Bagaimana Sih Cara Melakukan Shalat Tarawih Sendirian? Yuk, Kita Cari Tahu


Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa suasana bulan Ramadhan di tahun 2020 ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Ya, sebab bulan Ramadhan 2020 harus dijalani ditengah pandemic virus covid-19 alias corona. Guna memutus rantai penyebaran virus tersebut, pemerintah pun mengeluarkan himbauan kepada masyarakatnya untuk tetap berada dirumah.

Mengingat akan hal itu, mau tidak mau kita pun harus melakukan segala aktivitas dari rumah saja. Begitu juga dalam urusan ibadah tarawih, yang harus dilakukan dari rumah masing-masing. 

Sejatinya, ibadah shalat tarawih ini bisa dilakukan dirumah, baik itu secara individu maupun secara berjamaah dengan keluarga. Lalu, bagaimanakah tata cara shalat tarawih sendirian? Nah, daripada kalian penasaran, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Pengertian Shalat Tarawih
Shalat tarawih merupakan ibadah sunnah yang hukumnya adalah sunnah muakkad. Ya, shalat tarawih ini dapat dilakukan sendirian atau dengan cara munfarid dirumah. Adapun mengenai bacaan niat shalat tarawih seperti:

Ushalli sunnatat Tarwhi rak’atayni mustaqbilal qiblati ad’an lillahi ta’ala.

Artinya: “Saya niat shalat sunnah tarawih dua rakaat dengan menghadap kiblat, tunai karena Allah”.

Pada umumnya, shalat tarawih sendiri di rumah cukup dikerjakan dengan 11 rakaat yang terdiri dari 8 rakaat shalat tarawih  dan 3 rakaat shalat witir. Dengan kata lain, ideal shalat tarawih itu dilakukan sebanyak 2 rakaat dengan 1 kali salam seperti shalat sunnah lainnya. Lakukan shalat tarawih 8 rakaat dengan setiap 2 rakaat diakhiri salam seperti biasa.

Berikutnya akan disambung dengan shalat witir yang dilakukan sebanyak 3 rakaat, yang diakhiri 1 kali salam. Mengenai tata cara shalat tarawih itu sendiri sebenarnya tidak berbeda ketika kita mengerjakan shalat fardhu, termasuk gerakan ataupun bacaannya. Namun, yang membedakan antara shalat tarawih dengan shalat fardhu itu hanya terletak pada bacaan niatnya saja.

Jumlah rakaat shalat tarawih yang umum dilakukan itu adalah 8 rakaat yang ditambah dengan 3 rakaat shalat witir. Meski demikian, tak sedikit juga dari masyarakat kita yang melakukan shalat tarawih sebanyak 20 rakaat ditambah dengan 3 rakaat shalat witir. Masing-masingnya dikerjakan setiap 2 rakaat dan diakhiri dengan salam, dimana shalat tarawih sebaiknya ditutup dengan shalat witir yang jumlah rakaatnya ganjil. Niat shalat witir tersebut cukup bervariasi, yang pada umumnya antara 1 rakaat dan 3 rakaat.

Bacaan Niat Shalat Witir

Ushalli sunnatal witri tsalaasa roka’aatin mustaqbilal qiblati adaa’an lillaahi ta’alaa

Artinya: “aku berniat shalat witir tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’alaa”.

Tata Cara Shalat Tarawih Di Rumah Secara Individu
* Melafalkan niat shalat tarawih
* Niat di dalam hati ketika takbiratul ihram
* Mengucapkan takbir ketika takbiratul ihram sambil niat di dalam hati
* Membaca taawuz dan surat Al Fatihah, kemudian membaca salah satu surat pendek dalam Al Quran dengan lantang
* Rukuk
* Itidal
* Sujud pertama
* Duduk di antara dua sujud
* Sujud kedua
* Duduk istirahat atau duduk sejenak sebelum bangkit untuk mengerjakan rakaat kedua
* Bangkit dari duduk, kemudian mengerjakan rakaat kedua dengan gerakan yang sama dengan rakaat pertama
* Salam pada rakaat kedua
* Istighfar dan dianjurkan membaca doa kamilin setelah selesai melakukan shalat tarawih.
  
Demikianlah ulasan singkat speutar tata cara shalat tarawih sendirian, sehingga bisa kita jadikan sebagai penambah wawasan.

0 Response to "Bagaimana Sih Cara Melakukan Shalat Tarawih Sendirian? Yuk, Kita Cari Tahu"

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel