Aneka Resep Omelette

Telur dadar atau omelette adalah makanan yang paling mudah dibuat. Selain bahannya murah dan gampang didapat, telur juga punya kandungan gizi yang baik bagi tubuh, yaitu sumber protein hewani yang bisa dibilang termurah dibanding jenis protein hewani lainnya.

Di dunia kuliner ada banyak masakan yang bisa dibuat dari telur, salah satunya yaitu omelette alias telur dadar. Telur dadar adalah hidangan yang terbuat dari telur kocok lalu digoreng dengan mentega atau minyak dalam wajan (tanpa aduk seperti dalam telur orak-arik).

Biasanya omelet akan dibiarkan berbentuk bulat atau dilipat yang dalamnya diisi dengan keju, daun bawang, sayuran, jamur, daging (bisa daging apa saja), atau beberapa kombinasi di atas. Bisa juga sebelum digoreng telur dicampur dan dikocok dengan susu, krim, atau bahkan air.

Bahan

    OMELETTE BASIC

  •     2 butir telur
  •     1 sendok makan mentega tawar
  •     1 jumput keju parut Cheddar, (opsional)

    OPTIONAL: TOMAT & BASIL OMELETTE

  •     2 atau 3 tangkai kemangi segar
  •     1 genggam tomat ceri
  •     minyak zaitun

    OPTIONAL: JAMUR OMELETTE

  •     2 atau 3 sendok makan jamur (biasanya jamur kancing)
  •     minyak zaitun

Untuk omelet dasar, pecahkan telur ke dalam mangkuk dan campur dengan garam dan lada. Kocok dengan garpu.

Panaskan sejumlah kecil mentega dalam wajan kecil dengan api kecil, dan saat mentega meleleh dan menggelegak, tuangkan telur ke wajan dan goyang wajan agar merata.

Ketika omelet mulai matang tetapi masih memiliki bagian telur mentah sedikit di atasnya, taburi dengan keju (jika menggunakan). Bisa juga langsung memarut keju di atas omelet.


Untuk omelet tomat dan kemangi, robek kasar dulu daun kemangi & potong tomat ceri menjadi dua. Kemudian masukkan kedua bahan tersebut ke wajan panas setelah sepucuk kecil mentega meleleh. Beri sedikit minyak dan sedikit garam dan merica. Masukkan telur yang sudah dikocok lepas dan gerakkan wajan untuk menyebarkannya telur secara merata.
 

Untuk omelet jamur, cincang kasar jamur lalu tumis dengan minyak sampai warna berubah keemasan, kemudian kecilkan api. Tambahkan telur kocok dan gerakkan wajan untuk menyebarkannya secara merata. Ketika omelet mulai masa tapi masih memiliki telur mentah sedikit di atas, taburi dengan keju cheddar. Lanjutkan seperti untuk omelet dasar.

Omelette bisa dinikmati kapan saja, enak untuk sarapan, makan siang dan tetap cocok juga untuk makan malam.

0 Response to "Aneka Resep Omelette"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel