Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Pecel Keong Mbak Toen

Mungkin banyak orang sudah pernah mencoba makan pecel. Makanan yang berbahan aneka sayuran disiram dengan saus kacang ini memang enaak (kecuali bagi mereka yang punya penyakit asam urat, hehehe). 

Setiap daerah sebenarnya punya banyak versi pecel, namun settingan default pecel biasanya berisi kangkung, bayam, kacang panjang, tauge dan tentunya tak lupa sambal atau saus kacang di atasnya.

Namun bila kamu datang ke Warung Makan Mba Toen yang cukup terkenal di Salatiga, kamu akan mengenal jenis pecel yang sedikit berbeda.

Adalah Pecel Keong yang secara harfiah lauk keong di sini bukan hanya pemanis tapi benar-benar pecel yang diberi topping keong cukup banyak. Keong yang dimaksud tentunya keong sawah ya, bukan keong mas dari cerita rakyat yang bisa masak buat orang serumah, hehehe.

pecel keong Mba Toen

Bagi saya, memesan seporsi nasi pecel keong Mba Toen sudah sangat amat mengenyangkan. Gimana engga? Lha sudah pesen pakai nasi, eh ternyata ada komposisi karbohidrat lain yaitu mie kuning. Jadi kalau ada yang bilang pecel adalah panganan yang cocok untuk diet, khusus pecel ala Mba Toen ini salah banget deh. Ke-barbar-an pecel ini bahkan masih berlanjut, yaitu pada bumbu kacangnya yang pating gronjal karena butiran kacangnya tidak diuleg halus.

Meski begitu melihat penampilan pecel keong Mba Toen sangatlah cantik dari segi perpaduan warna. Pokoknya dapet banget gitu, ada warna merah dari sambal kacang, warna kuning dari mie, hijau dari aneka sayuran dan pastinya warna berunsur gelap agak mengkilat dari oseng keong yang rasanya kenyil-kenyil gurih. Pokoknya kalau sedang ingin makan makanan bergizi lengkap dan tidak diet, saya rekomendasikan mampir ke Warung Mba Toen yang bisa ditemukan di Banyubiru, Salatiga.

pecel keong Mba Toen
Bagi yang tidak suka keong, jangan khawatir karena di sini ada menu lainnya seperti nasi pecel belut, nasi lalap dengan lauk mujair, lele atau ayam goreng.

Dan setelah kenyang menyantap nasi pecel ataupun nasi lalap, ada aneka keripik yang bisa dijadikan buah tangan. Sebut saja keripik belut, keripik bayam, keripik cethul, keripik wader, keripik udang. Bahkan keripik pare juga ada lho. Wah gimana ya rasanya?

pecel keong Mba Toen Salatiga

Berwisata kuliner memang sangat menyenangkan. Apalagi kuliner Indonesia sangatlah beragam. Di satu daerah saja seperti Semarang dan sekitarnya masih ada banyak destinasi kuliner yang bisa dijelajahi selain Pecel Keong Mba Toen.

Saya punya tips tentang kulineran yaitu sebelum datang ke lokasi ada baiknya mencari tahu dulu rute dan review-review yang tersebar di internet. Yah setidaknya untuk meminimalisir kekecewaan atau nyasar bila lokasinya tidak familiar bagi kita.

Dan penjelajahan kuliner secara virtual makin seru bila dilakukan dengan paket GOKIL MAX dari Smartfren.

Gokil Max hadir dengan kuota besar hingga 36 GB yang bisa digunakan internetan sepuasnya, siang atau di tengah malam. Ga cuma bisa buat browsing-browsing hunting tempat makan atau tujuan wisata baru, Gokil Max juga cocok banget untuk streaming drama korea, belajar di tengah malam, bekerja jarak jauh, membuat konten video di media sosial, sampai berlatih game esports untuk mencapai level yang dicita-citakan.

Pokoknya Gokil Max Smartfren soulmate pengguna kuota data besar deh.

Smartfren Gokil Max

Ga cuma kuota besar, disebut Gokil Max karena memang harganya gokil abis. Mari diintip beberapa pilihan paketnya, yaitu

  • GOKIL MAX Rp30.000 dengan total kuota 39 GB (Kuota Nasional 3 GB, Kuota Lokal 6 GB, Extra Kuota (01.00-05.00) 30 GB, dan masa berlaku 30 hari).
  • GOKIL MAX Rp50.000 dengan total kuota 71 GB (Kuota Nasional 7 GB, Kuota Lokal 14 GB, Extra Kuota 50 GB (01.00-05.00) dan masa berlaku 30 hari).
  • GOKIL MAX Rp70.000 dengan total kuota 106 GB (Kuota Nasional 12 GB, Kuota Lokal 24 GB, Extra Kuota 70 GB (01.00-05.00), dan masa berlaku 30 hari).

Dengan mengaktifkan Gokil Max kamu akan mendapat kuota yang terbagi menjadi kuota nasional dan lokal. Berbeda dari yang lain, Kuota Lokal Smartfren area cakupannya sangat luas, meliputi banyak kota, kabupaten, bahkan provinsi.

Seluruh area yang tercakup dalam Kuota Lokal ini telah dilakukan 100% optimasi network, serta peningkatan kapasitas hingga 20%. Dan didukung jaringan yang 100% 4G selama 24 jam penuh, di kota asal kartu perdana Smartfren GOKIL MAX.

Jika melakukan perjalanan keluar kota asal, barulah kuota nasional yang akan meng-cover kebutuhan paket data perangkat.

Paket GOKIL MAX dapat diperoleh dalam bentuk voucher data, kartu perdana, maupun paket data yang tersedia di aplikasi MySmartfren. Dan jangan lupa ikuti Smartfren WOW Treasure Hunt dengan peluang memenangkan banyak hadiah!

GOKIL MAX Lengkap, Murah, 100% 4G.

2 comments for "Pecel Keong Mbak Toen"

  1. wow..enak tenan ini pecelnya. Saya penggemar keong. Kapan ya bisa berkesempatan nyoba kuliner ini?

    ReplyDelete
  2. Waaaaaah mbaaa, lgs ngiler aku liatnya. Di Salatiga yaa. Padahal aku selalu lewatin Salatiga kalo ke solo. Tapi ga pernah berenti. Next mudik aku hrs mampir dulu kayaknya. Ini pecelnya beda siih, pake keong. Dari penampakan aja udh kliatan enaaaak ! :D

    ReplyDelete