Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hati-Hati, Dalam Kondisi Ini Laptop Bisa Picu Pesawat Jatuh


Dalam kondisi tertentu laptop bisa sama bahayanya seperti membawa handphone di penerbangan. Yang dimaksud berbahaya dalam kasus ini adalah baterai laptop.

Hal ini diungkap oleh sebuah riset yang dilakukan pemerintah Amerika Serikat, bahwa baterai laptop yang terlalu panas mampu meledak secara mendadak di ketinggian tertentu, karena tekanan udara dan akhirnya bisa menciptakan kobaran api. Api yang ditimbulkan bisa jadi makin besar jika di dalam pesawat banyak barang-barang yang mudah terbakar seperti parfum, kaleng deodoran dan alat makeup.

Bahkan menurut Federal Aviation Administration, kecelakan yang termasuk kategori fatal karena baterai laptop yang meledak dikatakan mampu mengalahkan sistem pencegah kebakaran pesawat.

Lebih lanjut lagi, penelitian ini menyoroti bahaya lithium, unsur kimia yang terkandung dalam sebagian besar baterai gawai. Air Line Pilot Association (ALPA), serikat pilot terbesar di Amerika Utara, saat ini sedang mempertimbangkan apakah barang-barang seperti itu masih diperbolehkan dibawa ke dalam kabin pesawat atau harus dilarang sepenuhnya.

Sedangkan studi FAA menemukan, gas halon yang digunakan dalam alat pemadam kebakaran pada umumnya tidak cukup kuat untuk memadamkan api yang disebabkan oleh meledaknya baterai lithium. Meski zat itu mampu mencegah kobaran api menjalar ke beberapa barang di pesawat, seperti kardus, namun gas halon tidak bisa menjinakkan api dari kaleng aerosol yang meledak. "Inilah yang kemudian akan membahayakan pesawat," kata Duane Pfund, seorang pejabat di US Pipeline and Hazardous Materials Safety Administration seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (3/8/2018).

Berdasarkan hasil studi FAA, pemerintah AS menekan PBB agar melarang masuknya gawai berukuran lebih besar dari ponsel pintar ke kabin pesawat, yang biasanya dimasukkan ke dalam ransel atau tas. "Akan tetapi upaya itu gagal dibuat dan FAA tidak memberlakukan pembatasan baru mengenai barang yang dapat dibawa penumpang ke kursi mereka," kata Pfund.

Wah, berarti masih ada kemungkinan kita akan dilarang bawa laptop masuk pesawat ya.

Post a Comment for "Hati-Hati, Dalam Kondisi Ini Laptop Bisa Picu Pesawat Jatuh"