Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aneka Tanaman Indoor yang Bikin Rumah Makin Aestetik


Punya pemandangan hijau-hijau di dalam rumah itu asik banget! Karena selain membuat mata jadi lebih segar, suasana rumah juga menjadi lebih semarak.

Manusia juga sebenarnya tertarik dengan hal yang menyegarkan, termasuk juga tanaman. Maka dengan sedikit sentuhan tanaman indoor, kita bisa membuat rumah yang tadinya biasa aja menjadi lebih ceria dan makin aestetik.

1. Kaktus


Photo by designecologist from Pexels

Kaktus dapat hidup lama tanpa air, itulah mengapa kaktus sangat cocok dijadikan tanaman hias dalam ruangan. Selain itu kaktus memiliki bentuk yang unik dan menarik karena ada berbagai macam jenis kaktus seperti kaktus centong, kaktus kursi mertua, kaktus haworthia, kaktus koboi dan masih banyak lagi lainnya.

Yang perlu diperhatikan bila memutuskan memelihara kaktus adalah tempat peletakannya yang tetap membutuhkan cahaya dan bila ada anak-anak sebaiknya jangan diletakkan di tempat yang bisa mereka jangkau.

2. Sirih Gading


Tanaman berikutnya yang dapat membuat kondisi rumah makin asri adalah sirih gading. Bentuk daun sirih gading persis seperti sirih obat namun tidak memiliki khasiat herbal. Warna daun pada sirih gading umumnya berwarna hijau dengan campuran warna kuning seperti marmer.

Sirih gading adalah tanaman yang tidak rewel, mudah ditanam dan dirawat. Meletakkan sirih gading di dalam rumah dapat membantu memurnikan udara karena tanaman ini menyerap gas karbon monoksida dan formaldehid pada udara.

Sirih gading dapat ditanam pada pot biasa atau pot gantung.

3.  Sansevieria 


Sansevieria atau terkenal dengan nama lidah mertua merupakan tanaman berbentuk seperti ular dan berujung runcing. Tanaman ini dikatakan memiliki kemampuan menyerap formaldehida terbaik dibanding tanaman hias lainnya dan juga menyerap gelombang radiasi dari barang-barang elektronik di sekitarnya.

Ada beberapa jenis lidah mertua seperti Sansevieria cylindrica, Sansevieria pinguicula, Sansevieria hahnii, Sansevieria stuckyi dan Sansevieria kirkii. Merawat sansevieria tidak merepotkan karena mampu bertahan di kondisi minim air dan minim cahaya. 

4. Monstera

monstera

Photo by Huy Phan from Pexels

Monstera adalah spesies tanaman tropis merambat asli dari Amerika Tengah. Nama lainnya adalah Swiss Cheese Plant karena daunnya berlubang-lubang secara alami. Monstera bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 20 hingga 130 meter. 

Ada dua spesies monstera yang dibudidayakan menjadi tanaman hias yaitu monstera deliciosa dan monstera adansonii. Monstera adansonii memiliki daun yang lebih panjang dan lentik serta memiliki lubang daun yang tertutup sepenuhnya. Sedangkan monstera deliciosa memiliki lubang daun yang tumbuh ke arah tepi dan terbuka saat matang.

Untuk perawatan, monstera sebenarnya tidak begitu sulit. Hanya perlu disiran seminggu sekali dan tidak boleh diletakkan di bawah sinar matahari langsung. Penggunaan air terlalu banyak justru dapat membuat akar monstera menjadi cepat busuk.

5. Sri Rejeki


Photo by Tiia Pakk from Pexels

Aglaonema, sri rezeki, atau chinese evergreen bisa menjadi pilihan diletakkan di ruang tamu. Tanaman ini pernah sangat populer karena daunnya yang bercorak dan tahan banting meski di dalam ruang. Namun karena getahnya sedikit beracun, jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Dalam hal perawatan, seperti halnya tanaman hias lain, sri rezeki pun tidak memerlukan perhatian lebih. Namun ada baiknya sesekali diletakkan di luar ruangan untuk mendapat sinar matahari.

10 comments for "Aneka Tanaman Indoor yang Bikin Rumah Makin Aestetik"

  1. Yang paling pingin aku coba tanam di rumah itu sirih gading mbak
    Dari dulu, karena dulu waktu kecil anakku suka mimisan
    Tapi aku ini orangnya nggak telaten banget
    Maunya nanam ini itu tapi suka lupa merhatiin
    Sekarang jadi penikmat aja, melihat punya tetangga hehehe

    ReplyDelete
  2. Monstera lagi happening banget ya Mba
    Kalo aku suka kaktus, karena gampil banget ngerawatnya :D
    Apalagi yg ukuran mini.
    Imuuttt

    ReplyDelete
  3. Wah ada janda bolong (monstera), kalo saya lebih suka zodia, sekalian pengusir nyamuk
    Walau tetap aja, nyamuk mah datang 😀😀😀

    ReplyDelete
  4. Di depan rumah ada kaktus sama lidah mertua. Kalau di dalam rumah malah gak ada. Gak biasa sama tanaman hias sih. Semua di taman aja di depan

    ReplyDelete
  5. aku cuma punya lidah mertua, karena terhitung gampang banget meliharanya. jg utk persiapan krn hampir tiap tahun km kena asap karhutla

    ReplyDelete
  6. Sekarang lagi hipe lagi nih tanaman tanaman ini apalagi Monstera hehehe aku juga jadi seneng ngumpulin sekalian buat bisnis

    ReplyDelete
  7. Aku punya sirih gading juga mbak. Tak taruk di gelas dan diganti air setiap 3 hari. Buat hiasan atas meja ♥️

    ReplyDelete
  8. Beberapa tanaman baru saya ketahui nih namanya. Paling sering lihat kayaknya lidah mertua itu di rumah-rumah tetangga. Penasaran nih sama monstera karena sekarang lagi happening banget

    ReplyDelete
  9. Baru tahu aku kalau aglonema getahnya beracun.. makasih infonya mbak..aku punya tapi aku taruh luar yang daunnya merah hijau

    ReplyDelete
  10. Tanaman sirig gading dan monstera tampak sederhana ya, namun pas dipajang jadi indah dipandang mata

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih kunjungan dan komentarnya,
Mohon maaf yang memasukkan link hidup dihapus otomatis ya.
Salam Blogging!