Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

MiSSION Syariah dari Manulife Untuk Para Milenial

MiSSION Syariah Manulife

Milenial memang sering jadi topik bahasan. Generasi yang menurut para ahli digolongkan lahir mulai tahun 1980 hingga 2000 awal ini memiliki perilaku khusus yang jadi incaran banyak tren. Mulai dari tren fesyen, teknologi, kuliner hingga ke kecenderungan pilihan pariwisata, dan tentunya masih banyak lagi tren yang lainnya.

Tapi, apakah kita pernah penasaran? Sebenarnya kenapa sih banyak pasar mengikuti apa maunya para milenial itu? Penyebabnya ya ga lain dan ga bukan karena jumlahnya yang besar dan sifat mereka yang umumnya sangat konsumtif di antara generasi lainnya, misalnya dibandingkan gen Baby Boomer atau gen X.

Saking konsumtifnya, kebiasaan para milenial dalam membelanjakan uangnya bisa dibilang cukup mengkhawatirkan. Bahkan sekitar 33,75%  berpotensi menjadi generasi Sandwich jika tidak segera mempersiapkan dana pensiun secara matang.

Fyi, buat yang masih awam dengan istilah generasi Sandwich, jadi maksudnya adalah kondisi pada seseorang yang memiliki tanggung jawab finansial untuk menghidupi keluarga sendiri (termasuk anak dan pasangan) namun juga memiliki beban finansial untuk menghidupi keluarga besar seperti orang tua, kakak atau adiknya.

 

Cara Mempersiapkan Dana Pensiun

Dari sedikit menyenggol mengenai generasi Sandwich pada bahasan sebelumnya, sebenarnya entah di generasi apapun pasti tidak ada yang mau mengalami kesulitan di masa tuanya kan, setuju kan teman?

Apalagi kita semua tahu bahwa hidup cuma sekali dan kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Jadi berdasarkan fakta tersebut, buat kita yang masih dalam usia produktif seharusnya sudah mulai memikirkan cara mempersiapkan dana pensiun.

Nah, untuk mempersiapkan dana pensiun ada 3 cara yang dapat diterapkan, yaitu:

1. Menabung

Menabung intinya adalah kegiatan menyimpan uang/ dana. di suatu tempat. Soal jumlahnya pada umumnya terserah pada si penyimpan dana. Pada zaman dahulu menabung banyak dilakukan di celengan. Pada masa modern seperti sekarang, menabung tentunya sudah banyak dilakukan di bank.

Menabung sebetulnya tidak sulit tapi kebanyakan orang menabung ketika mereka ada sisa uang. Padahal menabung yang baik adalah mengalokasikan dana di awal bukannya di akhir. Dan menurut pakar keuangan, menabung akan lebih maksimal bila dimasukkan ke rekening terpisah.

2. Investasi

Cara lain untuk mempersiapkan tabungan dana pensiun adalah dengan melakukan investasi. Investasi biasanya juga dapat menghasilkan income return yang lebih besar. Namun melakukan investasi hendaknya dilakukan dengan berhati-hati apalagi sering kita dengar banyak investasi bodong yang justru merugikan.

3. MiSSION Syariah dari Manulife

Cara selanjutnya ini bisa diterapkan bagi teman-teman yang ingin memiliki dana pensiun sekaligus memiliki perlindungan lengkap, yaitu dengan memiliki polis MiSSION Syariah dari Manulife. Asuransi baru dari Manulife ini hadir untuk menjawab kebutuhan jumlah penduduk yang tidak memiliki persiapan hari tua secara matang dan melihat bahwa mayoritas masyarakat Indonesia adalah muslim, maka produk asuransi syariah sangatlah diperlukan.


Mempersiapkan Dana Pensiun dengan MiSSION Syariah dari Manulife

Dalam virtual gathering yang saya ikuti beberapa waktu lalu. MiSSION Syariah pada penamaan produk Manulife ini bukan hanya sekedar kata.

Definisi MiSSION adalah MiSmart Insurance Solution yaitu produk asuransi yang memiliki perlindungan lengkap untuk memenuhi keutuhan finansial dan kenyamanan hidup dalam berbagai tahapan.

Produk dari Manulife ini ditawarkan untuk berbagai kalangan, terutama generasi milenial. Namun tentunya siapa saja dapat memiliki polis MiSSION Syariah.

Perbedaan Asuransi MiSSION Syariah dengan Asuransi Konvensional

Asuransi syariah memiliki sedikit perbedaan dengan asuransi konvensional yang telah lebih dulu dikenal masyarakat. Dijelaskan oleh Karjadi Pranoto selaku Director & Chief EB & Unit Syariah Distribution Manulife, dalam asuransi syariah terdapat risk sharing dengan akad hibah yang saling membantu sesama peserta asuransi syariah.

Kenapa pilih asuransi syariah?

Perbedaan selanjutnya adalah, asuransi syariah wajib memiliki karakteristik:

  • sesuai prinsip syariah (pengelolaan dana tidak boleh ditempatkan pada instrumen-instrumen yang haram atau gharar)
  • prinsip tolong menolong antar sesama
  • transparan
  • adil
  • diawasi oleh OJK dan Dewan Pengawas Syariah
 

6 Keunggulan MiSSION Syariah

Sebagai produk asuransi, MiSSION Syariah memberikan Solusi 3 in 1 (Proteksi Jiwa, Investasi, dan Kesehatan) untuk melengkapi kenyamanan dan ketenangan hidup yang aman, amanah dan penuh berkah dengan 6 (enam) keunggulan.

Keunggulan MiSSION Syariah Manulife

1. Tolong menolong dengan Dana Tabbaru'

Pengertian Dana Tabarru' adalah kumpulan dana yang berasal dari kontribusi para peserta, yang mekanisme penggunaannya sesuai dengan Akad Tabarru’ (akad hibah) yang disepakati.

Sebagai pemegang polis MiSSION Syariah, perserta otomatis memiliki manfaat Dana Tabarru yaitu mendapat kesempatan tolong menolong terhadap sesama dengan Dana Tabbaru'.

2. Santunan asuransi maksimal & alokasi investasi optimal berbasis syariah
Yaitu perlindungan jiwa seumur hidup bagi peserta hingga usia 110 tahun, serta 100% alokasi investasi sejak polis tahun ke-2.

3. Kontribusi terjangkau
Tersedia pilihan kontribusi/ pembayaran premi terjangkau yang sesuai kebutuhan, mulai dari Rp 4.000.000/USD 400 per tahun ( atau sekitar 333 ribu per bulan).

4. Bonus loyalitas total sebesar 750%
Produk ini juga dilengkapi dengan manfaat loyalitas yang akan dibayarkan sesuai dengan ketentuan polis, yaitu sebesar 50% di Akhir Tahun Polis ke-10 dan 700% di Akhir Tahun Polis ke-25. (syarat dan ketentuan berlaku).
 
5. Dilengkapi dengan asuransi kesehatan sebagai asuransi tambahan
Sesuai Solusi 3 in1 yakni perlindungan jiwa, investasi dan solusi perlindungan kesehatan. Untuk perlindungan tambahan asuransi kesehatan (MiSHC) memberikan penggantian biaya medical sesuai tagihan, pilihan manfaat yang lengkap untuk setiap kalangan masyarakat, serta manfaat tahunan tambahan untuk 4 penyakit khusus yani kanker, serangan jantung, gagal ginjal, dan transplantasi organ.

Terdapat pula manfaat tambahan lain berupa perlindungan manfaat penyakit kritis (MiSCC) dan Manfaat Pembebasan Premi Dasar (MiSWP) Sementara itu, di tengah wabah COVID-19 yang terjadi secara global, Manulife telah memberikan perlindungan tambahan berupa perlindungan kesehatan langsung tanpa masa tunggu apabila terdiagnosa COVID-19 maupun manfaat tutup usia hingga total keseluruhan pertanggungan mencapai Rp10 miliar. (ketentuan ini untuk periode hingga 30 Mei).

6. Surplus Underwriting
Yaitu surplus yang akan diberikan kepada para pemegang polis MiSSION Syariah, dihitung dari total kontribusi peserta ke dalam Dana Tabbaru' setelah dikurangi pembayaran santunan/ klaim, kontribusi reasuransi dan cadangan teknis dalam satu periode tertentu.

Dana tabarru' menjadi dana tolong menolong antar peserta asuransi syariah yang terkena musibah yang pembayaran klaim dialokasikan langsung dari pos dana tabarru' yang dipisahkan dari dana lainnya. Dana tabarru' dapat diambil dengan cara pengajuan klaim, tanpa pegajuan klaim, maka dana tabarru' tidak dapat diambil.
 

Cara Mendapatkan MiSSION Syariah

Manulife Indonesia yang didirikan pada tahun 1985 adalah grup penyedia layanan keuangan dari Kanada yang sudah sangat terpercaya di Indonesia. Dengan pengalamannya melayani konsumen di berbagi negara, maka produk MiSSION Syariah dari Manulife kali ini pun pastinya dapat dipercaya sebagai produk asuransi syariah yang layak dimiliki.
 
Bagi teman-teman yang ingin tahu lebih lanjut dan tertarik memiliki MiSSION Syariah dapat klik https://www.manulife.co.id/id atau dapat menghubungi Customer Contact Center (021) 2555 7777, Hotline (Bebas Pulsa) 0800-1-606060 atau via email CustomerServiceID@manulife.com

5 comments for "MiSSION Syariah dari Manulife Untuk Para Milenial"

  1. Aku ga mau jadi generasi sandwich, dan sangat tertarik dengan MiSSION Syariah dari Manulife ini, aku mau ikutan ah biar bisa mempersiapkan dana pensiun dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu kita semua ga mau jadi generasi sandwich ya kak. Harus dipersiapkan dengan baik

      Delete
  2. Wah, Mission Syariah dari Manulife cocok banget ama kita² generasi milenial ya. Dana tabarru', saling menolong gitu ya prinsipnya. Noted. Nice info kak, tks yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, dana tabarru dipersiapkan untuk saling tolong menolong

      Delete
  3. Bener banget Mbak, perlu mengalokasikan dana untuk hari tua ya? dan Mission Syariah dari Manulife ini pas banget untuk perencanaan masa tua.

    ReplyDelete

Berlangganan via Email