Ogah Kena Penyakit Jantung? Lakukan 6 Langkah Ini


Tahu ga kalau setiap bulan September, tepatnya di tanggal 29 September diperingati sebagai World Heart Day (WHD) atau Hari Jantung Sedunia?

Kalau ga ngerti gapapa kok. Soalnya saya juga baru ngeh, hehehe. Padahal cuma selisih 2 hari sama tanggal ulang tahunku. Oops, karena uda dikasi tau di sini teman-teman boleh kok kalau mau kirim kado, hihihi.

Omong-omong soal ulang tahun pasti ga jauh dari pembahasan usia kan. Nah tentunya semakin tahun manusia akan bertambah usia.

Saat masih muda saya dulu merasa sangat sehat, lincah dan makan apa aja bisa. Tapi sekarang, bahkan saat usia belum mencapai kepala 4, saya harus membatasi asupan yang masuk ke dalam tubuh supaya ga sering-sering kena penyakit, apalagi penyakit berat seperti Jantung, Diabetes atau Hipertensi. Duh amit-amit ya.

Khusus tentang penyakit jantung, yang bikin saya makin ngeri dengan penyakit ini adalah termasuk sebagai 7 penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia dan dunia. Dilansir dari IDNTimes, 7 penyakit tersebut adalah:
  1. Stroke. 
  2. Penyakit jantung iskemik. 
  3. Diabetes.
  4. Tuberkulosis.
  5. Sirosis hati. 
  6. Penyakit diare.
  7. Penyakit paru obstruktif kronis.

Jaga Kesehatan Jantung dengan 6 Langkah Ini

Kembali ke peringatan hari jantung sedunia, supaya jantung yang kita miliki sehat, maka ada 6 langkah 'sederhana' tapi esensial yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Olahraga teratur
olahraga ringan secara teratur
WHO menyarankan olahraga dilakukan teratur minimal 30 menit perhari, atau 150 menit perminggu. Hmm, ini lumayan lama juga ya apalagi buat yang jarang olahraga. Walaupun maksudnya WHO ga melulu harus olahraga berat, karena kesehatan jantung juga bisa dijaga dengan melakukan olahraga ringan. Misalnya jalan kaki atau naik sepeda bersama si kecil di sore hari. Kan lumayan tuh sekalian gerak badan juga sekalian menemani anak bermain.

2. Ubah pola makan
contoh makanan dengan gizi seimbang: karbohidrat secukupnya, protein, sayur dan buah dalam satu menu
Cara kedua yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung adalah mengubah pola makan. Ga perlu langsung jadi vegan kok. Apalagi buat yang terbiasa makan daging dan seafood ((ngacung tinggi)), kan ga bisa melakukan perubahan pola makan secara drastis tapi harus perlahan dan tahap demi tahap.

Misalnya dengan menambah lebih banyak sayur dan buah pada saat makan siang atau makan malam. Lakukan 21 hari secara terus menerus. Jika berhasil di 21 pertama, tahap kedua bisa ganti jenis makanan terutama yang bikin kadar kolesterol dalam tubuh menari-nari.

3. Kelola stress
sesekali jalan-jalan supaya ga stress
Kerja teroos pasti bikin kita rentan stress. Nah supaya ga makin parah stressnya, setiap bangun tidur lakukan rileksasi sebelum melakukan rutinitas. Trus kalau hari libur di saat akhir pekan belum cukup meredam stress, maka kita juga berhak mengambil opsi cuti setelah beberapa lama bekerja.

4. Jaga berat badan
Kyaaaa...kalau ini menohok yang nulis banget 😂. Dulu sebelum melahirkan bobotku cuma 55 kilogram, dan itu udah mentok banget. Tapi sekarang berat badan naik 20 kilo, jadi sekitar 75 kilogram dengan tinggi badan yang pastinya udah maksimal. Hmm, kalau diitung-itung ya overweight banget.

Tapi tenang pemirsa, sekarang saya menjaga supaya berat badan ini minimal ga bertambah terus kok. Nah kalau rencana jangka panjangnya tentu menurunkan BB ke berat ideal.

Berlaku juga buat teman-teman yang sudah punya berat badan ideal diusahakan jangan sampai melar ya.

5. Berhenti merokok
Peringatan tentang bahaya merokok udah jelas banget ditulis di kemasan rokok tapi tetep aja pada bandel, ya kan ya kan. Bahkan pecandu benda yang bikin saya bengek dengan asapnya ini bukan hanya menyebabkan penyakit jantung saja jika terus dikonsumsi. Rok0k adalah salah satu penyebab utama penyakit paru obstruktif kronik dan berbagai kanker.

6. Pemeriksaan kesehatan
Jangan nunggu sakit ya bray. Mencegah penyakit jantung juga harus dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan yang teratur. Mengecek tekanan darah, gula darah, dan kolesterol merupakan langkah penting pencegahan penyakit jantung.

Tekanan darah tinggi dan kolesterol merupakan dua kondisi tak terlihat yang bisa merusak jantung secara diam-diam. Apalagi kalau teman-teman memiliki faktor risiko seperti berusia paruh baya, kegemukan, atau memiliki riwayat penyakit kardiovaskular.

Jadi Ogah Kan Kena Penyakit Jantung?

Dari 6 langkah menjaga kesehatan jantung di atas, kira-kira bisa ga ngelakuin semua? Hmm, kalau ga bisa semua ya coba dulu satu persatu ya temans.

Saya juga ga bisa kok kalau tiba-tiba harus diet ketat atau olahraga berat. Tapi sekarang saya instal aplikasi penghitung langkah di smartphone. Emang sih kelihatan remeh tapi setidaknya saya mau coba lebih banyak berjalan kaki untuk membakar kalori.


Nah usaha yang saya lakukan itu senada dengan anjurannya Bapak Kafi Kurnia sang founder Sembutopia. FYI, Sembutopia adalah sebuah motivator online yang mengajak masyarakat Indonesia 'sembuh' dari perilaku dan kebiasaan hidup tidak sehat.

Sembutopia juga mengajak kami para blogger untuk berperan aktif menyebarkan semangat mencegah penyakit jantung serta penyakit berat lainnya.

Yuk semangat hidup sehat!

0 Response to "Ogah Kena Penyakit Jantung? Lakukan 6 Langkah Ini"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel