Jaga Daya Tahan Tubuh di Tengah Pandemi Covid-19 dengan Tips Sederhana Ini!


Sistem imun atau sistem kekebalan adalah sebuah pertahanan pada organisme untuk melindungi tubuh dari pengaruh biologis luar dengan mengenali dan membunuh patogen.

Sistem kekebalan tubuh terdiri dari sekumpulan sel, jaringan, dan organ tubuh yang saling bekerja sama untuk melindungi tubuh dari serangan virus, bakteri, jamur, dan parasit. Jadi mereka ngga bisa kerja secara terpisah tapi perlu kerja sama yang kompak dan sinergi dalam tubuh untuk menghasilkan kekebalan tubuh yang baik.

Bila satu saja bagian kekebalan tubuh terganggu, misalnya organ hati sedang melemah, maka dapat dengan mudah pula keseluruhan imunitas tubuh menjadi berkurang. Sehingga kita harus terus menjaga kekebalan tubuh dalam kondisi yang kuat supaya kita tidak akan mudah jatuh sakit.


Nah di tengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda bumi sekarang ini, memelihara daya tahan tubuh agar tetap prima merupakan hal yang penting dan wajib. Karena penularan Coronavirus sangat cepat kita harus berhati-hati agar tidak tertular atau menjadi carrier yang menularkan Covid-19.

Berikut tips sederhana menjaga daya tahan tubuh dalam masa pandemi Coronavirus:

1. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang, perbanyak buah dan sayur
Bagi saya semua makanan adalah obat tapi sekaligus juga racun. Nah bingung ga? Maksudnya gini, contohnya telur, kan semua orang ngerti telur adalah salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh, tapi itu jika dimakan dengan jumlah yang sesuai serta tidak berlebihan! Bayangkan kalau sehari makan 10 biji telur, wah yang ada malah bisulan dan kolestrol naik drastis.


Untuk jaga kekebalan tubuh jangan cuma makan 1 jenis makanan saja tapi gunakan piring gizi seimbang dengan komposisi 25% karbohidrat, 25% protein, 50% sayuran dan buah. Porsi sayuran dan buah yang diperbanyak akan mensuplai kebutuhan vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh untuk imunitas.

Pilihlah buah dan sayur yang mengandung antioksidan tinggi seperti bayam, brokoli, jeruk, blueberry, kiwi, anggur, mangga. Kenapa harus yang antioksidan karena antioksidan adalah molekul yang mampu memerangi molekul lain (radikal bebas) yang terbilang jahat (memberi dampak negatif terhadap tubuh).

Karbohidrat juga tidak melulu nasi, tapi sesekali boleh diganti singkong, ketela, ubi, kentang atau boleh juga kurma. Kurma memiliki sumber gizi yang cukup lengkap dari karbohidrat, protein, lemak, dan serat. Dan kuma juga punya kandungan antioksidan lho.

2. Cukup tidur
Manusia dapat bertahan hidup tanpa makan beberapa hari namun tidak jika kurang istirahat. Sudah sering kita dengar berita seorang pekerja keras meregang nyawa karena lembur 2 hari tanpa tidur sama sekali.

Istirahat yang cukup dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap berbagai serangan penyakit. Bila cukup tidur dan istirahat, maka tubuh akan lebih banyak memproduksi antibodi atau zat kekebalan tubuh yang dapat mencegah infeksi. Tidur yang cukup memerlukan setidaknya 7-9 jam per hari, agar kekebalan tubuh tetap terjaga.

3. Hindari stress dan tertawalah
Tingkat stres yang tinggi dapat memicu tubuh untuk terus memproduksi hormon kortisol. Kadar hormon stres atau kortisol yang tinggi lama-kelamaan dapat membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.

Untuk menghindari stress selain berpikir positif, saya biasanya melakukan hobi, bercengkerama bersama keluarga atau menonton film/ acara komedi. Selain meredakan stress, kegiatan tersebut juga memicu tawa. Tau ga kalau tertawa membuat produksi hormon endorfin meningkat dan membuat mood menjadi lebih baik. Hormon endorfin sangat penting juga untuk menjaga imunitas tubuh.

4. Olahraga ringan

Ga perlu olahraga berat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Cukup berjalan kaki keliling komplek, bersepeda (sepeda betulan atau sepeda statis), senam atau aerobik di rumah selama 20 menit per hari sudah bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan memacu kinerja sel putih.

5. Cukup minum air putih, hindari rokok dan minuman beralkohol
Perokok berisiko tinggi terjangkit penyakit infeksi, terutama pada saluran pernafasan. Padahal saluran pernafasan memiliki lendir yang berfungsi mengeluarkan kuman dan benda asing yang terhirup.

Sedangkan, kebiasaan mengonsumsi minuman beralkohol dapat memengaruhi fungsi hati yang memiliki peran penting dalam memelihara sistem kekebalan tubuh.

Daripada minuman beralkohol atau rok0k mendingan minum air putih aja yang lebih aman dan sehat. Tapi jangan segalon juga sekali minum 😅.
Mudah kan tips sederhana jaga daya tahan tubuh semasa pandemi Covid-19 ini? Dan juga jangan lupa lakukan 5 hal ini supaya kita terhindar dari infeksi coronavirus:
  • Stay at home alias di rumah saja
  • Gunakan masker bila terpaksa keluar rumah
  • Bawa hand sanitizer/ tisu basah antiseptik bila terpaksa keluar rumah
  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sesering mungkin
  • Tetap jaga jarak dan sebisa mungkin hindari kontak fisik
Demikian tips sederhana cara menjaga daya tahan tubuh di tengah wabah Covid-19. Semoga kita semua tetap sehat ya teman-teman.

#sembutopia
#rajinmakanbuah
#stayhealthy
#staysafe
#ilovesunkist
#inikurmamedjoolyangasli
#thepowerfulblueberry
#dirumahaja

5 Responses to "Jaga Daya Tahan Tubuh di Tengah Pandemi Covid-19 dengan Tips Sederhana Ini!"

  1. Asalkan semua warga masyarakat mengikuti anjuran pemerintah untuk stay at home, insyaAllah wabah ini bisa cepat teratasi. Semoga wabah ini segera berlalu ya, kita bisa kembali beraktivitas dengan bebas seperti dulu

    ReplyDelete
  2. setuju, yang paling penting cukup tidur dan menyantap makanan sehat :D

    ReplyDelete
  3. Kalau semuanya bisa taat aturan insyaallah pandemik ini akan berakhir sih ya mbak. Bandung baru akan PSBB nih, semoga semakin hari kesadaran masyarakat semakin besar untuk membatasi ruang geraknya

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah saya bukan perokok dan msh berada di lingkungan sekitar (teman kerja) yg juga bukan perokok.. Setuju dengan ulasan di tulisan ini.. kita tetap harus terus berupaya menjaga imunitas tubuh.

    ReplyDelete
Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel