5 Tips Menghindari Maag A la DuniaQtoy


Sekitar beberapa minggu yang lalu saya mengalami sakit perut yang luar biasa menyakitkan. Rasanya hampir mirip maag, tapi kalau maag kan seperti ada gas di dalam lambung. Nah kalo ini yang cekit-cekit lebih ke ususnya.

Efeknya, makan jadi ga enak, kepala pusing dan migren, mudah mual dan muntah, dan yang paling ga nyaman adalah badan terasa lemes banget.

Sempat curiga apakah lagi hamil. Tapi ternyata engga 😭. Tebak-tebakan mungkin kena tipes juga rasanya bukan. Kalau tipes badan biasanya demam sampai 38͒ dan tulang rasanya ngilu. Akhirnya daripada tambah parah saya pun minta berobat ke dokter langganan di Ungaran.

Sampai di sana diberi obat 3 macam, salah satunya berupa antibiotik. Nah biasanya setelah ikhtiar berobat sama dokter yang ini saya bisa sembuh tapi sampai obat habis kok masih terasa lemas, meski sakit di perut sudah lumayan menghilang. Kalau disuruh balik lagi males deh, selain jauh, saya ga mau dikasi antibiotik lagi.

Akhirnya demi kesembuhan, saya pun mengubah pola makan dan minum air berPH 8+. Sekitar beberapa hari dilakukan, alhamdulillah ada perubahan yang cukup ngefek. Badan ga lagi lemas dan pusing berkurang.

Semenjak itu saya bertekad ga mau kena maag lagi atau apapun itu yang berhubungan dengan sakit perut gara-gara ulah sendiri.

Dan inilah tipsnya menghindari maag ala Duniaqtoy

1. Hindari Makanan Pedas dan Asam
Setiap orang punya daya tahan tubuh yang berbeda, ada yang kuat makan cabe berpuluh-puluh atau sambel 1 centong. Tapi sekuat apapun lebih baik gunakan prinsip 'jangan berlebihan'. Sekarang saya berusaha banget menghindari makanan pedas dan asam. Saat badan terasa fit saya berani untuk colek sambal yang tidak terlalu pedas dalam jumlah sedikit. Tapi kalau asam masih belum berani karena lebih cepat terasa di perut.

2. Jangan Lupakan Sarapan
Terbiasa melewatkan makan pagi ternyata salah. Ga perlu sarapan pake menu lengkap kok. Sesuaikan aja sama mood. Kadang di pagi hari kan kita merasa malas makan. Kalau ga selera dengan nasi ya bisa ganti roti, sereal atau grain bar. Setidaknya ada kalori yang masuk ke perut dan asam lambung tidak meningkat apalagi kalau harus menghadapi hari yang berat.

3. Pola Makan Makanan Bergizi dan Berserat
Saya akui susah banget untuk makan makanan yang beneran. Di sini maksudnya makanan yang punya nilai gizi kaya serat ya. Apalagi kalau pekerjaan sudah menumpuk atau lagi PMS, rasanya pengen oder online 1 paket fast food ukuran besar.

Sesekali ya gapapa, tapi kalau tiap hari, bisa berabe buat tubuh dan dompet 😓. Selain lemak menumpuk, usus jadi ga terbiasa mengolah serat. Jadi jangan heran yang kena maag ga selalu orang berbadan kurus, tapi yang gemuk pun bisa.


4. Atasi Mual dengan Minum Teh Jahe atau Teh Chammomile
 
Penderita maag pasti sering mengalami mual yang bener-bener ga nyaman. Nah daripada buru-buru minum obat, saya sekarang memilih bikin teh jahe yang cukup meredakan rasa mual. Sambil minum teh jahe hangat biasanya saya sambil ngemil biskuit. Dan cara ini cukup ampuh loh. Selain teh jahe, bisa juga pakai teh chamomile.

5. Tidur yang cukup
Begadang jangan begadang kata bang Rhoma itu bener, apalagi tiada gunanya. Eh tapi gimana kalo lagi dikejar deadline, ya terkadang harus begadang juga. Padahal kurang tidur adalah salah satu penyebab asam lambung jadi kacau loh. Jadi kalau memang mau begadang jangan kebangetan lah. Atau usahakan istirahat sebentar di siang hari atau bangun lebih pagi supaya jam alami tubuh ga terganggu.

Demikian tips menghindari maag ala duniaqtoy dari pengalaman pribadi.

Semoga bermanfaat!

0 Response to "5 Tips Menghindari Maag A la DuniaQtoy"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Menarik Lainnya