Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Menurunkan dan Menghindari Spam Score

Cara Menurunkan Spam Score

Blogger yang sudah terbiasa dapat job dari agency atau klien pasti kebanyakan memerhatikan nilai Domain Authority dan Page Authority pada blog yang ia kelola. Tapi apakah ada yang concern juga pada Spam Score? Sepertinya kok masih jarang ya.

Spam Score adalah algoritma yang dimiliki Moz untuk menentukan apakah sebuah website layak dianggap website spam atau tidak. Dan semakin tinggi nilai pada spam score, bisa jadi sebuah indikasi untuk di-banned oleh Google atau tidak. Meski ini ga mutlak ya. Tapi lebih baik mewaspadai jika spam score pada blog kita terlampau tinggi.

Ada 27 poin yang menjadi pertimbangan MOZ untuk menilai Spam Score:
metrik spam score
Sekarang, kalau teman-teman baru sempat ngecek dan melihat spam score di blog keburu tinggi misalnya lebih dari 20%, berikut saya bikin sedikit cara untuk menurunkan spam score ya.

Cara ini hasil ubek-ubek di blog-blog SEO sekaligus dari pengalaman pribadi. Jadi semoga saja ampuh menurunkan spam score yang lumayan tinggi.

Langkah Utama menurunkan dan menghindari spam score:

1. Lengkapi blog dengan halaman kontak. Pasang widget sosial media seperti IG, Twitter, Youtube, Linkedin, Pinterest.

2. Jangan asal terima job backlink, tanyakan backlink kemana dan dicek dl isi websitenya spam atau ngga.

3. Pasang ssl atau https pada blog.
 
4. Perbanyak postingan organik supaya rasio artikel yang ga ada external link-nya tidak lebih kecil (atau setidaknya seimbang dengan sponsored post).

5. Lengkapi meta deskripsi blog dan postingan.

6. Setel backlink eksternal ke nofollow kecuali ada perjanjian harus dofollow.

7. Selalu tempatkan internal link pada setiap postingan dan buatlah dofollow.

8. Cek broken link https://www.brokenlinkcheck.com/ di blog secara berkala. Jadwalkan untuk hapus broken link tersebut. broken link biasanya bersumber dari backlink di dalam post yang sudah ter-publish atau url di dalam profil komen/ komen.

Kemudian karena penyumbang spam score biasanya kebanyakan dari backlink komentar yang kita buat sendiri atau yang orang lain buat di blog kita, maka lakukan cara ini.

Cara menurunkan Spam Score yang bersumber dari backlink:

1. Cek spamscore blog di Moz di https://analytics.moz.com/pro/link-explorer/spam-score?site=https%3A%2F%2Fmoz.com%2Fhelp%2Flink-explorer%2Flink-building%2Fspam-score&target=subdomain&src=mb

Biasanya Moz sudah mengurutkan dari yang paling besar. Kemudian unduh hasilnya ke dalam csv.

Contoh hasil cek spam score pada blog duniaqtoy

2. Langkah selanjutnya adalah minta ke pemilik blog yang ada di list tersebut untuk menghapus komen-komen kita di sana. Kalau ga bisa menghubungi pemilik blog, ya kudu di disavow. Tapi ini jalan terakhir ya.

Baca: Cara Disavow Link

3. Sebaliknya, kalau ada komen-komen dari blog-blog tersebut di blog kita, hapus juga semua komen dia.

4. Nah kalau urusan komen backlink sudah selesai. Jangan lupa hapus juga komentar spam dari tukang obat, nawarin jasa dukun, besarin ‘terong’ dll. Ini racun buat performa blog loh. Jangan sampai dibiarkan terlalu lama. Bahkan saya pernah menemukan blog yang spam scorenya melonjak sangat besar karena empunya blog tidak pernah menghapus komentar-komentar tersisipi link spam tersebut.

5. Hapus komen spam udah, trus lanjut cek postingan-postingan lama di blog yang ada backlinknya. Misalnya postingan lomba atau sponsorship yang sudah habis masa kontraknya. Di-unlink aja backlink yang ada di postingan tersebut (ga perlu menghapus artikelnya ya) atau bisa juga disetel nofollow.

Selanjutnya tips tentang blogwalking biar ga menaikkan spamscore

1. Usahakan blogwalking pakai desktop, dan usahakan juga pasang MOZ toolbar. Toolbar ini bakalan menampilkan DA, PA sekaligus spamscore di situs atau blog yang dikunjungi.

2. Kalau menemukan blog yang spamscorenya gede, jangan komen pake format url ke domain kita, tapi pake blogger profile (untuk pengguna blogspot). Bisa juga url diisi alamat blog tapi yang masih versi blogspot. Atau kalau mau diisi url akun IG atau medsos kita juga gpp, sekalian tebar pesona, hahaha.

Ya gitu aja cara dan tips menurunkan dan menghindari spam score. Semoga bermanfaat ya teman-teman 😃

24 comments for "Cara Menurunkan dan Menghindari Spam Score"

  1. Terima kasih banyak infonya mbak un..sangat bermanfaat meskipun masih belum begitu mudeng, kayaknya perlu praktek langsung bareng pakarnya nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. pelan2 aja mba, soalnya memang agak rumit, hehe

      Delete
  2. memang harus hati-hati dalam menanamkan link blog kita di sebuah situs

    ReplyDelete
  3. Saya paling jarang cek spam score. Ini barusan cek, gak parah. Cuma kepikiran siapa yang nyumbang spam score. Trus karena sering ada job, jadi kebayang, lama-lama bisa banyak juga kalau nggak sering2 dicek ya.

    ReplyDelete
  4. ok jadi paham sih ttg spam score. sebenernya slama ini aku ga terlalu mikirin da pa alagi spam score. baru2 ini aja pas DA temen2 banyak anjlok, aku mulai deh utk cari tau :). dan skr jd pgn rutin utk bersihin links2 penyumbang sam score ini sih

    ReplyDelete
  5. Semoga dengan dilakukan tindakan Disavow link bisa ramping SS ku.
    Udah rutin laporan ttp aja 7

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  7. wah spamku 4%, gimana ya supaya 0%?

    ReplyDelete
  8. Waah! Ini info banget buat aku. Kemarin tuh abis cek brokenlink, malah nemu spam score yang mesti dihandle juga sepertinya :D Makasih infonya.. Mau beresin broken link dulu nih untuk step pertama, hehe..

    ReplyDelete
  9. semalem abis lembur ngebersihin broken link dari 20ribuan lebihhh dan jadi 50an, ada beberapa yang ga ngerti caranya, meskipun sudah ditunjukkin link-nya. masih nyari dibagian mananya.

    ReplyDelete
  10. Terimakasih Gan sedikit gambaran hehe
    Untung SS ane masih: 1%

    ReplyDelete
  11. Mantab, makasih infonya, blog aku baru ganti domain, lagi mempelajari cara2 menjadikan blog sehat

    ReplyDelete
  12. Gan mau nanya. Saya punya beberapa domain, salah satunya kena spam score -65% , akhirnya domain tersebut saya parkir saja
    Apakah dengan melakukan parkir tersebut dapAt menghilangkan spam score?
    Terima kasih jawabannya

    ReplyDelete
  13. Menarik, terimakasih.
    pengin nyoba nurunin spamscore web saya

    ReplyDelete
  14. Spam score aku banyak sekali yaitu 17%, apa mungkin karena selama ini sering BlogWalking memakai kolom url bukan profil blogger ya?

    Nanti saya cek ah, barang kali juga banyak broken link. Makasih banyak atas informasinya mbak. 😃

    ReplyDelete
  15. min, apakah dengan seiringnya menurunkan spam score, nilai PA dan DA web ikut naik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya justru DA ikut turun karena ada backlink yang dihapus, tapi gapapa kan malah jadi bersih

      Delete
  16. punyaku gede bener spam scorenya,, hadeh

    ReplyDelete
  17. Kalau saya dah capek disavow mbak. Ngak turun2. Kadang muncul lagi keinginan blajar gimana sih caranya nurunin. Sampai nyasar ke artikel ini.

    Saya akan coba tips dan sini. Moga aja berhasil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang lama banget kak kalo disavow. jadi santai aja kalo memang sudah disavow spam. Lanjut ngeblog lagi aja

      Delete
  18. Tulisannya bermanfaat banget mbak Untari, langsung aku praktekin. Spam score blogku masih 10% hihi moga bisa berkurang

    ReplyDelete