Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Games Solitaire untuk Asah Otak

Rekomendasi Games Solitaire untuk Asah Otak

Bermain game, entah itu di smartphone, di komputer atau di konsol video game seperti PlayStation, Nintendo, Sega, Xbox, dan lainnya, memang menyenangkan dan mengasyikan. Namun, di balik itu semua, bermain game dapat memberikan dampak negatif dan dampak positif.

Dampak negatif bermain game pasti sudah banyak teman-teman ketahui, misalnya bisa kecanduan. Main game terlalu lama menyebabkan otak berkonsentrasi penuh pada game dan bisa membuat kita mengabaikan kegiatan penting atau kebutuhan tubuh seperti makan, minum, ibadah, mandi, tidur, istirahat, olahraga, bersosialisasi, dan lain sebagainya. Terkadang orang baru sadar setelah main game terasa pusing.

Nah, supaya dampak negatif dari main game bisa diperkecil maka saya ingin berbagi tips sehat bermain games online.

  •  Batasi Waktu Main Game
Lupa waktu saat bermain game online memang sering terjadi apalagi kalau sudah terlanjur asyik, maka untuk orang dewasa harus menetapkan waktu misalnya maksimal satu atau dua jam saja dalam sehari. Kalau memang perlu pasang jam weker atau alarm untuk mengetahui batasan waktu ya gapapa lakukan saja. Sedangkan untuk anak-anak, orang tua harus mengingatkan atau dapat juga memasang aplikasi pengunci smartphone.

  • Hindari Game Sulit yang Memancing Emosi
Jika teman-teman tipe orang yang suka dengan tantangan namun tidak suka kekalahan maka hindari game sulit yang memancing emosi. Bagi sebagian orang, game yang susah akan membuat mereka semakin gemas dan terus mencoba.

Sementara itu bagi sebagian lainnya justru akan membuat kesal hati, emosi hingga marah-marah ngga jelas. Jika kemarahan tidak terkendali bisa jadi gadget yang digunakan untuk nge-game akan dibanting atau dirusak. Wah bakal bahaya kalau sampai merusak.

  • Pilih Game yang Mengasah Otak
Selain sebagai hiburan, game juga dapat digunakan sebagai saran asah otak. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir maka pilihlah game yang berjenis puzzle, game kasus, game ingatan atau game strategi sederhana. Game sejenis ini biasanya ringan namun tetap menghibur serta membantu daya pikir.


Dengan menerapkan tiga tips di atas, setidaknya bisa membuat teman-teman tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di layar hape atau komputer sekedar untuk bermain games. Dan jika sedang mencari game yang dapat digunakan untuk asah otak maka teman-teman bisa memainkan Permainan Kartu Solitaire di Solitaire.org yang asyik dan tidak membuat stress.

Permainan kartu Solitaire pada awalnya hanya dapat ditemukan di sistem operasi Windows yang sudah ada sejak Windows 3.0 yang rilis pada tahun 1990. Permainan kartu Solitaire dikembangkan pada tahun 1989 oleh seorang magang Wes Cherry, yang terkenal tidak menerima royalti atas karyanya.

Awalnya Microsoft memasukkan Solitaire dengan tujuan untuk membuat orang yang awam dengan komputer dan mouse agar mudah beradaptasi menggerakan dan menggunakan kursor. Namun setelah itu Solitaire selalu ada pada tiap versi Windows.

Games kartu Solitaire kemudian berkembang menjadi beberapa macam jenis permainan, yang di antaranya bisa teman-teman mainkan di Solitaire.org yaitu:


Klondike - juga dikenal sebagai solitaire klasik atau hanya sebagai solitaire. Memainkan Klodike sebenarnya tidak terlalu sulit karena hanya menumpuk kartu namun tetap memerlukan strategi.

klondike solitaire

2. Freecell

Freecell - permainan ini dimainkan dengan satu pak berisi 52 kartu remi. Setelah mengocok dek secara menyeluruh, deretan delapan kartu dibagikan menghadap ke atas kemudian permainan bisa dimulai.

Ada 4 tempat kosong untuk menumpuk kartu dan 4 tempat kosong di sisi yang lain untuk memudahkan mengatur kartu.
free cells games

3. Spider atau Spider Solitaire

Spider - permainan solitaire yang ini memiliki tingkat kesulitan yang bervariasi dari yang cukup mudah hingga yang sangat sulit tergantung pada pilihan teman-teman.
spider solitaire


Piramida Solitaire - yaitu permainan kartu yang mengharuskan pemain membuat jumlah pasangan kartu menjadi bernilai 13. Untuk kartu King dapat langsung dihilangkan karena dengan kartu King bernilai 13.
pyramid solitaire


Tripeaks - Permainan Tripeaks terlihat seperti candi tiga stupa yang menampilkan tiga puncak. Delapan belas kartu dibagikan tertutup pada tiga piramida tersebut. Sedangkan bagian paling bawah berupa kartu terbuka.

Setiap piramida memiliki enam kartu masing-masing dengan deretan sepuluh kartu di bawahnya yang menghubungkan tiga piramida di dasarnya. Dan untuk memenangkan permainan ini harus menghabiskan kartu yang ada.
tripeaks solitaire

6. Golf Solitaire

Golf Solitaire - Permainan ini memiliki tujuh baris kartu. Tiga puluh lima kartu diletakkan dalam lima kolom, menghadap ke atas. Kartu yang tersisa ditempatkan dalam tumpukan, atau dek. Kartu teratas dari dek ditempatkan menghadap ke atas di tumpukan baru, yang disebut Talon.

Tujuan permainan ini adalah memasukkan semua kartu ke dalam tumpukan Talon. Pemain dapat memindahkan kartu ke Talon jika salah satu nomor di atas atau di bawah kartu yang muncul di tumpukan Talon. Pemain tidak dapat memindahkan kartu jika tertutup oleh kartu lain.

Jika pemain tidak dapat memindahkan kartu, maka dapat membuka kartu lain dari dek dan meletakkannya di tumpukan Talon. Permainan dimenangkan ketika semua kartu dipindahkan ke tumpukan Talon. Jika pemain terjebak dan tidak bisa bergerak lagi, artinya permainan berakhir.
golf solitaire


Yak itulah dia berbagai permainan kartu Solitaire yang dapat teman-teman mainkan jika mencari permainan yang menyenangkan dan tidak membuat frustasi. Semoga tulisan ini bermanfaat.

4 comments for "Rekomendasi Games Solitaire untuk Asah Otak"

  1. Kyaaa aku belum mahir main ini mba. Mau juga ah coba coba main

    ReplyDelete
  2. terima kasih artikelnya mba. sangat membantu

    ReplyDelete
  3. aku setuju tuh. hindari main game sulit, karena yang ada makah tambah pusyingg.. hehe..
    btw, aku pun senang main solitaire sejak dulu

    ReplyDelete
  4. Yg aku tahu cuma Klondike doang nih 🤣🤣. Ntr mau pelajarin Solitaire jenis lain nya deh mba.

    Ini termasuk games yg aku sukaaaa Ampe skr. Kayaknya gemees aja kalo ga bisa menang 😂. Seneng sih Krn skr bisa dimainin dari hp gini, dan tanpa download, ga pake iklan pula.

    ReplyDelete