5 Jenis Wisata yang ada di Semarang, No 4 Paling Asyik


Menjejakkan kaki di Semarang kedua kalinya di tahun 2003 untuk menempuh pendidikan, siapa nyana saya bakalan jadi warga negara di sini. Eh...eh sory, Semarang masih berupa kota bukan negara kok ya, apalagi berupa planet seperti Bekasi, hehe.

Dulu karena saya tergolong mahasiswa kere dan kos di gunung, sementara turun ke kota hanya bisa sebulan sekali, maka saya tak tahu banyak soal wisata Semarang. Kecuali pantai Marina yang pernah saya datangi, itu juga diajak pacar #eh.

Sekarang setelah menyandang katepe Semarang, saya sadar ada banyak wisata yang sangat bisa dioptimalkan supaya wisatawan lokal dan mancanegara makin banyak dan beramai-ramai dolan ke kota Atlas ini.

Ibarat paket maka Semarang adalah paket komplit dalam hal wisata, karena setidaknya ada 5 jenis wisata yang bisa dinikmati, yaitu:

1. Wisata Sejarah dan Budaya



Gara-gara sebuah tayangan berburu penampakan di televisi nasional, ikon sejarah dan budaya di kota Semarang yang paling terkenal sekarang adalah Lawang Sewu, padahal selain itu masih banyak bangunan (seram) lain yang bisa dikunjungi.

Misalnya di kota lama Semarang, kita dapat melihat bangunan-bangunan tua yang dulunya milik Oei Tiong Ham si Raja Gula Asia. Beberapa bangunan tersebut ada yang sudah disulap menjadi lebih indah dan bersih sehingga tidak terlalu kelihatan mengerikan. Namun ada juga yang masih asli dan menyisakan pesona mistis seram-seram sedap.

Nah jika tertarik tapi ragu menyusuri keindahan Kota Lama sendirian, kita bisa menyewa private walking tour yang sudah sangat berpengalaman mengajak jalan-jalan sambil menyajikan cerita dan sejarah yang memikat.

Baca Kisah: Jelajah Semarang Bersama Bersukaria Walking Tour

2. Wisata Alam

Bukan hanya gedung-gedung bersejarah saja yang ada di Semarang, tapi wisata alam juga hadir dan siap dinikmati. Sebut saja hutan bakau di Grand Maerakaca, bercengkerama dengan kuda di Nirwana Stable, merasakan desir angin di Pantai Marina, atau berenang di Umbul Sidomukti.

Komplit kan Semarang, kita mau ke lari ke pantai bisa, trus belok ke hutan, lalu naik ke gunung juga oke. Wqwqwq.

3. Wisata Belanja
sumber IDNTimes
Berjalan-jalan tentu ga afdol tanpa shopping dong. Banyak tempat rekomendasi yang bisa wisatawan kunjungi untuk memuaskan hasrat belanja selama di Semarang. Paling terkenal tentu di Simpang Lima yang kebanyakan berisi Modern Outlet atau Mall.

Kalau bosen ngemall dan pengen belanja batik misalnya, kamu bisa datang ke Kampung Batik Semarang atau Kampoeng Semarang sekaligus belajar membatik disana.

4. Wisata Kuliner
Bicara kuliner, Semarang ga kalah femes dengan kota lain. Sudah pernah cicip uniknya makan lunpia dengan daun bawang dan acar? Atau kamu suka dengan manisnya rasa wingko babat?

Oke itu hanya cemilan yang bisa jadi oleh-oleh. Kalau teman-teman kepengen makanan yang lebih berat di Semarang bisa mampir untuk sarapan atau makan siang di Soto Pak Man, dan makan malam Tahu Gimbal yang banyak dijajakan di pujasera sekitar Taman Indonesia Kaya daerah Mugassari.

5. Wisata Transportasi


Sudah puas shopping dan kenyang kulineran? Maka esoknya kamu bisa keliling Semarang dengan wisata transportasinya yang dinamai Si Kenang.

Si Kenang adalah bus warna merah yang memiliki rute melewati wisata kota Semarang dan bisa digunakan dengan gratis oleh siapa saja hanya dengan menukarkan KTP untuk mendapatkan tiket naik bus. Jangan khawatir KTP tentunya bisa diminta lagi jika selesai tour.


Itulah 5 Jenis Wisata di Semarang yang bisa jadi rujukan teman-teman atau info bagi siapa aja yang akan melancong ke Semarang.

Semoga bermanfaat!

Blogpost Parade 4th Gandjel Rel dan #BlogChallengeGandjelRel pekan pertama dengan tema Ayo ke Semarang.

7 Responses to "5 Jenis Wisata yang ada di Semarang, No 4 Paling Asyik"

  1. Belum pernah nyoba naik bus tingkat nih, dulu udah mau naik, eh telat, tiket dah ludesss.

    ReplyDelete
  2. Semarang selalu ngangenin yo Mba Unt, apa-apa semuanya ada komplit dan lengkap

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah naik bus wisata, wisata Semarang pun belum didatengin semuanya, baru beberapa aja, hehe

    ReplyDelete
  4. Udah berapa x pengen naik bus kenang tp selalu kehabisan tiket hiks

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Menarik Lainnya