Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ingin Membuat Rekening Koran? Kenali Cara Mengajukannya

Ingin Membuat Rekening Koran Kenali Cara Mengajukannya

Sebagai pengusaha, Anda perlu mengenal rekening koran serta cara untuk mengajukannya. Rekening koran adalah istilah yang digunakan dalam kegiatan perbankan. Istilah rekening orang berasal dari bahasa Belanda yaitu courant.

Artinya sendiri adalah daftar transaksi keuangan dalam sebuah rekening dibuat dengan ringkas. Seseorang atau badan usaha dapat memiliki rekening koran dan mengajukannya pada bank. Bagaimana cara mengajukannya dan syarat apa yang harus dipenuhi, simak penjelasannya.


Syarat dan Cara Mengajukan Rekening Koran

Fungsi dari rekening koran sangat penting khususnya Anda yang memiliki badan usaha. Rekening koran akan menjadi informasi terperinci soal keuangan perusahaan begitu juga bukti sebuah badan usaha.

Ketika ingin melakukan pengecekan transaksi bisnis, maka rekening koran pun dibutuhkan. Namun setiap pemilik rekening harus mengajukan kepada pihak bank untuk mencetak bukti transaksi secara keseluruhan ini.

Bagi Anda yang ingin mengajukan rekening koran wajib memenuhi syaratnya berikut ini.

1. Buku Tabungan yang Asli

Syarat penting pertama adalah pemilik rekening atau nasabah harus membawa buku tabungan asli ke bank. Buku tabungan ini harus diserahkan kepada customer service beserta syarat yang lainnya.

2. KTP Pemilik Rekening

Anda yang mengajukan rekening koran juga harus membawa Kartu Tanda Penduduk atau eKTP. Pastikan KTP tersebut yang digunakan untuk membuat rekening yang ingin dicetak rekening korannya.

3. Kartu Debit

Syarat lainnya yang harus dipenuhi adalah kartu debit. Syarat ini biasanya hanya akan ditujukan saja kepada pihak customer service. Kartu debit ini juga menjadi bukti bahwa Anda adalah pemilik rekening yang sebenarnya.

4. Uang untuk Mencetak

Pihak bank memberikan biaya administrasi untuk mencetak rekening koran. Perhitungan biayanya disesuaikan dengan berapa lembar rekening koran yang dicetak. Ada yang menerapkan biaya RP. 2.500 bahkan ada juga yang Rp. 10.000 per lembarnya.

Semua syarat ini mutlak atau wajib, jika tidak maka pencetakan tidak akan dilakukan.


Cara Mengajukan Rekening Koran

Proses pengajuan rekening koran sendiri ada beberapa macam tergantung dengan di mana Anda ingin mengajukannya. Perkembangan teknologi juga mempermudah nasabah untuk melakukan pencetakan di mana saja.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk mengajukan dan mencetak rekening koran.

1. Mengajukan dan Mencetak Rekening Koran Langsung di Bank

Cara pertama dan yang biasanya dipilih karena Anda membutuhkan legalisir dari pejabat bank. Misalnya saja Anda ingin mengajukan pembuatan visa maka penting untuk mendapatkan tanda tangan dan cap dari bank.

Prosesnya dimulai dari costumer service, Anda bisa menyerahkan semua syarat di atas. Datanglah pagi hari dan bukan mendekati weekend supaya mudah mendapatkan legalisir. Cukup tunggu prosesnya selesai dan hasil cetak akan langsung diberikan.

2. Mencetak melalui Internet Banking

Perusahaan perbankan di Indonesia juga mempermudah semua nasabahnya melalui layanan internet banking. Layanan gratis yang bebas biaya admin ini ternyata bisa digunakan untuk mencetak rekening korang yang Anda butuhkan.

Bahkan Anda bisa memilih transaksi mana saja yang ingin dicetak. Caranya tinggal login ke akun rekening Anda melalui website resmi dari bank langsung. Kemudian cari menu rekening koran, pilih tanggal transaksi dan cetak.

Hanya saja pada cara ini Anda tidak akan mendapatkan legalisir dari pihak bank secara langsung. Jika Anda membutuhkan legalisir tetap harus datang ke bank di mana rekening tersebut dibuka.

3. Mencetak melalui Mobile Banking

Tidak sempat ke bank untuk mencetak rekening koran? Anda bisa terlebih dahulu memanfaatkan layanan mobile banking yang sama fungsinya seperti internet banking. Melalui layanan ini Anda bisa mengecek secara digital daftar transaksi yang pernah dilakukan.

Cukup instal aplikasi yang disediakan oleh perbankan kemudian Anda pilih rekening koran. Cek daftar transaksi mana yang ingin dicetak kemudian segera print. Anda akan langsung memperoleh rekening koran.

Sama halnya dengan internet banking, jika Anda ingin mendapatkan legalisir dari hasil cetak rekening koran sendiri harus datang ke bank. untuk memperoleh legalisir dari bank ini Anda juga harus mempersiapkan biaya.

Pada umumnya proses pengajuan dan cetak rekening koran sangat mudah. Hanya saja legalisir yang membutuhkan waktu lama, mengingat membutuhkan tanda tangan dari pejabat perbankan yang berwenang. 

Post a Comment for "Ingin Membuat Rekening Koran? Kenali Cara Mengajukannya"