Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ayo Kurangi Sampah Kantong Plastik Dengan Jurus Sederhana Ini!


Coba tengok di tempat sampahmu. Ada sampah plastik ga? Jawabannya pasti ada.

Trus coba melongok sebentar ke tempat sampah tetanggamu *dih ngapain liatin sampah tetangga 😁 cek ada sampah plastiknya ga? Saya yakin pasti ada juga.

Nah dari hasil longok melongok tempat sampah itu, kita bisa menarik kesimpulan: wow ternyata kita selalu nyampah plastik ya.

Well well well....memang, kenyataannya sampah plastik adalah sampah sejuta eh milyaran umat manusia di bumi ini. Termasuk kamu, aku dan Lee Min Ho 😂.


Plastik adalah salah satu bukti kecerdasan manusia. Awal mulanya plastik dimaksudkan sebagai alternatif karet yang mahalnya minta ampun. Lalu ketika kantong plastik pertama dibuat pada tahun 1959 oleh Sten Gustaf Thulin tujuannya adalah untuk membantu lingkungan. Saat itu alasan Thulin menciptakan kantong plastik adalah untuk mengganti kantong kertas.

Ya! Dulu orang-orang Barat membawa belanjaan dengan kantong kertas dan kamu tahu kan kalau kertas terbuat dari kayu yang berasal dari pohon. Saat itu mulai terbatasnya pohon sebagai sumber daya alam membuat kantong plastik dianggap sebagai penyelamat ditebangnya pohon-pohon untuk industri kantong kertas.

Tapi dunia berubah begitu cepat! Kantong plastik yang sebenarnya dibuat untuk digunakan berulang kali, justru dengan mudah digunakan sekali pakai dan dibuang begitu saja. Akibatnya sampah kantong plastik pun menggunung. Kemudian si plastik ini mencemari tanah dan lautan. Mirisnya lagi, ga sekali dua kali kita lihat video hewan laut yang mati karena sampah plastik ini, entah ga sengaja termakan atau melilit badannya. Duh sedih ya 😭!

PERATURAN LARANGAN PENGGUNAAN KANTONG PLASTIK


Menyikapi sampah plastik yang overloaded di Tempat Pembuangan Akhir dan di sekitar kita, untungnya saja kita (termasuk pemerintahan) tidak tinggal diam. Di berbagai kota sekarang ini sudah banyak diterapkan peraturan pelarangan penggunaan barang-barang berbahan plastik.

Termasuk juga di Semarang yang meluncurkan peraturan Pengendalian Sampah Plastik.
Dalam peraturan tersebut, pemerintah Kota Semarang menyasar toko modern, restoran, hotel dan penjual makanan. Peraturan ini meski pada awalnya agak-agak disambut dengan keluhan oleh konsumen (dan juga pemilik usaha sih), tapi setelah berjalan kurang beberapa bulan ini, menurut saya orang-orang mulai terbiasa.

JURUS MENGURANGI SAMPAH KANTONG PLASTIK

wajib bawa tas kain dan botol minum saat bepergian
Kantong plastik menurut saya bukan barang haram. Kita boleh aja pakai kantong plastik ketika butuh untuk membawa sesuatu. TAPI permasalahannya adalah, kita cenderung menggunakan kantong plastik sekali pakai. Misalnya menerima dari penjual lalu sampai rumah langsung dilempar ke tempat sampah. Padahal alangkah baiknya bila kantong plastik digunakan lagi di lain kesempatan.

Tapi lebih baik lagi jika kita menerapkan diet kantong plastik dalam kehidupan sehari-hari. Dan inilah diet penggunaan plastik yang sudah saya terapkan selama ini:

💟 membawa dan menggunakan tas belanja pakai ulang sendiri ketika berbelanja,
💟 membawa botol minum sendiri ketika bepergian untuk menghindari membeli air minum kemasan,
💟 jika terpaksa harus beli air minum dalam plastik kemasan, botol-botol bekasnya ga langsung dibuang tapi dikumpulkan untuk dikirim ke bank sampah untuk didaur ulang,
💟 berlaku juga untuk kantong plastik dan wadah plastik lainnya yang didapat dari pembelian (biasanya dari belanja online), jika masih bersih saya gunakan ulang beberapa kali
💟 menghindari penggunaan sedotan plastik (dan alat makan plastik) sekali pakai dan menggantinya dengan sedotan yang dapat dipakai ulang


HARI TANPA KANTONG PLASTIK SEDUNIA

Tanggal 3 Juli adalah Hari Tanpa Kantong Plastik Sedunia. Harapannya di tanggal 3 Juli tersebut kita bisa menerapkan hidup tanpa penggunaan kantong plastik sama sekali.

Tapi mengingat bahaya plastik yang sekarang sudah sangat mencemari lingkungan seperti menyumbat selokan, mengakibatkan banjir dan juga membutuhkan waktu yang sangat lama untuk sepenuhnya terurai, kenapa kita tidak mencoba hidup tanpa menggunakan kantong plastik sama sekali?

Bila merasa sulit, yuk kita coba dengan diet kantong plastik mulai hari ini dan mulai sekarang!

 #sembutopia #plasticbagfreeday #haritanpakantongplastik #rajinmakanbuah #stayhealthy 

Post a Comment for "Ayo Kurangi Sampah Kantong Plastik Dengan Jurus Sederhana Ini!"