script yang terenkripsi

Pada template gratisan, script yang ada biasanya masih terenkripsi. Hal ini bertujuan untuk melindungi hak cipta si pembuat template.

  • Tidak Dapat Update

Karena gratisan, maka kita ga akan dapat update saat si pembuatnya rilis versi terbaru. Biasanya author template akan terus memperbaiki bug dan menyempurnakan template bikinannya. Dan itu hanya didapatkan kalau kita membeli template tersebut.

Oke, sekian daftar situs penyedia template gratisan yang bisa teman-teman kunjungi untuk melihat-lihat koleksinya beserta paparan kekurangan dan kelebihan menggunakan template gratisan.

Semoga Bermanfaat!

11 Responses to "Daftar Situs Penyedia Template/Theme Blogspot Gratis"

  1. Aku termasuk pelangganmu...mba.
    Puasss bgt

    ReplyDelete
  2. Aku juga padamuuuu mbaaUn..the best😍

    ReplyDelete
  3. Ahhh saya pengen beli template nih, kalau yang gratisan sudah berkali-kali nyoba tapi ga asyik, akhirnya balik lagi ke template bawaan hahaha :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kalo uda sreg lebih baik beli mba biar makin mantap betul

      Delete
  4. Mbaa, yang Gooyabi susah dibuka yaa live previewnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl susah coba digugling nama templatenya mba nanti cek dari website lain. Itu memang dipakin frame sama gooyabi

      Delete
  5. Eh lihat template gini jadi tergoda ganti lagi, hahahaa...

    Makasih udah mempercantik tampilan blogku ya mba Untari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hoo mba. Kadang kalo ada template baru aq juga pengen ganti. Tp ga bagus juga kl keseringan diganti

      Delete
  6. wah banyak juga ya alternatif template gratis. pingin sih ganti template tapi masih maju mundur nih ... hihihi..

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel