Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas

tips memilih mobil bekas

Sedang mempertimbangkan membeli mobil bekas? Tapi khawatir apakah bisa terjamin kualitasnya?

Meski riskan, membeli mobil bekas bukan tidak mungkin anda bisa mendapatkan mobil yang masih bagus dan berkualitas, asalkan anda teliti dalam memilih mobil.

Untuk Anda yang memang berniat membeli dan mengincar mobil bekas yang bagus dan berkualitas, Anda bisa menerapkan beberapa trik dan cara berikut ini.

Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas

1. Tempat Pembelian

Membeli di showroom atau tempat khusus yang menjual mobil-mobil bekas memang lebih menyenangkan karena bisa melihat banyak pilihan. Namun harus disadari bahwa di tempat seperti ini akan membuat harga mobil yang ditawarkan jadi lebih mahal. Jadi usahakan terlebih dahulu mencari penjual tangan pertama.

2. Jangan Tergiur Harga Murah

Saat ini banyak iklan di media yang menawarkan mobil bekas dengan harga yang murah. Sebaiknya jangan tergiur dengan harga-harga miring yang ditawarkan. Sebagian besar iklan di koran hasilnya mengecewakan.

3. Tanyakan Histori Kendaraan

Setelah menemukan mobil bekas di showroom pilihan atau dari tangan pertama, cek latar belakang dari kendaraan tersebut. Anda bisa tanyakan ke pihak showroom misalnya alasan dijualnya mobil tersebut oleh pemilik lama, histori kerusakan, bukti servis, dan apakah servis selalu dilakukan di bengkel resmi.

4. Cek kondisi bodi

Perhatikan bagian-bagian bodi mobil yang mungkin sudah diganti. Caranya bisa dengan mengecek di Google kondisi mobil baru tersebut. Lalu bandingkan dengan mobil bekas yang dijual. Cek mulai dari bagian dalam dan luar mobil. Misalnya pintu mobil apakah pernah diganti, pastikan lebar nat antara pintu dan kusen sama lebar di sekeliling pintu. Bila beda, boleh jadi itu pernah tabrakan atau patah.

5. Cek kondisi mesin

Untuk mengecek kondisi mesin dibutuhkan kemampuan teknikal yang mumpuni. Mobil yang bekas banjir biasanya suaranya lebih keras dari mobil normal. Atau sebaiknya Anda perlu mengajak seorang teknikal untuk mengecek. Saat ini bengkel-bengkel mobil juga sudah semakin canggih dan menggunakan sistem komputerisasi.

6. Cek dokumen kendaraan

Saat ini dokumen mobil bekas banyak bodong alias palsu. Sebaiknya Anda jeli terhadap surat-surat kendaraan yang ada. Sebelum melakukan pembayaran, periksa STNK, BPKB, dan surat-surat lainnya. Anda bisa fotokopi dokumen dan mengeceknya di Polda terdekat.

Post a Comment for "Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas"