Kriteria Makanan yang Meningkatkan Stamina dan Imunitas Tubuh


Super Hero itu cuma ada di film. Sebut saja Avengers, X-Men, Justice League dan entahlah grup jagoan apa lagi. Kenyataannya, di realitas hidup ini kita semua adalah manusia yang rentan penyakit.

Namun ada perbedaan besar antara kasus kesehatan di masa lampau dibandingkan zaman sekarang. Dahulu, penyakit menular dan infeksi adalah momok yang menakutkan bagi masyarakat, terlebih tidak semua orang bisa mendapatkan akses kebersihan yang memadai, vaksin, nutrisi, perawatan kesehatan dan akses air bersih. Makanya ga heran 'hanya' diare dan kolera saja dulu bisa merenggut banyak sekali nyawa.

Nah, dengan semakin majunya ilmu kedokteran dan meningkatnya kesadaran orang akan kebersihan, kita sudah jarang lagi menghadapi penyakit menular macam itu, alhamdulillah ya. Eh tapi belum berarti ancaman benar-benar hilang lho.

Karena seperti yang kita tahu dari berita, di akhir Desember 2019 dunia tiba-tiba diguncang merebaknya sebuah virus yaitu COVID-19. Virus yang masih satu keluarga dengan MERS dan SARS ini membunuh banyak penduduk kota Wuhan dan sampai sekarang masih menyebar dengan aktif ke beberapa negara.

ilustrasi Coronavirus
Dari beberapa negara yang melaporkan kasus virus Corona, Indonesia hingga kini memang belum ada pasien positif Corona. Tapi kita harus tetap waspada ya gaes. Apalagi di musim hujan dan musim pancaroba yang terkadang sedikit labil alias bentar panas bentar hujan, biasanya kita akan lebih mudah jatuh sakit, terutama ketika imunitas tubuh lagi drop. Gimana coba kalau sakitnya pas kerjaan lagi riweuh, pasti mengganggu banget kan.

Maka dari itu supaya ga gampang drop, kita harus perhatian sama tubuh sendiri, jangan cuma perhatian sama doi ((dasar bucin!)) 😅.

Kalau bicara tips meningkatkan imunitas pasti ga akan jauh-jauh dari olahraga, makanan sehat, jangan stress dan jangan merokok. Itu udah paten ya gaes! Tapi makanan dan minuman seperti apa sih yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi supaya stamina kita tetap baik, nah itu pasti belum banyak yang tau. Yuk mari disimak.

Kriteria makanan dan minuman yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.


1. Bersifat Antioksidan
Antioksidan adalah molekul yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi molekul lain. Oksidasi adalah reaksi kimia yang dapat menghasilkan radikal bebas, sehingga memicu reaksi berantai yang dapat merusak sel.

Artinya, mengkonsumsi makanan yang bersifat antioksidan itu bisa mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Nah makanan yang bersifat antioksidan ada banyak, seperti daging tanpa lemak dan ikan, tapi jumlah antioksidannya sedikit. Contoh makanan yang mengandung antioksidan tinggi adalah madu, buah, sayur, kacang-kacangan, kerang, rumput laut, dan teh hijau.

2. Berwarna Alami
Tahukah kamu gaes, warna pada buah dan sayuran menjadi penanda kandungan apa yang terdapat di dalamnya lho. Dari berbagai warna pada buah dan sayuran, untuk buah-buahan dan sayuran yang berwarna merah dipercaya baik bagi kekebalan tubuh karena mengandung karoten dan vitamin A.

Hayo apa saja buah dan sayur yang berwarna merah? Yak betul, contohnya paprika, semangka, bit, tomat, ceri, strawberi dan apel.

3. Mengandung Zat Besi dan Vitamin E
Untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, diperlukan makanan yang mengandung zat besi dan vitamin E yang cukup. Alasannya karena zat besi erat kaitannya dengan ketersediaan jumlah darah yang diperlukan tubuh untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan dan mengangkut electron di dalam proses pembentukan energi di dalam sel. Begitu pula dengan vitamin E yang bermanfaat menjaga sel darah.

Makanan yang memiliki kandungan zat besi yaitu daging merah, ikan laut, sayuran hijau, dan ayam. Sedangkan vitamin E dapat ditemukan pada kacang almond dan alpukat.

4. Mengandung Mineral
Mineral berasal dari bumi dan tidak bisa diproduksi oleh makhluk hidup. Tanaman mendapatkan mineral dari tanah. Sebagian besar mineral dalam makanan manusia berasal dari memakan tumbuhan dan hewan atau dari air minum.

Jadi untuk memenuhi kebutuhan mineral yang paling gampang ya dengan minum air yang cukup. Atau bisa juga dengan makan buah yang mengandung banyak air seperti semangka dan anggur.

5. Mengandung senyawa antiseptik/ antivirus
Selain berbagai vitamin, tubuh juga memerlukan makanan yang mengandung senyawa antiseptik/ antivirus agar stamina dan imunitas kita bertambah. Tak perlu khawatir karena alam Indonesia sudah menyediakan hal ini, yaitu dari aneka rempah-rempah seperti jahe, kunyit, temulawak, dan kencur.

Selain tanaman empon-empon, bawang putih dan bawang bombay juga memiliki kandungan kalium yang dipercaya sangat baik dalam mencegah penyakit dan meningkatkan kekebalan tubuh manusia. Makanya kalau nemu bawang putih dan bawang bombay dalam masakan jangan disingkirkan ya, dimakan aja karena manfaatnya selangit.

Meningkatkan Imunitas dengan Mudah dan Murah

Nah, setelah kita tahu kriteria makanan/ minuman yang mampu meningkatkan imunitas, sekarang yang jadi pertanyaan adalah, apakah bisa dilakukan dengan biaya yang terjangkau alis murah?

Jawabannya BISA DONG!

Makanan yang meningkatkan imunitas tubuh tuh intinya kan gizi seimbang yang memasukkan asupan buah dan sayur dalam piring kita sehari-hari. Jadi ga perlu juga harus selalu beli buah mahal yang ada di hipermarket. Jika buah impor ga terjangkau, ya beli aja buah lokal di pasar/ toko buah terdekat. Begitu juga sumber protein, ga kudu beli salmon yang per kilo bisa ratusan ribu kalau ikan gabus saja gizinya ga kalah hebat dan harganya juga murah.
contoh buah lokal
Jadi gimana, demi stamina dan imunitas tubuh yang baik, jangan lupa ya makan buah dan sayur setiap hari.

0 Response to "Kriteria Makanan yang Meningkatkan Stamina dan Imunitas Tubuh"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel