Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Membedakan Penyebab Mobil Mogok


Semua orang pasti merasa kesal bila sedang berkendara menggunakan mobil lalu tiba-tiba mobil berhenti alias mogok. Tapi apa penyebab mogoknya si mobil tidak selalu diketahui dengan cepat, jadi berikut ini cara membedakan penyebab mobil mogok:


1. Aki


Penyebab mogok dari aki dapat diketahui dari ciri-ciri tidak ada kontak sama sekali terutama dari motor starter. Sebelum kita mengganti aki, alangah baiknya memastikan apakah kabel di terminal aki telah terpasang baik atau tidak, karena kabel yang kendor juga bisa jadi penyebab. Sebelum mengencangkan kabel, bersihkan dulu terminal dengan kertas amplas atau sikat gigi tak terpakai hingga bersih.

Jika aki yang digunakan adalah tipe aki basah, maka pastikan level air aki diantara batas maksimal dan minimal. Segera tambah jika air aki di bawah volume dari seharusnya.



2. Arus listrik ke terminal plus koil turun


Pada mobil yang telah berumur lima tahun ke atas penyebab yang sering terjadi adalah tegangan arus listrik ke koil yang merosot drastis. Akibatnya, proses pembakaran tidak terjadi karena pemantik api (ignition) tidak mendapatkan aliran listrik. 

Cara mengecek permasalahan ini cukup mudah yaitu periksa kabel distributor dan tempelkan ke bodi mobil kemudian starter mobil. Bila terdapat percikan api, berarti arus listrik masih ada. Begitu pun sebaliknya.

Tapi jka tidak terdapat arus listrik maka periksalah sambungan kabel, bila sambungan kabel ternyata tidak bermasalah berarti koil atau platina yang rusak atau kotor.
 

3. Alternator aus

Alternator adalah piranti yang mengisi arus listrik ke aki, itulah sebabnya jika alternator rusak maka aki akan kehabisan cadangan listrik dan mengakibatkan mobil mogok.

Beberapa masalah pada sering terjadi pada alternator:

a. Gulungan kawat tembaga putus 
Meski hanya satu gulungan kawat yang putus di antara beberapa gulungan, hal itu akan mengganggu arus listrik.

b. Diode putus
Biasanya terdapat enam diode di alternator. Meski hanya satu diode yang bermasalah, itu sudah cukup membuat mesin mobil sulit sekali dinyalakan.

c. Kabel berkarat
Kabel pengisian listrik dari alternator ke aki sangat rentan berkarat. Maklum, letak alternator yang ada di bagian bawah dari mesin sangat rawan terkena kotoran dan air, akibatnya kabel menjadi getas atau korosi.



4. Karburator bermasalah

Bagi mobil yang masih menggunakan karburator, masalah yang umum terjadi adalah semburan bahan bakar yang terlalu sedikit, akibatnya proses pembakaran tidak sempurna dan mesin sulit dihidupkan.

Penyebabnya bisa jadi karena setelan klep yang terlalu kencang atau terlalu kotor. Cara mendeteksinya sebenarnya mudah yaitu Lepas selang bahan bakar kemudian masukan ujungnya ke botol. Kemudian starter mobil. Bila bahan bakar masih mengalir, berarti bahan bakar masih berfungsi baik, dan sebaliknya.


5. Switcher starter aus 

Pada switcher, umumnya kerusakan terjadi karena logam kontaktor plus minus untuk menyambungkan arus listrik sudah aus sehingga tidak tersambung. Segeralah ganti jika ini masalahnya.

Namun bila mobil mogok di tengah perjalanan yang sepi dan jauh dari keramaian dan penyebabnya karena switcher sarter aus, maka langkah darurat adalah menyambung kabel plus dan minus starter. Caranya gunakan peniti atau kawat kecil yang tajam, kemudian sambung kedua kabel dengan peniti atau kawat kecil tersebut.


Demikian 5 cara membedakan penyebab mobil mogok, semoga artikel ini bermanfaat 😄

Post a Comment for "5 Cara Membedakan Penyebab Mobil Mogok"