Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mudahnya Pesan Tiket Kereta Api Online via Aplikasi PegiPegi, Begini Tutorialnya

Kereta api zaman now udah enak banget! Itulah pengalaman yang saya rasakan saat naik kereta api dari Purwokerto menuju Semarang sekitar 2 tahun lalu. Duh, ternyata udah lama bener ya 😁...

Kembali ke cerita pengalaman, pokoknya naik kereta sekarang berbeda banget dengan pengalaman saya naik kereta zaman dulu, kalau di masa lampau untuk beli tiket kereta kudu ke loket atau ke penjual tiket resmi seperti kantor pos.

Selain harus keluar rumah, kereta api di masa itu pun ga nyaman, toiletnya berbau kurang sedap, banyak pedagang asongan yang masuk ke dalam gerbong dan masih banyak keluhan lain. Bahkan saya lihat dengan mata kepala sendiri, ada penumpang yang handphone-nya disamber maling, padahal saat itu kereta sudah hampir berjalan dan si maling langsung loncat saja dari kereta. Kejadian ini saya ingat betul meski sudah 15 tahun berlalu.

Tapi... sekarang kereta api untuk jurusan jarak dekat maupun jarak jauh, semua sudah patut diacungi jempol 👍. Sungguh perbaikan yang sangat menyenangkan dan ciamik bagi penumpang sehingga ga ragu-ragu menggunakan moda transportasi yang satu ini. Semua kereta dan stasiun sudah bersih, tepat waktu dan aman karena hanya yang memiliki karcis lah yang dapat masuk hingga peron.

Makanya nih, karena di liburan sekolah tahun lalu saya dan keluarga ga bisa kemana-mana karena satu dan lain hal, di liburan berikutnya kami merencanakan ke Purwokerto dengan naik kereta bareng-bareng.

Memesan tiket kereta api sekarang mudah dan ga perlu keluar rumah, lewat genggaman pun bisa. Caranya yaitu dengan menggunakan aplikasi PegiPegi.

Cara memesan tiket kereta api online via aplikasi PegiPegi:


1. Unduh aplikasi PegiPegi di playstore bagi pengguna Android atau di AppStore bagi pengguna Iphone.

2. Jangan lupa registrasi dulu ya. Atau kalau mau mudah ya login aja via akun Facebook.

3. Di halaman aplikasi Pegi-Pegi, setelah login, kemudian klik menu Kereta Api.


4. Lalu pilih stasiun asal dan tujuan, jangan lupa setting tanggal sesuai dengan rencana keberangkatan dan pulang dan jumlah orang yang akan naik kereta. Lalu klik CARI TIKET.


5. Berikutnya akan tampil jadwal kereta api sekaligus tarif per tiketnya. Pilih/klik yang sesuai kebutuhan ya. Kalau saya sih yang ekonomi aja deh biar agak ngirit, hihihi.


6. Di halaman berikutnya akan muncul kolom untuk melengkapi data penumpang. Isilah sesuai dengan data para penumpang yang akan naik kereta api. Untuk anak di bawah umur yang belum memiliki KTP, pilih jenis dokumen lainnya dan isi sesuai dengan nama yang tertera di akte kelahiran atau Kartu keluarga. Jika sudah semua, klik LANJUT.

7. Pesanan akan dikonfirmasi oleh aplikasi PegiPegi berdasar dokumen yang diinput, jadi masukkan dengan benar ya. Lalu, di halaman konfirmasi kita bisa memilih tempat duduk, namun tentunya disesuaikan dengan ketersediaan bangku. klik LANJUT untuk tahap selanjutnya.

8.  Cek lagi data-data yang diketik dan jadwal keberangkatan kereta, jika sudah sesuai semua klik Lanjut untuk menuju halaman pembayaran. Nah di aplikasi PegiPegi ada berbagai pilihan pembayaran yang bisa kita gunakan. Mulai dari transfer bank secara manual di teller, tranfer di ATM, virtual akun & internet banking (hanya BCA), kartu kredit, cicilan dan juga bayar di minimarket.

Kalau saya sih, enakan pakai internet banking, kan jadi ga kudu keluar rumah, hehe.

Setelah pembayaran masuk ke sistem PegiPegi dan terverifikasi maka akan keluar barcode booking tiket kereta api yang bisa dicetak di stasiun nantinya.

Nah, mudah banget bukan beli tiket kereta api via aplikasi PegiPegi. Makin ga sabar untuk segera musim liburan dan naik kereta bareng keluarga, pasti bakalan asyik banget dan si kecil riang gembira.

Dan jangan lupa kalau mau naik kereta api, persiapkan waktu sekitar 30-60 menit datang ke stasiun supaya ga ketinggalan kereta 😄.

Selamat pesan tiket kereta api oline di PegiPegi!

Post a Comment for "Mudahnya Pesan Tiket Kereta Api Online via Aplikasi PegiPegi, Begini Tutorialnya"