Inilah 5 Wisata Tegal yang Keren dan bikin Malas Pulang


Sebagai destinasi wisata, Tegal memang belum sepopuler wisata yang ada di Yogya atau Malang. Tapi kota yang terkenal dengan warung makannya ini juga woth it untuk dikunjung lho.

Ada berbagai daya tarik wisata yang bisa kita sambangi di Tegal mulai dari wisata alam, wisata kuliner hingga wisata buatan. Bahkan ada lokasi yang digunakan sebagai latar belakang syuting sebuah sinetron loh.

Simak yuk datar 5 wisata Tegal yang keren dan bikin malas pulang di bawah ini:

1. Curug Cantel Bumijawa

dari instagram @mz_uid34

Curug Cantel Bumijawa memiliki ketinggian lebih dari 60 meter. Percikan air di lokasi wisata air terjun ini super menyegarkan. Ditambah lagi dengan pemandangan alam nan hijau di sekitarnya. Bahkan sepanjang perjalanan menuju ke lokasi wisata, kamu akan menemui rute tracking dengan suguhan pemandangan yang menyejukkan mata. Mulai dari perkebunan, hamparan sawah hingga sungai kecil yang harus kamu sebrangi.

Ada hal yang menarik dari curug yang satu ini yaitu cerita mitosnya. Konon siapa saja yang membasuh wajah di sini akan dimudahkan dalam mendapatkan jodoh. Kamu jomblo mau membuktikannya?

Untuk bisa sampai di Curug Cantel, kamu bisa menuju ke Bumijawa. Dari jalur ini, kamu akan menemukan pertigaan Talang. Kemudian arahkan kendaraanmu ke kiri melalui Jalan Wredameta dan menuju ke Desa Batumirah-Stimapog. Sampai di perempatan Mentik, lanjutkan perjalanan ke Desa Kalipedes. Dari sini, bertanyalah pada warga sekitar tentang letak Curug Cantel.

Lokasi: Jalan Raya Kalipedes, Desa Sigedong, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah Jam buka: Setiap hari selama 24 jam
Tiket masuk: Lima belas ribu rupiah

2. Jembatan Gantung Danawarih

jejakpiknik.com

Jembatan Gantung Danawarih sudah berdiri sejak 1992 silam. Jembatan yang panjangnya 273 meter dan lebar satu meter ini memang sudah berdiri selama puluhan tahun, tapi jembatan ini tetap kuat dan bertahan. Bahkan kini semakin terlihat cantik dengan adanya renovasi.

Menariknya lagi, tempat ini juga menjadi salah satu lokasi syuting dari sinetron komedi Tanah Air "Tukang Ojek Pengkolan". Nggak heran kalau akhir-akhir ini Jembatan Gantung Danawarih semakin populer.

Selain berfungsi sebagai jalur penghubung, tentunya jembatan ini juga instagenik banget. Jadi siapkan saja outfit dan kamera terbaikmu kalau ke sini. Tempat wisata gratis ini pun bisa kamu tempuh dari pusat Kota Tegal yang dilanjutkan ke pemandian Guci. Ikuti terus jalan utamanya menuju Rumah Makan dan Pemancingan Bukit Sitanjung. Berikutnya kamu bisa bertanya pada penduduk setempat jika takut tersesat.

Lokasi: Desa Danawarih, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari selama 24 jam
Tiket masuk: -

3. Bukit Goa Lawa Tegal

sumber liburmulu.com

Lanjut ke kawasan Balapulang. Di sini ada kawasan bukit batu yang bertumpuk-tumpuk dan tersusun secara alami. Meski terbilang ekstrem dengan penampakan puncaknya yang menjulang, tapi kamu bisa mendapatkan foto dengan latar pemandangan alam Tegal nan eksotis. Oya, selain itu, ada sejumlah spot bagus di sisi tebing yang nggak kalah instagenik.

Namun, namanya juga tebing alami, kamu juga harus tetap waspada saat berada di sini. Terutama di musim hujan karena batu yang ada di wisata ini lebih licin.

Untuk bisa sampai ke Bukit Goa Lawa, kamu bisa menuju ke area Pabrik Gula Jatibarang. Dari sini, ambil arah ke selatan menuju Desa Balapulang Selatan hingga tiba di SMAN 1 Balapulang. terus ke arah timur hingga menemui pertigaan menuju Desa Batuagung dan sampai di lapangan. Sekitar 200 meter terdapat papan petunjuk Musholla Baitul Atiq. Beloklah sampai menemukan TPQ Al-Hikmah. Dari sini, kamu juga masih harus mengikuti jalan sampai menemui kebun tebu. Perjalanan belum berhenti karena masih harus jalan kaki kurang lebih selama 25 menit hingga akhirnya tiba di Bukit Goa Lawa.

Dari pabrik gula Jatibarang menuju ke selatan ke arah Desa Balapulang Selatan hingga sampai ke SMAN 1 Balapulang. Selanjutnya ikuti petunjuk arah menuju lokasi.

Lokasi: Desa Harjawinangun, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah
Jam buka: Setiap hari mulai pukul 07.40-17.00 WIB
Tiket masuk: Lima ribu rupiah

4. Rita Park Tegal


Selain menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan, Tegal juga ada taman hiburan dengan wahana seru. Rita Park namanya. Disebut sebagai Mini Dufan Jawa Tengah, Rita Park menawarkan beragam wisata yang bisa kamu nikmati bersama orang tersayang. Misalnya saja seperti: Bom Bom Car, Cinema 5D, Circle 360 Circus Travel, Rumah Hantu, Rodeo Space Shuffle, dan lain sebagainya.

Bukan hanya menawarkan permainan yang seru, di sini juga terdapat miniatur menara Eiffel dan beberapa spot yang instagenik banget.

Beragam fasilitas juga ada di sini. Misalnya saja seperti toilet maupun tempat makan. Karena tempat ini sangat populer, jadi nggak perlu khawatir tersesat kalau ingin ke sini. Terlebih lagi lokasinya juga satu komplek dengan Rita Supermall.

Lokasi: Jalan Kolonel Soegiono No.155, Pesurungan Kidul, Tegal Baru, Kota Tegal, Jawa Tengah Jam buka: Senin-Jumat (11.00-20.00 WIB); Sabtu (11.00-21.00); Minggu (09.30-21.00) Tiket masuk: Dua puluh lima ribu rupiah; Setiap wahana dikenakan biaya antara sepuluh ribu sampai lima belas ribu rupiah

5. Curug Jejeg 


Wisata air terjun satu ini punya daya tarik tersendiri. Selain tempatnya yang masih asri, Curug Jejeg punya bebatuan yang memungkinkanmu duduk sambil menikmati gemercik air dari atas bukit.

Aliran air terjun yang tingginya mencapai 22 meter ini nggak terlalu deras ketika musim kemarau. Tapi kalau musim hujan ya tentunya cukup deras.

Curug ini pun punya 3 tingkatan dengan kolam alami yang nggak terlalu dalam. Jadi kamu bisa sekalian bermain air atau hanya hunting foto di sekitar wisata air terjun ini.

Kalau ingin berenang bisa si,  tapi tetap ekstra hati-hati ya!

Untuk bisa sampai ke Curug Jejeg, bisa pilih jalur via Bumijawa. Dari pertigaan Tuwel, ambil arah kanan menuju ke Desa Muncanglarang-Jejeg. Jalan terus ke arah barat hingga menemui SMPN 1 Bumijawa hingga Desa Muncanglarang. Sebelum gerbang Desa Jejeg, ada jembatan untuk parkir motor. Jalanlah ke arah selatan dengan melawan arus Kali Sier. Nggak sampai 10 menit, kamu pun akan tiba di Curug Jejeg.

Lokasi: Desa Jejeg, Kecamatan Bumijawa, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah
Jam buka: - Tiket masuk:
Lima ribu rupiah


Yak, itulah beberapa wisata Tegal yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi dengan beraneka ragam tema mulai dari tema alam hingga taman hiburan. Semoga bisa menjadi rujukan saat kamu jalan-jalan ke Tegal ya.

Semoga postingan ini bermanfaat!

0 Response to "Inilah 5 Wisata Tegal yang Keren dan bikin Malas Pulang"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Menarik Lainnya