Cara Menurunkan dan Menghindari Spam Score


Blogger yang sudah terbiasa dapat job dari agency atau klien pasti kebanyakan memerhatikan nilai Domain Authority dan Page Authority pada blog yang ia kelola. Tapi apakah ada yang concern juga pada Spam Score? Sepertinya kok masih jarang ya.

Spam Score adalah algoritma yang dimiliki Moz untuk menentukan apakah sebuah website layak dianggap website spam atau tidak. Dan semakin tinggi nilai pada spam score, bisa jadi sebuah indikasi untuk di-banned oleh Google atau tidak. Meski ini ga mutlak ya. Tapi lebih baik mewaspadai jika spam score pada blog kita terlampau tinggi.

Ada 27 poin yang menjadi pertimbangan MOZ untuk menilai Spam Score:

Sekarang, kalau teman-teman baru sempat ngecek dan melihat spam score di blog keburu tinggi misalnya lebih dari 20%, berikut saya bikin sedikit cara untuk menurunkan spam score ya.

Cara ini hasil ubek-ubek di blog-blog SEO sekaligus dari pengalaman pribadi. Jadi semoga saja ampuh menurunkan spam score yang lumayan tinggi.

Langkah Utama menurunkan dan menghindari spam score:

1. Lengkapi blog dengan halaman kontak.

2. Jangan asal terima job backlink, tanyakan backlink kemana dan dicek dl isi websitenya spam atau ngga.

3. Pasang ssl atau https pada blog.

4. Lengkapi meta deskripsi blog dan postingan.

5. Setel backlink eksternal ke nofollow kecuali ada perjanjian harus dofollow.

6. Sebaliknya untuk internal link di setiap postingan buatlah dofollow.

7. Cek brokenlink https://www.brokenlinkcheck.com/ di blog secara berkala. Jadwalkan untuk hapus brokenlink tersebut. Brokenlink bisa bersumber dari backlink, widget, atau komen.


Kemudian karena penyumbang spam score biasanya kebanyakan dari backlink komentar yang kita buat sendiri atau yang orang lain buat di blog kita, maka lakukan cara ini.

Cara menurunkan Spam Score yang bersumber dari backlink:

1. Cek spamscore blog di Moz di https://analytics.moz.com/pro/link-explorer/spam-score?site=https%3A%2F%2Fmoz.com%2Fhelp%2Flink-explorer%2Flink-building%2Fspam-score&target=subdomain&src=mb

Biasanya Moz sudah mengurutkan dari yang paling besar. Kemudian unduh hasilnya ke dalam csv.

2. Langkah selanjutnya adalah minta ke pemilik blog yang ada di list tersebut untuk menghapus komen-komen kita di sana. Kalau ga bisa menghubungi pemilik blog, ya kudu di disavow. Tapi ini jalan terakhir ya.

Baca: Cara Disavow Link

3. Sebaliknya, kalau ada komen-komen dari blog-blog tersebut di blog kita, hapus juga semua komen dia.

4. Nah kalau urusan komen backlink sudah selesai. Jangan lupa hapus juga komentar spam dari tukang obat, nawarin jasa dukun, besarin ‘terong’ dll. Ini racun buat performa blog loh. Jangan sampai dibiarkan terlalu lama.

5. Hapus komen spam udah, trus lanjut cek postingan-postingan lama di blog yang ada backlinknya. Misalnya postingan lomba atau sponsorship yang sudah habis masa kontraknya. Di-unlink aja backlink yang ada di postingan tersebut (ga perlu menghapus blogpost ya) atau bisa juga disetel nofollow.

Selanjutnya tips tentang blogwalking biar ga menaikkan spamscore

1. Usahakan blogwalking pakai desktop, dan usahakan juga pasang MOZ toolbar. Toolbar ini bakalan menampilkan DA,PA sekaligus spamscore di situs atau blog yang dikunjungi.

2. Kalau menemukan blog yang spamscorenya gede, jangan komen pake format url, tapi pake blogger profile (untuk pengguna blogspot). Jika situsnya pakai WP atau self hosting kita bisa gunakan/arahkan url ke sosmed yang kita miliki bukan ke alamat blog.


Ya gitu aja cara dan tips menurunkan dan menghindari spam score. Semoga bermanfaat ya teman-teman 😃

3 Responses to "Cara Menurunkan dan Menghindari Spam Score"

  1. Terima kasih banyak infonya mbak un..sangat bermanfaat meskipun masih belum begitu mudeng, kayaknya perlu praktek langsung bareng pakarnya nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelan2 aja mba, soalnya memang agak rumit, hehe

      Delete
  2. memang harus hati-hati dalam menanamkan link blog kita di sebuah situs

    ReplyDelete

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Artikel Menarik Lainnya