Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ruangbelajar by Ruangguru Aplikasi Belajar Online Terbaik

 

Ruangbelajar by Ruangguru Aplikasi Belajar Online Terbaik

Tahun ajaran baru sudah dimulai. Namun seperti tahun kemarin, sebagian besar sekolah masih menerapkan pembelajaran jarak jauh alias sekolah online.

Penerapan sekolah online memang memicu beberapa kontroversi, selain ada yang berkendala perangkat dan jaringan, bagi beberapa orang tua mereka menganggap pembelajaran online yang diselenggarakan sekolah kurang memenuhi target pembelajaran. Akibatnya para murid banyak yang sebenarnya kurang memahami materi yang disampaikan guru dari sekolah, namun enggan bertanya dan justru malah lebih banyak menghabiskan waktu bermain game online di hape.

Ga salah kan kalau banyak orang tua yang jadi khawatir dan ingin memberi pelajaran tambahan tapi tentunya ingin yang biayanya bisa dijangkau, hmmm kira-kira gimana ya caranya?

Berkenalan Dengan Ruangbelajar dari Ruangguru 

ruangbelajar ruangguru

Menjawab kebutuhan pembelajaran jarak jauh, sebenarnya ada banyak aplikasi belajar online, tapi yang manakah Aplikasi Belajar Online Terbaik?

Dari bertanya pada teman-teman yang memiliki anak usia sekolah, saya kemudian mendapatkan jawaban yaitu Ruangguru.

Aplikasi belajar online Ruangguru memang yang terbaik dan terbesar di Indonesia. Dengan pengguna sebanyak lebih dari 22 juta, dan 300 ribu lebih tenaga pengajar, bisa menjadi solusi belajar online terlengkap untuk siswa SD, SMP, SMA dan SMK.

Dengan menggunakan aplikasi belajar online Ruangguru, sebanyak 96% pengguna bimbel mengalami peningkatan nilai dalam waktu 3 bulan. Dan ada sebanyak 69% pelajar SMA pengguna bimbel Ruangguru sukses diterima di perguruan tinggi negeri impiannya.

Mengapa Memilih RuangBelajar by Ruangguru?

Karena memiliki anak yang masi mengenyam pendidikan di tingkat SD kelas 3 saya memutuskan mengikuti jejak teman-teman yang terbantu dengan Ruangguru. Ketika anak saya masih di kelas 1 dan kelas 2 sih saya merasa bisa ngajarin sendiri walau sebenarnya ada masa-masa saya merasa stress, apalagi saat ulangan atau ujian datang. Duh pusing pala berbie!

Namun saat si kecil naik kelas 3 dan menerima buku paket dari sekolah saya merasa sepertinya sudah tidak sanggup untuk mengajari sendiri setelah mencoba mengintip isi materi pembelajaran yang mulai sulit.

Selain karena saran dari teman-teman yang sudah menggunakan Ruangguru, rupanya ada beberapa keuntungan memilih Ruangbelajar dari Ruangguru.


Beberapa keuntungan memilih Ruangbelajar dari Ruangguru:

  • Layanan Belajar Online Mandiri Terlengkap

Orang tua yang memiliki anak SD terbantu dengan video animasi Dafa Lulu di ruangbelajar for SD. Selain itu bagi orang tua yang ingin anaknya bisa belajar mandiri namun tetap ada pembimbing untuk mengupas materi pelajaran. Tersedia pula puluhan ribu video belajar yang dikemas dengan animasi yang menarik.

  • Terdapat Ratusan Ribu Soal dan Pembahasan

Untuk mengasah kemampuan siswa, ada beragam fitur latihan seperti bank soal, Latihan Bab, Cek Kemampuan, dan Kuis untuk memastikan pengguna sudah memahami materi yang dipelajari.

  • Bisa Diakses Secara Offline

Jika sulit akses internet, tidak perlu bingung. Semua materi belajar di Ruangguru bisa di-download dan diakses secara offline tanpa koneksi internet.

  • Belajar Bisa Lebih Menyenangkan

Belajar di Ruangguru dilengkapi fitur gamification untuk membuat siswa lebih semangat dalam belajar. Semakin rajin, semakin banyak hadiah yang bisa dikumpulkan. Pastinya anak-anak nggak gampang bosan saat belajar.

  • Orang Tua Bisa Memantau Perkembangan Anak

Bagi orang tua yang harus bekerja atau yang tidak memiliki waktu luang banyak, tetap bisa memantau perkembangan anak-anaknya dari belajar di Ruangbelajar. Ruangbelajar menyiapkan fitur Rapoor Anak untuk memudahkan pemantauan perkembangan anak-anaknya. Cukup ketik Rapor Anak ke WhatsApp di 081578200000, orang tua akan mendapatkan laporan belajar anak secara komprehensif.

Aneka Fitur di RuangBelajar yang membuat anak semangat belajar

Selain poin keuntungan yang menjadi alasan memilih RuangBelajar, terdapat pula aneka fitur yang makin memantapkan orang tua mendukung anak semangat belajar dengan RuangGuru.

- Ruangguru PET Mission

ruangguru pet mission

adalah fitur misi hewan peliharaan. Caranya dengan daftar misi harian yang disediakan di halaman evolusi hewan peliharaan. Jika pengguna menyelesaikan 4 misi dalam seminggu, mereka akan diberikan 1 batu evolusi hewan peliharaan. Anak dapat memilih satu dari 3 karakter yang ada yaitu Modo, Candra, atau Harry sebagai Teman Belajar. Karakter animasi ini akan tumbuh bersama-sama dengan Teman Belajar untuk semakin hebat dan berprestasi dengan cara lebih sering belajar di aplikasi Ruangguru.

- Ruangguru adventure

adalah fitur video belajar beranimasi dan latihan soal yang akan menghasilkan poin berupa XP dan gold. Poin XP akan membantu naik ke level selanjutnya sedangkan poin gold dapat digunakan untuk membeli item-item menarik yang bisa memodifikasi avatar seperti gaya rambut, pakaian, dan lainnya. Besaran poin-poin tersebut disesuaikan dengan tingkat kesulitan latihan soal yang dikerjakan.

- Jadwal belajar

- Asah otak 

- Bank soal

- Laporan belajar

- Adapto

adalah fitur video yang membuat pembelajaran jauh lebih interaktif dengan jawaban yang mengarahkan siswa sesuai dengan kemampuan belajarnya. Dengan demikian, siswa benar-benar dapat memilih materi belajar sendiri.

- Rencana Belajar (Playlist Belajar)

adalah fitur yang memudahkan pengguna ketika menonton video pembelajaran (atau melakukan materi pembelajaran lainnya), ketika terganggu dan harus berhenti belajar di Aplikasi Ruangguru, mereka tidak harus memulai materi dari awal/ melanjutkan dari saat terhenti.

- Subtitle Video

adalah fitur transkrip yang membantu pembelajaran seperti merekam video pembelajaran lebih banyak kata demi kata agar dapat melihat konten secara mendetail. Fitur ini memastikan pengguna memahami dan tidak melewatkan poin penting.

- Fitur Pencarian

Fungsi pencarian sebagai fitur untuk pengguna yang sudah tahu apa yang harus dipelajari di aplikasi, tetapi membutuhkan cara tercepat untuk menemukan materi pembelajaran.

Tes Minat Bakat

adalah fitur yang bertujuan untuk membantu memperkirakan karier yang sesuai dengan diri. Tes minat bakat ini merupakan tes psikologi dalam bentuk tes RIASEC. 

ruangguru vs bimbel jadul

Nah kan sebanyak itu fitur dan keunggulan Ruangbelajar dari Ruangguru makin memantapkan saya untuk berlangganan Ruangguru supaya tidak lagi kebingungan dan tertekan di masa sekolah daring ini. Saat si anak menemukan materi pelajaran yang sulit pun bisa juga ditanyakan pada Master Teacher terbaik. Mamak freelance pun lega dan tenang mengerjakan pekerjaan rumah atau saat dikejar deadline dari klien 🙆.

Post a Comment for "Ruangbelajar by Ruangguru Aplikasi Belajar Online Terbaik"